blog gado - gado VS Blog Niche ( blog satu tema ) mana yang lebih unggul - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

blog gado - gado VS Blog Niche ( blog satu tema ) mana yang lebih unggul

Navigasi info - Niche blog atau tema blog ini selalu menjadi perdebatan di para blogger tak terkecuali di komunitas blogger sendiri saya sendiri sempat mempunyai pertanyaan dalam membuat blog tentang blog Niche dan gado-gado.

blog gado - gado VS Blog Niche ( blog satu tema ) mana yang lebih unggul


Dari berbagai pengalaman saya sendiri dan beberapa sumber dari para blogger yang sudah pro setidaknya saya mendapatkan sedikit pencerahan dari para master blog tersebut.

Yang mana dari kesimpulan itu saya rangkum seperti dibawah ini :

Pengertian blog Niche dan blog gado-gado


Pertama yang harus kita ketahui apa itu yang di sebut blog gado-gado dan blog Niche sebelum kita melangkah jauh dalam topik bahasan yang lebih dalam :

Pengertian blog niche


Blog Niche adalah blog yang membahas satu tema secara menyeluruh dan lebih dalam terhadap tema tersebut .

Dari pengertian tersebut kita dapat mengetahui bahwa Sanya blog Niche merupakan blog yang lebih spesifik dalam membahas tema tersebut sehingga mudah di indesifikasi jika butuh artikel tentang tema tersebut pasti ada dalam blog tersebut lebih lengkap dari pada di blog gado-gado.


Salah satu contoh seperti blog Niche ( blog satu tema ) milik saya yang hanya membahas tentang  kunci gitar yaitu gitarkid didalamnya kalian akan mendapat beragam kunci gitar dari musik rock ,pop dan dangdut serta dari berbagai bahasa seperti Indonesia , Inggris , Jepang dan mandari lebih spesifik membahas tema kunci gitar.

Pengertian blog gado-gado


Blog gado-gado adalah blog yang berisikan beragam tema tidak hanya satu tema bahasan .

Dari pengertian diatas kita dapat melihat bahwa blog gado-gado tidak membahas satu tema secara spesifik tapi membahas beragam tema seperti hal nya situs berita yang mana berisikan banyak tema bahasan yang dibutuhkan pembaca.

Salah satu contoh blog gado-gado milik saya sendiri yaitu Navigasi Info di dalamnya terdapat banyak tema bahasan yang kira-kira dibutuhkan para pembaca walaupun tema bahasannya tidak spesifik seperti blog Niche.

Perbandingan blog Niche dan blog gado - gado 


Dari pengertian diatas apa sih kekurangan dan kelebihan dari blog Niche dan blog gado gado tersebut ?

Oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari beragam sumber sebagai berikut ini :

Kelebihan blog Niche 


Blog Niche memiliki banyak keunggulan yang mana kita telah mendapatkannya dari pengalaman sendiri di bidang blog seperti dibawah ini :

Terlihat lebih profesional


Blog Niche hal yang lebih menonjol dari keunggulannya adalah memiliki kesan yang lebih profesional dari pada blog gado-gado.

Sebab bahasan pada tema tersebut akan lebih dalam dan menyeluruh sehingga penulis blog tersebut terlihat sangat ahli dalam bidang bahasan tema tersebut.

Mudah mendapatkan iklan


Dari kesan yang profesional tersebut akan mudah menarik para pengiklan untuk mengiklankan produk mereka pada blog Niche yang kalian buat.

Seperti pengalaman saya juga untuk mendaftarkan blog pada adsense jika dari awal langsung blog gado-gado akan lebih sulit disetujui oleh google.

Dari situ kita dapat simpulkan bahwa Sanya blog Niche mudah mendapatkan iklan baik dari publisher google dan lainnya maupun pengiklan manual yang bayarannya lebih besar biasanya.

Mudah dapat pengunjung 


Selain itu blog Niche mudah menarik pengunjung yang setia sebab seperti yang saya kemukan diatas bahwa Sanya blog niche bahasan dalam tema yang dibahas jauh lebih dalam dan spesifik dari pada blog gado-gado.

Hal ini membuat kata kunci yang dihasilkan mesin pencari akan lebih spesifik terhadap tema bahasan yang dicari para visitor yang mana memudahkan halaman blog kalian untuk ditemukan sebab halaman blog kalian mudah berada di atas pencarian mesin pencari seperti google.

Seperti pengalaman saya membuat blog yang mana jumlah artikel yang saya buat di blog Niche ataupun blog gado-gado jumlah artikelnya sama yaitu 100 artikel akan tetapi visitor blog Niche jauh lebih banyak dibandingkan dari blog gado-gado.

Kekurangan blog Niche


Kekurangan blog Niche sendiri yang bisa dibilang yang sangat sulit ditangani ialah sebagai berikut :

Sulit untuk menulis artikel


Blog Niche memiliki satu tema bahasan yang lebih dalam hal ini membuat para penulis yang belum ahli menguasai tema tersebut dapat dipastikan akan berhenti di tengah jalan.

Sebelum kalian membuat blog Niche sebaiknya kuasai dulu atau pelajari dahulu tema yang akan kalian bahas sebab hal ini yang membuat kita para penulis kewalahan untuk mendapatkan ide tulisan disebabkan kehabisan ilmu dalam bahasan tema blog tersebut.

