Tips Membeli Properti Sesuai Kebutuhan - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Properti Sesuai Kebutuhan

Navigasi Info - Tips Membeli Properti Sesuai Kebutuhan

Membeli sebuah properti menjadi salah satu tujuan banyak orang untuk keperluan yang mereka jalani. Salah satu properti yang paling penting untuk kebutuhan seseorang adalah memiliki sebuah rumah yang akan digunakan sebagai tempat tinggal. Bilamana memiliki tempat tinggal, hal tersebut akan membuat anda lebih nyaman dan efisien untuk kebutuhan anda sehari-harinya.

Tips Membeli Properti Sesuai Kebutuhan
Tips Membeli Properti Sesuai Kebutuhan

Biasanya seseorang membeli properti ketika sudah melangsungkan pernikahan, dimana mereka lebih memilih untuk membeli properti sebagai tempat tinggal tanpa harus bergantung pada orang tua selalu. Supaya anda mendapatkan yang terbaik, dalam membeli properti juga harus diperhatikan. Bilamana asal dalam memilih, hal itu akan berakibat buruk pada diri anda sendiri nantinya.

Berikut ini adalah beberapa tips membeli properti sesuai dengan kebutuhan!

Memilih Lokasi


Tips yang pertama bisa anda lakukan adalah memilih lokasi terlebih dahulu mengenai properti yang akan dibeli. Lokasi yang dipilih harus menyesuaikan dengan kebutuhan diri anda beserta keluarga. Bilamana lokasi tepat, hal itu tidak akan membuat anda mempermasalahkan hal apapun nantinya.

Seperti halnya lokasi yang dipilih tidak berjauhan dengan tempat pekerjaan yang anda jalankan, hal ini akan membuat anda lebih efektif karena jaraknya juga cukup terjangkau. Selain itu, anda juga harus memperhatikan beberapa faktor lainnya seperti tempat pendidikan, atau tempat lainnya yang lokasinya tepat dengan anda. Apabila lokasi tepat, hal itu tidak akan membuat anda nyaman pastinya.

Menyiapkan Biaya


Setelah memilih lokasi yang tepat, anda harus mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli properti. Setiap properti memiliki nilai harga yang berbeda-beda, hal itu tergantung beberapa hal baik itu ukuran, kapasitas, fasilitas, dan lain sebagainya. Anda harus memenuhi kebutuhannya secara efektif.

Siapapun yang ingin membeli properti pastinya akan melihat biaya yang harus dikeluarkan. Untuk pembelian properti, biaya yang harus dikeluarkan tentu tidaklah sedikit, cukup mengeluarkan banyak biaya yang harus anda keluarkan. 
Adapun beberapa biaya yang harus anda keluarkan seperti berikut:

Uang Tanda Jadi


Para pengembang yang akan menentukan besar nominal uang tanda jadi. Jika anda membeli dari pengembang seperti dari pasar sekunder, hal ini akan dapat menentukan seberapa uang tanda jadi tersebut. Uang tanda jadi tersebut merupakan uang booking terhadap rumah yang akan dibeli.

Uang Muka


Uang muka merupakan uang awalan yang harus anda lunasi sebagai pembelian properti yang sudah dipilih. Sedangkan untuk properti yang dijual di pasaran sekunder, biasanya dari pihak bank telah menentukan besaran uang muka yang harus anda bayarkan. Kurang lebih 20% hingga 50% biaya uang muka yang harus anda bayarkan.

Angsuran


Untuk besar angsuran ideal yang paling penting adalah tidak melebihi sepertiga dari penghasilan anda atau anda dengan pasangan. 

Verivikasi Pengembang


Mengetahui informasi detail pengembang juga sangatlah penting untuk anda ketahui. Meskipun namanya sering terdengar di kalangan banyak orang, anda harus tetap mencari informasinya secara detail. Hal ini dilakukan supaya meminimalisir terjadinya resiko penipuan yang bisa saja terjadi.

