Cara Memulai Bisnis Tour dan Travel serta analisa usaha nya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Tour dan Travel serta analisa usaha nya

Navigasi Info - berwisata atau traveling saat ini sudah menjadi gaya hidup dan juga kebutuhan yang mana untuk mengurangi ke stress an serta membuat rileks pikiran kita dalam menjalani aktifitas Perkerjaan sehari - hari.

Cara Memulai Bisnis Tour dan Travel serta analisa usaha nya
Cara Memulai Bisnis Tour dan Travel serta analisa usaha nya

Sehingga hal ini dilirik banyak orang sebab membuka peluang bisnis besar untuk merauk banyak keuntungan dari bisnis tour dan travel.

Bisnis tour dan travel bukan hanya menyediakan kendaraan untuk menuju ke tempat wisata saja akan tetapi saat ini bisnis tour dan travel juga menyedikan jasa serta fasilitas akomodasi lain nya seperti penginapan dan makanan .

Selain itu bisnis tour dan travel bukan hanya bertujuan ke tempat wisata saja akan tetapi juga menyediakan ke tujuan tempat suci untuk menunaikan ibadah seperti naik haji ke Mekkah dan Jerusalem Palestina.

Untuk memulai usaha tour dan travel pun tidak terlalu besar sekitar 20 jutaan saja telah bisa di jalankan disebabkan bisnis tour dan travel ini ada sistem kemitraan yang mana kalian dapat memilih untuk menjadi agen , sub agen , ataupun perwakilan sehingga dengan modal 20 jutaan saja kalian sudah bisa menjalani.

Tips memulai bisnis tour dan travel


Untuk tips dan caranya tidak terlalu sulit yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut:

Tentukan jenis kemitraan 


Sebagaimana kita telah singgung diatas bahwa Sanya bisnis tour dan travel ini bersistem kemitraan atau kerja sama yang mana kalian bisa menjadi BPW ( biro perjalanan wisata ) atau menjadi penyedia layanan saja ABP ( agen biro perjalanan ) seperti agen , sub agen bahkan perwakilan.

Yang mana punya fungsi serta tanggung jawab berbeda seperti penyediaan transfortasi kendaraan , pengurusan dokumen untuk keberangkatan atau bahkan sampai penyediaan penginapan seperti hotel dan fasilitas lainnya.

Seperti BPW yang mana menyediakan paket perjalanan serta bertanggung jawab penuh dalam penyediaan fasilitas dan perasarana .

Sedangkan agen hanya menyediakan tiket bus , mobil , pesawat dan juga hotel bahkan menjadi Calok penjualan paket wisata milik BPW 

Sub agen dan perwakilan hampir sama seperti agen tapi sekala nya lebih kecil bisa dibilang cuma menjadi calo dari ABP atau BPW dengan sistem kemitraan atau bagi hasil dari setiap penjualan.

Menjalin banyak kemitraan


Usaha tour dan travel kekuatan utamanya ialah kemitraan atau kerja sama jika kalian ingin memulai bisnis tour dan travel hal utama yang harus kalian bangun ialah kemitraan.

Semakin luas kerja sama kalian baik itu kepada BPW atau pun ABP akan memperluas jaringan kalian untuk mendapatkan konsumen dan mengibarkan sayap usaha kalian.

Jadi yang terpenting ialah kalian perluas relasi kalian untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang usaha tour dan travel ini.

Membuat paket wisata menarik


Jika kalian seorang biro perjalanan wisata kalian harus bisa membuat paket menarik seperti penyediaan fasilitas kendaraan dan penginapan yang komplit .

Dan juga tujuan wisata yang banyak dan menarik untuk konsumen kalian ikuti sehingga para APW dapat mudah untuk menjajakan paket wisata kalian kepada konsumen.

Buat brand yang mudah di ingat


Selanjutnya kalian buat nama dan logo usaha kalian yang mudah di ingat dan di ucapkan orang serta dengan profil usaha yang menarik dan jelas supaya mempunyai kesan yang berkelas dan profesional.

Biar kata ada yang bilang apa arti sebuah nama akan tetapi didalam dunia usaha nama suatu produk atau jasa tersebut sangat mendukung bisnis tersebut bisa maju.

Sebagai perbandingan brand minuman kemasan sebut saja Aqua akan lebih mudah kita ingat untuk dibeli dibanding pesaing minuman kemas yang mempunyai kualitas serupa bahkan lebih akan tetapi konsumen kesulitan menyebut brandnya dan juga sulit mengingatnya otomatis konsumen akan memilih Aqua yang lebih mudah di ingat dan familiar sama hal dengan bisnis tour dan travel ini.

Untuk brand sendiri saya sarankan maksimal dua kata saja jika terlalu panjang itu akan sulit di ingat dan di sebutkan contoh seperti navi travel ini tersusun dari dua kata yang mudah di ingat dan berkesan dengan tema perjalanan atau wisata.

Daftarkan usaha kalian


Setelah brand usaha kalian telah dibuat selanjutnya daftarkan usaha kalian baik itu nama brand kalian dan juga logonya.

Dan urus berbagai dokumen seperti pembayaran pajak dan lainnya supaya usaha kalian berkah dan juga brand maupun logo kalian tidak dapat di curi oleh pihak lain.

Manfaatkan teknologi


Untuk usaha tour dan travel dalam pemasarannya kalian dapat memanfaatkan teknologi jaringan internet dalam mengiklankan paket wisata kalian.

Hal ini mampu meningkatkan konsumen sampai 70% dari hanya mempromosikan nya secara offline

Kalian dapat promosikan usaha kalian melalui media sosial atau bahkan mengiklankan nya kepada google ads atau media iklan lainnya .

Perbaiki dan jaga kualitas layanan usaha kalian


Bisnis tour dan travel ini kekuatan utama nya ialah kemitraan tersebut sehingga modal utamanya ialah nama baik kalian dan usaha kalian sehingga kalian harus bisa memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen dan juga mitra kalian.

Selain itu bisnis tour dan travel ini termasuk usaha di bidang jasa sehingga pelayanan kalian harus selalu di tingkatkan dan juga di jaga kualitasnya.

Hal ini akan memperkuat hubungan kerja sama kalian baik itu pada konsumen ataupun mitra usaha kalian.

Analisa usaha Bisnis Tour dan Travel ( sekala kecil )


jika anda tertarik dengan bisnis tour dan travel sebaiknya anda mempelajari seluk beluk bisnis ini. di bisnis ini pun sudah banyak kemitraan yang bisa anda pilih. tentu anda mau ambil posisi apa. baik agen, sub agen , atau perwakilan. tentu dengan biaya yang berbeda. anda pun bisa memilih dengan membuka outlet atau tidak. namun, jika modal anda terbatas, diperkirakan untuk membuka bisnis ini membutuhkan modal inimal 15 juta.

berikut rinciannya :


  1. komputer satu unit  ( RP 1.5000.000 )
  2. modem internet  ( RP 400.000 )
  3. printer dotmatrik ( RP 350.000 )
  4. meja dan kursi ( RP 250.000)
  5. pendaftaran ( RP 2.500.000 )
  6. deposito awal ( RP 1.000.000)
  7. sewa tempat ( RP 10.000.000 ) 
totalnya modal awal RP 15.900.000

keterangan:

komputer
menggunakan komputer standar yang spesifikasi memenuhi syarat untuk akses internet

modem internet
 menggunakan mode portebel yang kualitas bagus atau menggunakan modem yang untuk jaringan internet via kabel. modem dan jaringan yang lebih bagus ini yang di perlukan. untuk mempercepat koneksi internet ini. hal ini untuk menghidarkan keterlambatan booking tiket. jika sudah terjadi deal dengan konsumen.


printer
menggunakan jenis dotmatrik, selain lebih hemat ( tanpa tinta ) juga bisa mencetak kertas struk bukti pembayaran yang menggunakan salinan.

biaya pendaftaran
digunakan untuk biaya administrasi pendaftaran cetak spanduk / banner , kertas struk pembayaran dan stiker logo maskapai penerbangan , hotel maupun logo perusahaan lainnya yang tercover agen tersebut   

harus di ingat modal awal ini hanya merupakan asumsi yang akan disesuaikan dengan kondisi riil dilapangan .namun jika anda akan merintis bisnis ini mandiri ( tanpa kemitraan ) , tentu modal akan lebih kecil . tapi perjuangan anda akan lebih di uji dalam hal menjalin hubungan kerjasama dengan pihak maskapai penerbangan dan pihak hotel di destinasi wisata tujuan . juga anda butuh kepercayaan dari konsumen anda.

  sebagai informasi, dari pihak airlines ,umumnya anda hanya mendapat komisi 2 - 5%  + insentif dari agen resmi .sebagai gambaran omzet, dari 1 tiket terjual seharga RP 1 juta anda hanya mendapatkan RP 50 ribu . jika omzet anda dalam sebulan mencapai 300 juta maka anda mendapatkan profit RP 10 juta- RP 15 juta
omzet tersebut dari tiket penerbangan , jika anda merambah lagi ke tiketing hotel, maka tentu hasilnya lebih besar lagi, karena dunia tour dan travel cakupannya sangat luas

tips 

  1. sebaiknya jangan menggunakan pintu kaca berwarna hitam , usahakan bening dan dapat di lihat dari luar . tentu akan lebih bagus apabila menggunakan rolling door.