Kelebihan blog gado-gado


Walaupun blog gado-gado tidak secara spesifik dalam membahas satu tema akan tetapi juga memiliki beragam keunggulan sebagai berikut :

Tidak pusing untuk membuat artikel 


Blog gado-gado tidak ditentukan satu tema bahasan saja hal ini membuat para penulis pemula sekali pun dapat rutin membuat artikel setiap hari.

Berbeda hal dengan blog Niche yang mana jika kalian tidak menguasai tema tulisan tersebut dapat dipastikan blog tersebut cepat fakum.

Memiliki banyak kata kunci


Blog gado-gado atau blog yang membahas lebih dari satu tema membuat kata kunci yang dihasilkan pun beragam dan banyak sama hal nya seperti situs berita.

Walaupun kata kunci tersebut tidak spesifik mengarah ke blog kalian akan tetapi jika kalian rutin menulis serta membuat artikel tersebut lebih lengkap dan panjang dari pesaing kalian tak menutup kemungkinan artikel kalian muncul teratas pada mesin pencarian mengalahkan blog Niche itu sendiri.

Salah satu contoh blog gado-gado / blog berita yaitu tribunnews.com yang mana artikelnya selalu muncul teratas pada mesin pencari.

Sangat baik untuk blogger pemula


Blog gado-gado dapat menjadi sarana latihan bagi blogger pemula yang mana dari segi tulisan serta penguasaan tema biasanya belum lebih dalam seperti para penulis profesional.

Sehingga saya lebih menyarankan bagi kalian blogger pemula sebaiknya membuat blog gado-gado terlebih dahulu supaya dapat melatih kalian menulis.

Dengan membuat blog gado-gado kalian akan tidak tertekan dalam menulis artikel disebabkan banyak tema bahasannya tidak seperti blog Niche yang hanya satu tema bahasan.

Kekurangan blog gado-gado


Blog gado-gado juga memiliki kekurangan seperti pengalaman saya dalam membuat blog antara lain sebagai berikut:

Sulit mendapat pengunjung setia


Kekurangan utama dalam blog gado-gado adalah kalian akan lebih sulit mendapatkan pengunjung setia hal ini disebabkan tema bahasan kalian yang kurang spesifik dalam membahas tema tersebut.

Sehingga pembaca hanya membaca artikel yang mereka cari saja akan tetapi jikalau kalian membuat artikel tersebut membahasnya lebih dalam dan mudah mengerti tidak menutup kemungkinan pengunjung akan kembali lagi.

Sulit mendapatkan pengiklan manual

Hal ini kemungkinan di alami sebagian blogger pemula yang membuat blog gado-gado yang mana topik bahasan tema tersebut tidak menyeluruh dan spesifik sehingga para penjaja produk yang bertema tersebut malas mempercayai iklan mereka pada blog gado-gado.

Tapi jikalau blog gado-gado kalian sudah terkenal tidak menutup kemungkinan kalian juga bisa mendapatkan iklan manual dari para pembaca seperti media berita online lain contohnya detik.com.

Artikel sulit berada di atas mesin pencari


Blog gado - gado termasuk sulit untuk menjadi pageone atau berada diatas mesin pencari sebab blog gado gado kurang spesifik kata kuncinya.

Hal ini biasanya di alami oleh blogger pemula disebabkan jumlah kata pada artikel mereka yang sedikit dan membahas topik tersebut kurang jelas dan rinci apa lagi jika penulis blognya cuma satu orang yang mana harus dituntut menguasai seluruh topik dapat dipastikan itu sangat sulit.

Jika kalian membuat artikel tersebut jumlah katanya banyak dan juga bahasan blog kalian mudah dimengerti pembaca tak menutup ke mungkinkan juga dapat berada di pageone google.

Jika serius membuat blog gado-gado usahakan kerja tim seperti media berita online lainnya yang mana setiap topiknya selalu lebih dalam membahas hal tersebut.

Bagaimana penghasilan adsense nya ?


Untuk penghasilan adsense nya antara blog gado-gado dan Niche kurang lebih sama malah terkadang blog gado-gado bisa lebih besar cpc adsense nya dibandingkan blog niche.

Kok itu bisa terjadi ? Hal ini disebabkan produk yang ditawarkan iklan adsense pada blog kalian jika produk tersebut memilik nilai jual yang tinggi pasti juga cpcnya tinggi.

Seperti blog gitarkid yang blog Niche akan tetapi artikel yang dibahas hanya kunci gitar otomatis iklan yang muncul pasti mengenai musik yang mana kebanyakan aplikasi saja yang cpcnya kecil tapi hal itu dapat ditutupi oleh jumlah pengunjung blog yang lebih banyak.

Dan seperti blog gado-gado navigasi info yang mana membahas banyak topik atau gado-gado bisa cpcnya lebih tinggi hal ini disebabkan saya juga memasukan tema blog otomotif , teknologi , dan bisnis pada blog gado-gado saya ini hal ini akan membuat iklan google adsense memunculkan produk - produk penawaran barang yang harga jualnya tinggi seperti property dan produk otomotif.

Kesimpulan 


Dari kesimpulan diatas baik itu blog gado-gado maupun blog Niche atau satu tema semua nya sama-sama bagus asalkan blog tersebut rutin di update dengan artikel yang berkualitas .

Dapat dijamin kalian akan menghasilkan penghasilan yang memuaskan karena usaha dan kerja keras tidak akan pernah mengecewakan intinya itu saja.

Mungkin segitu saja dari saya jika rekan-rekan ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung