Cara Memperbaiki Motor Injection kehabisan bensin - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Motor Injection kehabisan bensin

Navigasi Info - permasalahan kendaraan untuk kehabisan bahan bakar adalah suatu hal umum tak terkecuali untuk motor Injection yang mana saat ini sangat populer digunakan kita sebab banyak keunggulan dari pada motor biasa.


Kelebihan motor injeksi


Motor Injection atau motor injeksi sendiri mempunyai banyak kelebihan antara lain sebagai berikut :

Pembakaran Bahan Bakar Lebih sempurna

Sebagai mana kita ketahui motor dengan teknologi Injection mempunyai pembakaran lebih baik dari pada motor biasa ( motor karburator ) yang mana teknologi AFR ( air fuel ratio ). 

Teknologi motor injeksi mempunyai AFR yang dapat mencampur bahan bakar dan udara lebih sempurna serta efisien ditambah lagi dapat dikontrol dengan perangkat elektronik dengan sensor yang dapat menganalisa serta mengetahui suhu udara disekitarnya dengan itu motor injeksi dapat secara otomatis menyesuaikan campuran udara dan bahan bakar lebih baik.

Sehingga penggunaan bahan bakar bensin pada kendaraan tersebut sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.

Hemat bahan bakar

Dari keterangan efektifitas motor injeksi dalam mencampur udara serta bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan  kendaraan membuat bahan bakar yang kita gunakan lebih efisien dan efektif.

Disebabkan efektifitas itu bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan mesin motor injeksi lebih irit jika kita bandingkan dengan motor yang masih menggunakan teknologi karburator.

Tidak perlu repot menyetel komposisi campuran udara dan bahan bakar

Motor injeksi biasanya telah diberikan suatu setelan program standar dari pabrikannya yang berupa ECM ( eletronic control module ) dengan program ECM tersebut membuat kendaraan injeksi dapat memaksimalkan efektifitas dan lebih efisien dalam mengunakan bahan bakar.

Sehingga kita tak perlu repot menyetel manual campuran bahan bakar dan udara seperti motor karburator sebab motor injection telah memiliki program ECM dengan konfigurasi yang fix .

Jika kalian ingin mengatur ulang setelan tersebut ECM kalian harus menggunakan software khusus sesuai motor injeksi kalian dan menginstalnya pada laptop atau komputer kalian.

Walaupun untuk pengaturan ulangnya sedikit lebih rumit dari motor karburator akan tetapi dengan adanya ECM kalian tidak perlu repot-repot sering-sering mengatur konfigurasi bahan bakar dan udara seperti hal motor karburator.

Lebih mudah dalam melakukan servis bulanan

Motor injeksi termasuk sedikit lebih mudah dan tidak repot seperti motor biasa yang mana karburator nya harus sering dibongkar untuk dibersihkan atau diservis.

Motor injeksi kalian cukup menyemprot injector cleaner dengan udara saja tak perlu banyak bongkar dalam memperbaiki atau pun melakukan servis.

Dari banyak kelebihannya itu tak heran motor dengan teknologi Injection ini banyak peminatnya.

Cara perbaiki Motor injeksi kehabisan bahan bakar


Kehabisan bahan bakar bensin ini sering kita alami apa lagi jika kita tinggal di daerah pelosok maupun perdesaan yang mana persediaan bahan bakarnya sering kosong.

Sebagai mana kita ketahui bahwa motor injeksi yang kehabisan bensin mengakibatkan motor tersebut sulit dinyalakan hal ini disebabkan mesin pembakarannya kemasukan udara didalamnya sama hal seperti motor karburator biasa akan tetapi dalam kasus ini motor injection memerlukan beberapa teknik tersendiri untuk mengeluarkan udara yang terdapat dalam mesin pembakaran bahan bakar pada kendaraan motor injeksi oleh sebab itu kalian tidak perlu panik sebab kita akan memaparkan caranya sebagai berikut :

Mengisi bensin ( bahan bakar )

Hal pertama yang kalian harus lakukan ialah kalian harus mengisi bahan bakar terlebih dahulu sebab jika bahan bakarnya tidak ada maka kendaraan kalian tidak akan menyala selain itu bensin atau bahan bahan tersebut membantu agar udara dapat terdorong keluar pada selang mesin motor injuction.

Diamkan sebentar

Jika motor injuksi tersebut  telah terisi bensin jangan langsung kalian nyalakan akan tetapi kalian diamkan terlebih dahulu kurang lebih 5 - 10 menit supaya bensin dapat turun terlebih kesetiap saluran dahulu.

Putar kunci motor ke on dan off
 
Setelah di diamkan selama 5 menit maka langkah selanjutnya agar udara dapat keluar dari setiap saluran bensin sehingga motor injeksi kalian dapat menyala.

Kalian cukup memutar kunci motor kalian ke arah on dan off berulang kali sampai indikator suara fuel pumd terdengar.

Jika sudah maka motor injeksi kalian telah dapat digunakan seperti biasanya jika kalian masih bingung dapat melihat video dibawah ini :


Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencobanya jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah.