Untung Rugi Investasi Properti Perumahan harus kita pahami - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung Rugi Investasi Properti Perumahan harus kita pahami

Navigasi Info - Untung Rugi Investasi Properti Perumahan

Investasi di bidang properti kini sedang banyak digeluti oleh kalangan masyarakat, dimana investasi yang satu ini sangat menguntungkan bila anda menjalankannya dengan baik. Sudah ada banyak sekali orang-orang yang terjun ke dunia properti untuk menjalankan bisnis yang satu ini, alhasil banyak yang berhasil menjalankannya.

Untung Rugi Investasi Properti Perumahan
Untung Rugi Investasi Properti Perumahan

Terdapat beberapa macam investasi properti yang bisa anda pilih diantaranya seperti investasi properti tanah, investasis properti apartemen, investasi properti perumahan, dan masih banyak yang lainnya. Investasi properti perumahan menjadi salah satu jenis investasi yang saat ini sedang populer di jalankan.

Investasi perumahan merupakan salah satu jenis investasi yang di dalamnya membangun sebuah rumah untuk dijual belikan kepada pihak yang memerlukannya. Memerlukan proses yang panjang untuk menjalankan investasi yang satu ini. Salah satunya adalah modal yang dibutuhkan juga sangat besar.

Jika anda menjalankan investasi perumahan, akan ada kelebihan dan kekurangan yang bisa anda dapatkan sebagai berikut!

Keuntungan


Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi properti perumahan sebagai berikut!

Harga Yang Selalu Meningkat


Seperti yang anda ketahui, harga properti dari tahun ke tahun akan selalu mengalami peningkatan. Hal itu bisa dilihat dari harga tanah yang sudah pasti nilainya akan terus naik, apalagi jika ditambah sebuah bangunan perumahan, maka kenaikannya akan semakin besar untuk setiap tahunnya.

Selain itu, alasan lain juga dikarenakan permintaan lebih banyak dibandingkan dengan persediaan. Banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal dan harga properti melebihi kenaikan inflasi, bilamana membeli sebuah properti tentu tidak akan ada kerugian yang besar untuk anda dapatkan.

Menjualnya di Kemudian Hari


Keuntungan yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah dapat menjual properti dikemudian hari. Seperti yang anda ketahui, untuk mendapatkan keuntungan investasi properti adalah dengan cara menjualnya. Disini anda tidak hanya menjualnya untuk hari ini, anda bisa menjualnya dikemudian hari sampai menemukan harga yang pas.

Apalagi harga properti dari tahun ke tahun selalui naik tajam, semakin lama anda membiarkannya maka nilainya akan semakin mahal. Hal ini akan menjadikan keuntungan sendiri bagi anda untuk bisa mendapatkannya secara efektif.

Menyewakan Properti


Membangun sebuah perumahan juga dapat anda sewakan jika anda membutuhkannya. Jika anda masih sayang untuk menjualnya, menyewakan menjadi salah satu langkah yang efektif untuk anda jalankan. Dengan menyewakannya, anda akan mendapatkan keuntungan melalui orang yang menyewa properti tersebut.

Namun itu semua tergantung dari diri anda sendiri ingin menyewakannya atau tidak. Bila menyewakannya, anda akan terus mendapatkan pemasukan dari harga sewa untuk setiap bulan atau tahunnya. Untuk masalah waktu menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Dapat Dijadikan Jaminan Pinjaman


Keuntungan yang bisa anda dapatkan lainnya adalah dapat dijadikan pinjaman untuk properti yang anda miliki. Banyak bank pemberi kredit yang memberikan pinjaman yang memiliki jaminan properti. Hal ini tentu akan menjadikan keuntungan bagi anda sendiri bila menjalankannya.

Dengan adanya uang jaminan tersebut juga dapat diputar lagi dalam bentuk usaha lainnya ataupun jika anda ingin menjalankan investasi properti perumahan kembali, anda bisa menambah properti.

Potensi Arus Kas Yang Rutin


Selama anda menunggu kenaikan harga properti, disini anda bisa memanfaatkannya untuk disewakan keada orang lain. Hal ini bertujuan agar anda tetap mendapatkan pemasukan dari hasil sewa properti perumahan tersebut. Seperti halnya properti dengan harga 1 miliar, maka anda bisa menyewakannya dengan nilai harga Rp. 10 juta per bulannya.

Dengan hasil sewa tersebut dapat anda manfaatkan untuk hal lainnya seperti melunasi hutang bank, atau hal lainnya. Pastinya akan sangat menguntungkan bagi anda daripada membiarkannya saja.

Dapat Menggunakan Modal Pihak Lain


Kelebihan yang bisa anda dapatkan selanjutnya aalah dapat menggunakan modal dari pihak lain. Anda bisa meminjam dari bank bilamana properti perumahan yang akan dibangun sudah memiliki modal 50% sebagai persyaratan untuk peminjaman. Untuk sisanya bisa anda dapatkan dari peminjaman uang ke bank.

Investasi Jangka Panjang


Properti perumahan merupakan inSvestasi jangka panjang yang cukup efektif untuk anda jalankan. Dimana anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang lama bilamana menjalankan investasi yang satu ini. Kurang lebih waktu rata-rata investasi properti 3-5 tahun. Setelahnya, nilai capital gain tentu sudah bisa menghasilkan sesuai yang diharapkan.

Kekurangan


Selain keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan investasi properti perumahan, ada juga beberapa kekurangan yang bisa didapatkan sebagai berikut!

Beban Pada Perawatan


Memiliki sebuah properti perumahan tentu membutuhkan perawatan yang dapat mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Perawatan yang dapat dilakukan seperti halnya membayar listrik, bilamana tidak ada yang menggunakan properti tersebut, anda harus tetap membayar listirk setiap bulannya.

Selain itu, terdapat juga biaya perawatan lainnya seperti air ataupun properti yang mengelami kerusakan bilamana sudah dalam jangka waktu yang lama. Keuangan anda akan lebih cepat habis bilamana properti perumahan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Modal Yang Besar


Properti perumahan merupakan suatu bangunan dalam skala yang sangat besar, tentunya modal yang harus dikeluarkan sangatlah besar untuk menjalankan investasi yang satu ini. Selain itu, prosesnya juga harus dilakukan secara hati-hati karena kesalahan sedikit akan mempengaruhi hasil dari investasi yang dijalankannya.

Modal yang besar juga menjadi salah satu kekurangan dari banyak orang yang pastinya banyak yang memiliki keterbatasan keuangan. Bila keuangan anda tidak mencukupi, sebaiknya jangan menjalankan investasi yang satu ini.

Biaya Transaksi Yang Tinggi


Kelemahan yang selanjutnya adalah biaya transaksi yang tinggi menjadikan investasi properti kurang diminati banyak orang. Berbagai macam biaya yang harus dibayarkan seperti pajak, BPHTB, dan lain sebagainya. Biasanya biaya tersebut akan dikenakan sebesar 5%.

Waktu Yang Lama Untuk Membeli


Jika anda menjalankan investasi properti perumahan, kekurangan lainnya adalah proses waktu yang lebih lama untuk pembeliannya. Membeli properti sesuai keinginan tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Bilamana tidak cocok maka properti akan sulit laku di pasaran. 

Biasanya properti yang cepat laku memiliki tempat yang strategis mulai dari infrastruktur dan berbagai macam hal lainnya. Bilamana properti perumahan memiliki lokasi yang strategis, tentu akan ada banyak sekali peminatnya yang tertarik untuk membelinya. Bahkan mereka tidak membutuhkan waktu yang lama saat ingin membelinya karena takut terbeli oleh orang lain.

Terbatasnya Pengetahuan


Salah satu kekurangan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah terbatasnya pengetahunan karena properti bersifat lokal. Harga sebuah rumah di satu tempat belum tentu sama dengan tempat lainnya. Disini investor harus jeli dalam membuat survey yang menjadi incarannya.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai keuntungan dan kerugian yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan investasi properti perumahan. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.