Untung Rugi Investasi Properti Tanah yang harus kalian ketahui - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung Rugi Investasi Properti Tanah yang harus kalian ketahui

Navigasi Info - Untung Rugi Investasi Properti Tanah

Investasi properti tanah merupakan salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan bila dijalankan. Seperti yang anda ketahui sendiri, tanah akan terus mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun. Tentu hal ini menjadikan nilai harga tanah semakin mahal, bilamana dijadikan sebuah peluang bisnis akan menjadi kesempatan yang sangat besar untuk anda jalankan.

Untung Rugi Investasi Properti Tanah
Untung Rugi Investasi Properti Tanah

Dalam menjalankan investasi properti tanah, anda juga harus memperhatkan beberapa hal penting supaya tidak terjadi penipuan saat sudah menjalankannya. Investasi yang satu ini terpapar dalam bentuk nyata, dimana anda akan mengetahui lokasi tanah, surat tanah, dan lain sebagainya. 

Bagi anda yang ingin berinvestasi properti tanah, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui sebagai berikut!

Kelebihan


Bagi anda yang ingin berinvestasi tanah, ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan sebagai berikut!

Kenaikan Capital Gain Yang tinggi


Bagi siapa saja pastinya sudah tahu bahwasanya tanah memiliki kenaikan capital gain yang tinggi. Dimana persentase kenaikannya bisa mencapai 25%, hal itu tergantung dari lokasi tanah tersebut berada. Bilamana lokasinya strategis, tentu nilai harganya semakin mahal. Begitu juga sebaliknya, bila berada di lokasi yang kurang strategis, nilainya akan mengalami sedikit kenaikan.

Kelebihan yang satu ini menjadikan banyak orang tertarik untuk berinvestasi properti tanah. Ketika dijalankan saat ini, kemungkinan besar kenaikan caital gain untuk beberapa tahun ke depan bisa mencapai 100% hingga 200%. Hal ini tentu akan menjadikan keuntungan yang besar bagi anda.

Memiliki Nilai Tambah


Nilai tambah juga menjadi salah sau keuntungan investasi properti tanah yang bisa anda dapatkan. Jika anda memiliki tanah yang cukup luas, anda bisa menggandakannya berkali-kali lipat untuk investasi yang anda miliki. Caranya dengan membangun sesuatu pada tanah yang anda gunakan.

Ketika anda memiliki tanah yang luas, anda bisa membangun sebuah perumahan dengan sistem cluster. Dengan ini akan membuat harga tanah menjadi labih mahal dan anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan menjual rumah sesuai dengan jumlah yang dibuatnya.

Untuk Bisnis Lain


Memiliki tanah yang kosong, anda bisa memanfaatkannya untuk hal lain. Daripada tanah tersebut dianggurkan, tentu hal tersebut akan membuat anda kurang efektif karena tidak bisa mendapatkan penghasilan. Maka akan lebih efektif jika anda memanfaatkan tanah tersebut untuk bisnis lain tanpa mengubah tanah tersebut.

Seperti halnya anda menjadikan tanah tersebut sebagai lahan parkir apabila tanah berdekatan dengan tempat sekolah atau tempat kerja. Selain itu, jika anda suka berkebun juga bisa memanfaatkannya untuk berkebun. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan ide kreatif yang dimiliki.

Biaya Perawatan Yang Minim


Investasi properti tanah bisa dibilang sebagai salah satu jenis investasi yang paling minim biaya untuk perawatannya. Disini anda tidak perlu susah payah untuk melakukan perawatan. Paling tidak hanya terdapat kotoran yang berada di lahan tanah yang anda miliki. Itu semua bisa anda bersihkan dengan sendirinya.

Hal ini tentu akan menjadi keuntungan anda karena tidak ada perawatan yang harus anda bayarkan. Berbeda dengan ruko, kontrakan, ataupun bangunan lainnya yang membutuhkan biaya perawatan seperti listrik, air, dan lain sebagainya. 

