Tips Membeli Tanah Sesuai Dengan Kebutuhan - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Tanah Sesuai Dengan Kebutuhan

Navigasi Info - Tips Membeli Tanah Sesuai Dengan Kebutuhan

Hampir setiap orang pastinya tertarik untuk membeli tanah, hal ini dikarenakan tanah cukup penting untuk kehidupan anda di masa depan. Dengan adanya tanah, anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam hal seperti membangun rumah, membangun tempat untuk berbisnis, dan berbagai hal lainnya. Sangat penting bagi anda untuk memilikinya.

Tips Membeli Tanah Sesuai Dengan Kebutuhan
Tips Membeli Tanah Sesuai Dengan Kebutuhan

Untuk itu, anda harus membeli tanah sesuai dengan kebutuhan. Dalam melakukan pembelian juga harus memperhatikan beberapa hal penting supaya tidak terjadi penipuan dalam membeli tanah yang dibutuhkan. Tanah juga merupakan salah satu aset yang akan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Bila anda memiliki tanah yang luas, maka kedepannya akan sangat bermanfaat karena nilainya semakin mahal.

Seseorang yang ingin membeli tanah biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan, seperti halnya ingin membangun sebuah tempat tinggal. Karena sudah berkeluarga, mereka ingin membeli tanah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Begitu juga dengan kebutuhan lainnya yang harus anda persiapkan untuk hal itu. Tanah menjadi salah satu aset penting yang harus anda siapkan.

Dalam melakukan pembelian tanah, terdapat beberapa hal penting yang harus anda persiapkan. Berikut ini adalah beberapa tips membeli tanah sesuai dengan kebutuhan yang harus anda ketahui!

Perhatikan Kondisi Tanah dan Lokasi


Tips membeli tanah yang harus anda perhatikan adalah mengecek terlebih dahulu kondisi tanah dan juga lokasi yang akan dibeli. Banyak hal dalam proses pengecekan yang harus anda ketahui dengan baik. Disini anda harus memperhatikan tanah dan lokasi apakah sesuai dengan yang anda harapkan atau tidak.

Seperti halnya dalam pengecekan kondisi tanah, apakah tanah yang dibeli datar atau tidak. Luas ukuran dari tanah yang akan dibeli juga harus anda perhatikan, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri dalam memilih ukuran tanah yang akan dibeli. Dengan begitu, anda tidak akan kecewa ketika sudah membelinya.

Bukan itu saja, lokasi juga sangatlah penting untuk anda perhatikan dalam membeli tanah. Lokasi yang strategis biasanya menjadi pilihan banyak orang yang ingin membeli tanah. Seperti halnya lokasi berada di pinggir jalan atau tidak, apakah aksesnya dapat dilaluia atau tidak, dan masih banyak hal lainnya yang harus benar-benar anda perhatikan untuk hal tersebut. 

Seperti halnya anda memiliki sebuah kendaraan motor dan juga mobil, maka tanah yang dipilih lokasinya harus berdekatan dengan jalan. Dengan begitu, anda bisa mengakses mobil anda untuk masuk ke rumah anda bila sudah dibangun nantinya. Sangat penting bagi anda untuk memperhatikan kondisi tanah terlebih dahulu.

Biaya


Hal yang paling penting dalam menentukan faktor pembelian tanah adalah biaya yang harus dikeluarkan. Biaya seringkali menjadi pertimbangan banyak orang dalam melakukan jual beli tanah. Apabila biaya tidak cocok, maka penjual akan kehilangan pelanggannya. Begitu juga sebaliknya, bilamana pembeli tertarik untuk membelinya, maka keduanya saling mendapatkan untung karena tanah yang dibeli sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam membeli tanah juga bukan dilihat dari perkara harga per meternya saja. Namun disini anda juga harus memperhatikan biaya lainnya juga seperti administarasi, perpajakan, dan masih banyak hal lainnya. Dengan begitu, anda akan mengetahui secara efektif segala hal tentang pembelian tanah dengan melihat segi harga yang ditawarkan.

Dengan menerapkan biaya yang tepat dan efisien akan membuat pengurusan legalitas dapat berlangsung dengan cepat. Selama ada uang yang sudah siap digunakan, maka proses akan dapat berjalan dengan cepat nantinya. 

Anda juga harus membayar biaya administrasi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Dimana PPAT tersebut harus benar-benar turun ke lapangan agar bisa mengecek kondisi tanah tersebut supaya tidak menimbulkan permasalahan kedepannya. Banyak hal yang terjadi akibat permasalahan dalam menjalankan jual beli tanah akibat tidak diterapkan dengan benar.

Tidak Likuid


Tips membeli yang selanjutnya harus anda perhatikan adalah tidak likuid. Seperti yang anda ketahui sendiri, tanah merupakan jenis investasi yang bersifat likuid, dalam istilah lain tidak dapat diuangkan dengan cepat. Membutuhkan proses sedikit lama dalam menguangkan tanah yang akan dijual belikan.

Tanah bukan dijadikan dana darurat atau keuangan pokok saja. Melainkan tanah dapat dijadikan sebagai investasi yang berasal dari dana tak terpakai atau tabungan dari masa depan. Apabila tabungan terbatas, maka anda bisa membeli tanah yang belum memiliki proses pembangunan. Itu artinya tanah yang dibeli sebaiknya tanah yang masih kosong dan belum dibangun apapun.

Dengan membeli tanah yang kosong harganya tentu akan lebih murah dibandingkan dengan tanah yang sudah memiliki bangunan. Apalagi tanah akan mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun dan pastinya akan memberikan dampak yang baik bila anda membelinya dalam harga yang murah.

Tanah Bebas Sengketa


Tips membeli tanah yang selanjutnya adalah memastikan bahwa tanah yang akan dibeli bebas sengketa. Dimana tanah tersebut bebas terhadap segala masalah yang mana ketika anda sudah membelinya tidak ada permasalahan yang bakal terjadi. Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan.

Dalam membeli tanah, hindari status tanah yang berstatus sengketa warisan, jaminan bank, dokumen yang tidak lengkap dan lain sebagainya. Bila anda membelinya, hal itu akan berdampak pada diri anda sendiri. Bilamana kepemilikannya tidak jelas, hal itu akan menyusahkan dan merugikan anda sendiri nantinya. 

Untuk memastikannya, anda bisa melihat dari riwayat tanah yang akan dibelinya. Disini anda bisa mempertanyakan kepada pejabat setempat mengenai tanah yang akan anda beli. Jika tanah masih belum bersertifikat sama sekali, janganlah mencoba untuk membelinya, Meskipun berhasil, hal itu bukan berarti sertifikat tanah tersebut bisa dibatallkan di PTUN jika ternyata pihak dari penjual tanah tersebut bukan yang berhak menjualnya.

Bebas Penggusuran


Pastinya anda tidak ingin membeli tanah yang berpotensi akan dilakukan penggusuran. Biasanya tanah seperti ini berada di lokasi yang sangat penting untuk proses pembangunan yang diluncurkan pemerintah. Jadi, anda harus memastikan bahwasanya tanah yang dibeli bukan merupakan milik Negara atau pemerintah.

Apabila tanah yang anda beli milik pemerintah, suatu saat jika membutuhkannya akan dilakukan penggusuran pada lahan yang anda tempati. Hal itu tentu akan sangat beresiko bagi anda bila tidak memperhatikannya dengan baik.

Sesuai dengan ketentuan UU no 12 2012 tentang engadaan Tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum pasal 5. Disini pihak yang berwajib untuk melepaskan tanahnya saat pelaksanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Bilamana sudah ada ganti rugi berdasarkan keputusan pengadilan, hal ini akan menjadi ketentuan yang sudah ditetapkan.

Hal ini berarti pengadaan tanah untuk kepetningan umum seperti jalan raya, pembangkit listrik, bandara dan lain sebagainya tidak akan bisa ditolak oleh masyarakat. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk memperhatikannya saat membeli tanah. Bilamana dilakukan penggusuran, belum tentu uang ganti rugi yang anda terima akan dapat digunakan untuk membeli tanah lainnya.