Apa itu CNC ( Computer Numerical Control ) ? - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu CNC ( Computer Numerical Control ) ?

Navigasi Info - mesin perkakas untuk pengolahan logam untuk menjadi berbagai komponen mesin atau membentuk logam agar bisa kita manfaatkan sudah umum kita gunakan di dalam bidang manufaktur salah satunya dengan menggunakan mesin bubut.

Apa itu CNC ( Computer Numerical Control ) ?


Mesin bubut sering digunakan untuk membentuk logam dan kayu serta juga cara kerjanya masih memakai sistem manual yang mana kita perlu ketelitian dan juga fokus dalam membentuk suatu logam maupun kayu hal ini memakan banyak waktu serta menguras tenaga hanya untuk pengerjaan satu produk atau barang dari logam.

Yang mana dalam penggunaan mesin bubut sering terjadi kesalahan dalam pembentukan logam dan kayu ataupun terjadinya human eror yang dapat beresiko kecelakaan kerja hal itu dapat menghambat proses produksi dan mengeluarkan cost atau biaya yang tidak sedikit.

Untungnya saat ini teknologi telah terus berkembang bukan hanya dalam bidang komunikasi dan elektronik saja sebab dibidang industri serta manufaktur pun ikut berkembang pesat .

Dewasa ini kalian dapat membentuk logam maupun kayu cukup dengan memasukan data ukuran dan bentuk logam kedalam data komputer dan mesin akan secara otomatis mengoperasikannya sehingga membentuk logam ataupun kayu tersebut sesuai dengan keinginan kalian yaitu dengan memakai mesin CNC ( Computer Numerical Control ).

Pengertian Mesin CNC


Mesin CNC adalah suatu mesin perkakas untuk membentuk logam maupun kayu yang dioperasikan secara otomatis dengan hanya memasukan data sketsa gambar yang kita inginkan kedalam komputer .


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Sanya mesin CNC sendiri singkatan dari bahasa inggris yaitu Computer Numerical Control atau dalam bahasa indonesia komputer kontrol numerik atau sederhananya suatu mesin perkakas dengan sistem kontrol Computer dengan hanya memasukan ( menyimpan ) kode numerik kedalam perangkat komputer.

Mesin CNC sendiri pertama kali diciptakan pada tahun 1940an yang mana hasil dari memodifikasi mesin perkakas biasa dengan hanya menambakan sistem control analog biasa kemudian pada tahun 1950an mengganti sistem control analog tersebut menjadi sistem control Computer seperti saat sekarang.

Hal ini juga menjawab tantangan dunia industri yang menginginkan hasil produksi dengan keakuratan serta ketelitian mencapai 1/100 mm lebih serta dapat memproduksinya dalam jumlah banyak.

Kelebihan Mesin CNC


Kelebihan Mesin CNC yang kita dapat dari pengalaman dan beberapa sumber antara lain sebagai berikut :

  1. Memperkecil resiko terjadinya human eror yang mana dapat merusak produk dan kecelakaan kerja
  2. Tingkat akurat pembentukan medianya sudah terjamin berbeda dengan mesin bubut atau mesin perkakas manual lainnya yang harus mengukur dengan teliti setiap bagian bahan yang akan di bentuk
  3. Menghemat biaya dengan mesin CNC kalian tidak memerlukan banyak tenaga kerja untuk mengoperasikannya sehingga hal itu menghemat biaya di tambah lagi daya listriknya pun lebih kecil jika dibandingkan mesin manual
  4. Sampah yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan mesin manual
  5. Menurut pengalaman pribadi mesin CNC termasuk lebih awet dibandingkan dengan mesin yang manual.

Bagian Mesin CNC


Komponen atau bagian-bagian dasar dari mesin CNC garis besarnya sebagai berikut:

  1. Sistem control yang berfungsi untuk memasukan program untuk membentuk bahan sesuai dengan yang kita inginkan
  2. Proccesor yang berguna untuk menyimpan program dan mengendalikan motor berserta pahat pada mesin CNC agar membentuk bahan sesuai program yang kita masukan
  3. Motor listrik servo yang mana berfungsi untuk menggerakkan pahat sesuai dengan program yang dimasukan pada sistem control.
  4. Motor listrik sebagai perangkat penggerak mesin CNC 
  5. Pahat berfungsi untuk mengikis dan membentuk bahan sesuai dengan program yang dimasukan
  6. Dudukan atau pemegang bahan agar bahan tidak bergerak dan dapat dibentuk sesuai program yang telah kita masukan.

Prinsip kerja mesin CNC


Penguraian sederhana cara kerja mesin CNC dapat kalian simak dibawah ini :

  1. Yang mana hal awal yang kita lakukan ialah membuat program untuk membentuk bahan sesuai dengan kita ingin dengan mengunakan program CNC ( G-code ) dengan cara mengerikannya secara langsung ataupun mengaupload langsung hasil programan dari perangkat komputer yang terdapat aplikasi mesin CNC tersebut.
  2. Setelah program tersimpan pada mesin CNC dan diaktifkan maka prosesor akan mengelolah data dan menggerakkan motor servo ,motor dan pahat sesuai program yang dimasukan pada mesin CNC .
  3. Maka bahan tersebut akan terbentuk sesuai keinginan kalian sama dengan program kalian masukan pada mesin CNC .

Jenis - jenis Mesin CNC


Secara sederhana sistem kerja mesin CNC seperti diatas sedangkan jenis-jenis mesin CNC antara lain sebagai berikut :

  • Mesin bubut CNC 
  • Mesin Milling CNC  5 Axis
  • Mesin plasma cutting CNC 
  • Mesin bor CNC 
  • Mesin Turret punch CNC
  • Mesin ukir kayu CNC
  • Mesin bending CNC 
  • Mesin grinder silinder CNC 
  • Dan lain-lain

Sudah ada banyak jenis mesin CNC dipasaran kurang lebih yang paling umum dipakai pada data di atas .

Mungkin segitu saja yang dapat saya sampaikan jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar di bawah dan terima kasih telah berkunjung