Tidak Mungkin Hilang


Tanah menjadi wujud yang nyata dan tidak akan mungkin hilang. Disinilah salah satu kelebihan yang sangat unggul dari investasi properti tanah. Dimana terdapat wujud nyata yang tidak akan mungkin hilang. Para investor juga dapat memantau mengenai tanah yang diinvestasikan.

Akan tetapi, disini terdapat permainan di dalam surat tanah yang harus benar-benar anda pahami dengan baik. Jangan sampai tertipu untuk permasalahan surat-surat tanah yang dijadikan investasi. Dengan begitu, tanah akan tetap aman dan tetap menjadi kepemilikan anda.

Kerugian


Selain keuntungan yang bisa didapatkan dalam menjalankan investasi properti tanah, ada juga beberapa kerugian yang bisa anda dapatkan nantinya sebagai berikut!

Modal Yang Besar


Salah satu kekurangan dari investasi properti tanah adalah modal yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Tanah menjadi salah satu aset penting yang pastinya nilai harganya juga sangat mahal. Maka dari itu, modal yang harus dikeluarkan pun juga mahal. 

Apalagi jika tanah yang dibelinya berada di daerah perkotaaan, tentu nilai harganya akan semakin melambung tinggi. Harga tanah dikota bisa lebih dari 2 kali lipat seperti halnya tanah yang ada di daerah terpencil. Kekurangan yang satu ini menjadikan orang yang memiliki keterbatasan modal tidak bisa menjalankannya.

Bisa Tidak Mendapatkan Pemasukan


Tanah yang kosong bila tidak dijadikan apa-apa tentu akan membuat anda melongo dengan sendirinya. Dimana anda tidak akan mendapatkan pemasukan sama sekali karena tanah dibiarkan begitu saja. Kekurangan ini bisa dicegah tergantung dari diri anda sendiri sebagai pemilik tanah.

Anda harus bisa mengelolanya dengan baik sampai tanah benar-benar laku terjual sesuai dengan harga yang diharapkan. Anda juga bisa menyiasatinya dengan cara membangun ruko, kost ataupun tempat lainnya yang bisa memberikan penghasilan. Meskipun anda menyewakannya, jika anda sebagai investor tentu akan mendapaktan hasil yang sangat kecil. 

Sifat Likuid Kecil


Untuk sifat likuid bilamana menjalankan bisnis yang satu ini akan sangat kecil. Berbeda dengan investasi emas yang dapat anda cairkan dalam bentuk uang dalam waktu yang cepat. Jika anda harus mencairkan tanah dalam bentuk uang membutuhkan proses yang panjang.

Jika anda ingin investasi yang memberikan hasil uang dalam waktu cepat, investasi tanah bukan menjadi pilihan yang tepat. Anda harus memilih investasi lainnya yang bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Biaya Lain Yang Menguras Kantong


Memiliki sebidang tanah tentu tidak akan membuat anda nyaman bilamana tidak ada pemasukan yang didapatkan. Anda harus bisa mengolahnya sebaik mungkin supaya keuangan anda tidak dapat terkuras. Bilamana tanah tidak digunaan untuk apapun, maka keuangan anda justru yang akan semakin habis.

Salah satunya adalah pajak yang besar harus anda bayarkan untuk tanah kosong yang anda miliki. Hal ini akan beresiko pada tanah anda yang bisa dikurangi patok tanahnya oleh orang lain. Dan lebih parahnya, tanah yang anda miliki bisa disalahgunakan oleh orang lain. Hal seperti ini tentu tidak diinginkan oleh siapapun, anda harus mengakalinya dengan menjadikan tanah kosong supaya bisa mendapatkan penghasilan.

Daya Jual Tergantung Lokasi


Salah satu kekurangan yang ada pada investasi tanah adalah daya jual yang menyesuaikan lokasi. Orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli tanah yang lokasinya strategis. Nilai capital gain juga dipengaruhi oleh lokasi, bilamana memiliki tempat yang efektif dan juga strategis, maka tanah tersebut akan menjadi buronan oleh banyak orang. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan investasi properti tanah. Anda bisa menentukan sendiri untuk menjalankannya atau tidak setelah melihat kelebihan dan kekurangannya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih.