Untung Rugi Investasi Properti Apartemen yang harus kalian tahu - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung Rugi Investasi Properti Apartemen yang harus kalian tahu

Navigasi Info - Untung Rugi Investasi Properti Apartemen

Investasi di bidang properti sepertinya akan sangan menguntungkan bila anda menjalankannya dengan baik. Sudah ada banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk terjun di bidang properti, dimana akan ada peluang besar yang bisa didapatkan untuk meraup keuntungan yang besar.

Untung Rugi Investasi Properti Apartemen yang harus kalian tahu
Untung Rugi Investasi Properti Apartemen yang harus kalian tahu

Meski begitu, untuk menjalankan bisnis properti tidaklah mudah. Terdapat beberapa hal penting yang harus anda lakukan supaya bisa berhasil menjalankannya. Bilamana anda tidak mampu menjalankannya secara efektif, maka akan merugikan anda sendiri. Apalagi investasi properti membutuhkan modal yang besar, anda harus siap dengan segala hal bila sudah berani terjun di bidang properti.

Ada banyak sekali jenis properti yang bisa anda investasikan, salah satunya adalah investasi properti apartemen. Dalam menjalankan investasi properti apartemen tentu ada kelebihan dan kekurangan yang bisa anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dalam memnjalankan investasi properti apartemen.

Keuntungan


Adapun beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi properti apartemen sebagai berikut:

Investasi Apartemen Menjadi Tren


Perkembangan jaman yang semakin canggih, mobilitas manusia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Banyak orang yang membutuhkan hunian tidak terlalu besar tetapi nyaman dengan aktivitas yang dijalankannya. Yang terpenting mereka merasakan kenyamanan saat berada di tempat tinggalnya.

Solusi dari hal ini, menjalankan investasi apartemen menjadi salah satu jalan yang sangat efektif untuk anda lakukan. Apabila lokasi apartemen yang dipilihnya strategis, hal ini akan memberikan keuntungan anda sendiri. Untuk setiap unitnya akan semakin mengalami peningkatan.

Modal Kecil


Banyak yang menilai investasi apartemen memiliki nilai harga yang mahal, hal tersebut karena dilihat apartemen memilik ukuran yang besar. Sehingga, banyak orang yang menganggap bahwa investasi apartmen membutuhkan modal yang besar. Justur sebaliknya, memerlukan modal kecil untuk menjalankan investasi apartemen.

Seperti yang anda ketahui sendiri, harga rumah semakin lama semakin meningkat karena tanahnya yang semakin tahun mengalami perkembangan untuk segi harga. Anda bisa membeli satu buah apartemen dengan modal lebih kecil dibandingkan dengan membeli sebuah rumah. 

Seperti halnya anda membeli sebuah rumah di pinggiran kota dengan nilai harga mencapai ratusan juta. Anda bisa membeli sebuah apartemen di pusat kota yang nilai harganya lebih ringan. Meski ukurannya kecil, itu tidak menjadikan suatu permasalahan karena nyaman digunakan.

Investasi Apartemen Yang Bisa Disewakan


Bila anda menjalankan investasi properti apartemen, keunggulan lainnya yang bisa didapatkan adalah investasi yang bisa disewakan. Ketika anda tidak ingin meninggal apartemen yang sudah dibeli, disini anda bisa menyewakannya kepada orang yang membutuhkannya. Hal ini justru akan memberikan keuntungan untuk anda sendiri.

Untuk sistem sewa yang anda jalankan sesuai dengan ketentuan yang anda tetapkan, baik untuk harian, mingguan ataupun bulanan. Itu menjadi ketentuan anda sendiri dan kebutuhan orang yang ingin menyewanya. Biasanya orang yang menyewa harian seringkali orang-orang yang berlibur.

Kerugian Tidak Perlu Dikhawatirkan


Kerugian seringkali menjadi kekhawatiran bagi orang-orang yang menjalankan investasi apartemen. Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah investasi properti apartemen karena kerugian akan sangat minim anda dapatkan. Hal ini dikarenakan apartmen berbentuk asli dan anda bisa melihatnya secara langsung bagaimana proses perkembangannya.

Setiap tahun, harga apartemen juga akan mengalami peningkatan mengikuti pertumbuhan inflasi. Untuk persentase kenaikan harga apartemen kurang lebih 5% - 10% peningkatannya. Hal ini tentu akan menjadikan sebuah keuntungan yang lebih besar untuk bisa anda dapatkan.

Investasi Apartemen Seperti Halnya Menabung


Berinvestasi properti apartemen akan seperti anda menabung pada umumnya. Dalam membeli sebuah apartemen, dimana anda bisa mengamankan sejumlah uang di dalam hunian. Uang tersebut nantinya tidak akan hilang atau berkurang nilainya sepesertpun.

Hal ini dikarenakan harganya akan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan begitu, investasi apartemen menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk anda jalankan dengan baik.
Beberapa kelebihan tersebut bisa menjadikan anda untuk menentukan dalam menjalankan investasi properti apartemen atau tidak. Jika anda tertarik, anda bisa mencobanya untuk menjalankan investasi properti apartemen.


Kerugian 


Selain keuntungan, dalam menjalankan investasi properti apartemen juga akan mendapatkan beberapa kerugian diantaranya sebagai berikut!

Apartemen Batal Dibangun


Salah satu resiko yang bisa anda dapatkan bilamana sudah menjalankan investasi apartemen adalah tidak jadinya bangunan apartemen didirikan. Sebelumnya, pengembang biasanya akan menawarkan unit apartemen sebelum proyek tersebut dibangun.

Para investor tentu akan mengalami kerugian apabila pembangunannya terlambat ataupun batal. Biasanya hal seperti ini telah terjadi permasalahan yang telah dilakukan oleh pengembang. Untuk meminimalisir kejadian seperti ini, melihat latar pengembang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda jalankan. Dimana anda harus mengetahui apakah pengembang yang dipilih sudah berpengalaman dan terpercaya atau tidak.

Biaya Rutin Harus Dikeluarkan


Biaya rutin juga menjadi salah satu resiko yang harus anda dapatkan, disaat anda menjalankan investasi apartemen, anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya rutin untuk membayar berbagai macam fasilitas apartmen. Ada banyak sekali biaya rutin yang harus dibayarkan seperti keamanan, parkir, kebersihan dan lain sebagainya.

Hal ini tentu akan lebih cepat mengursan keuangan. Anda juga harus menyiapkan biaya tak terduga yang digunakan untuk renovasi yang terjadi pada sebuah apartemen yang dijalankannya. Maka dari itu, anda harus mengetahuinya secara detail supaya tidak ada permasalahan yang bisa terjadi.

Perawatan Gedung Menyesuaikan Manajemen


Berbeda dengan investasi sebuah rumah, untuk perawatan gedung menyesuaikan dengan manaejemen dari pihak yang menentukannya. Jika manajemen apartemen buruk dalam menjalankan pemeliharaan gedung, hal ini akan beresiko dan akan membuat pengunjung tidak nyaman dan mengalami kerugian.

Berbeda dengan investasi rumah, baik buruknya rumah menyesuaikan pada cara anda mengolahnya sendiri. Bilamana anda mampu menjalankan dengan baik, maka perawatannya akan lebih minim.

Bunga KPR Naik


Kerugian yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah bunga KPR yang mengalami kenaikan. Ketika banyak orang yang berinvestasi apartemen menggunakan pinjaman KPR Bank, hal ini bukan berarti tidak ada resiko di dalamnya. 

Kenaikan terjadi ketika anda sudah membayar cicilan dalam jangka 3 tahun lebih. Disini pembayaran cicilan dari tahun ke tahun akan terus mengalami peningkatan. Anda juga akan mendapatkan tagihan yang cukup besar karena kenaikan suku bunga yang telah ditentukan.

Selain keuntungan, ada juga kerugian yang berpotensi untuk anda dapatkan bilamana menjalankan investasi properti apartemen. Yang terpenting anda dapat menjalankannya secara efektif dan bisa menangkal berbagai macam kerugian yang bisa didapatkan. Dengan begitu, anda akan dapat menjalankan investasi properti apartemen secara maksimal dan baik.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai untuk rugi investasi properti apartemen. Setelah anda melihatnya, anda bisa menentukan sendiri untuk berinvestasi atau tidak.
Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.