Verivikasi dari pengembang sangatlah penting untuk anda ketahui dalam melakukan pembelian rumah. Pilihlah pengembang yang telah berkecimpung di dunia properti sekitar 5 tahun. Hal ini menjadikan anda lebih percaya karena sudah didorong oleh pengembang yang berpengalaman dan professional. Anda juga dapat mengetahui informasi ini dengan mencari testimony di internet melalui kerabat anda.

Fasilitas


Cek kondisi fasilitas secara lengkap, setiap orang yang ingin membeli properti pastinya harus mengecek kondisi fasilitasnya terlebih dahulu. Disini anda harus mengetahui informasinya secara detail mengenai fasilitas yang sangat lengkap. anda juga harus mengeceknya secara langsung apakah fasilitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

Terdapat beberapa macam fasilitas yang harus anda perhatikan seperti tempat ibadah, tempat berolahraga, tempat bermain, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas ekstern seperti minimarket, sekolah, rumah sakit, tempat rekreasi, dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas yang lengkap sesuai dengan kebutuhan anda juga akan membuat anda lebih nyaman.

Mendapatkan Persetujuan KPR


Dalam melakukan pembelian properti, persetujuan KPR sangatlah penting. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk memudahkan dan meringankan anda dalam membeli rumah setelah mendapatkan persetujuannya. Disini anda akan melihat besarnya minat dan keseriusan anda untuk membeli rumah tersebut. 

Bukan itu saja, KPR juga akan memberikan anda penawaran yang lebih besar. Disini anda dapat mencegah terjadinya gagal transaksi karena alasan finansial yang terjadi. Sangat penting untuk mendapatkan persetujuan KPR dalam menjalankan jual beli properti.

Memeriksa Harga Pasar


Tips yang selanjutnya harus anda terapkan adalah memeriksa harga pasar mengenai properti yang anda butuhkan. Hal ini bertujuan agar harga yang anda tawarkan tidak akan membuat anda kecewa saat membelinya. Banyak yang melakukan penurunan harga ataupun kenaikan harga yang tidak sesuai dengan harga pasaran.

Disini anda harus berhati-hati akan hal itu.
Jangan langsung tergiur dan berpikir untuk langsung membeli properti yang sedang anda cari. Disini anda melakukan peninjauan terlebih dahulu mengenai harga pasaran properti yang dijual saat anda ingin membelinya. Untuk pengecekannya bisa anda lakukan secara online atau secara langsung untuk mengetahui harga pasaran dari properti yang akan dibelinya. Setelah melakukan riset harga pasar, anda bisa memberikan keputusan tersendiri untuk membelinya atau tidak.

Cari Tenor Yang Sesuai


Ada banyak sekali tenor yang ditawarkan oleh bank, mulai dari 5 hingga 30 tahunan. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi orang-orang yang pastinya memiliki keuangan yang berbeda-beda. Supaya dapat menjangkaunya, menawarkan tenor menjadi pilihan tenor sesuai dengan keinginan para pelanggannya.

Sebaiknya anda jangan memaksakan diri untuk mengambil tenor dalam jangka waktu yang pendek karena mengejar bunga yang lebih murah. Pilihlah sesuai dengan kemampuan anda agar bisa melunasinya dengan secara efektif. Beban anda juga tidak akan terganggu dalam melakukan pembayaran properti yang dibelinya.

Memeriksa Surat Pembelian 


Hal yan paling penting harus anda perhatikan dalam membeli properti adalah memeriksa surat pembeliannya. Sebagai konsumen anda harus mengetahui sertifikat tanah pengembangnya. Anda dapat mempertanyakannya kepada notaris untuk mencatat akte tanah tersebut.

Untuk pengecekannya bsa dilakukan dengan memberikan pemahaman kedapa konsumen mengenai bagaimana status tanah yang akan dikembangkan. Akan lebih baik apabila status tersebut tidak hanya untuk satu kavling, melainkan untuk semua kavling yang ada di perumahan tersebut. Dengan adanya surat pembelian yang resmi akan memberikan jaminan yang pasti terhadap properti yang anda beli. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips membeli properti sesuai kebutuhan. Ikuti beberapa tips di atas dalam melakukan pembelian properti supaya anda dapat melakukannya secara efektif. Dengan begitu, tidak akan menjadi masalah saat anda menjalankannya.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.