Fungsi ban berserta jenis - jenis nya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi ban berserta jenis - jenis nya

Navigasi Info - motor maupun mobil memerlukan Ban untuk kendaraan tersebut dapat melaju dengan aman saat kalian berkendara di jalan raya tak heran bahwa Sanya sparepart kendaraan yang satu ini hal utama untuk menunjang kendaraan kalian.

Fungsi ban berserta jenis - jenis nya
Fungsi ban berserta jenis - jenis nya

Sedangkan fungsi dan manfaat ban itu sendri pada kendaraan adalah sebagai berikut :

Ban berfungsi untuk kendaraan dapat melaju


Hal utama seperti kita terangkan diatas ban adalah suatu komponen atau sparepart yang mendukung agar kendaraan dapat bergerak dan melaju pada jalan.

Sebagaimana kita ketahui ban sendiri adalah perantara penghubung mesin kendaraan dan jalan untuk menyalurkan energi gerak nya agar kendaraan dapat melaju.

Ban berfungsi sebagai penopang kendaraan


Ban juga berfungsi sama dengan velg yang mana berguna untuk menopang seluruh berat kendaraan baik motor maupun mobil dengan memanfaatkan udara yang ada didalam ban itu sendiri.

Dari keterangan di atas kita dapat menyimpulkan bila kandungan udara pada ban tidak mencukupi akan mengakibatkan daya tahan untuk menopang beban kendaraan akan tidak berfungsi dengan baik .

Dengan kata lain ban juga berfungsi untuk membantu velg menahan beban kendaraan kalian untuk lengkapnya mengenai fungsi velg sendiri kalian dapat membaca artikel dibawah ini :


Ban berguna mengurangi getaran pada kendaraan


Ban juga berfungsi untuk mengurangi getaran pada kendaraan yang diakibatkan oleh gesekan ban dengan permukaan jalan yang tidak rata .

Fungsi ban yang satu ini sangat terasa sekali jika kalian berkendara dengan menggunakan mobil apalagi jika kalian menggunakan jenis ban tipe radial.

Ban berfungsi membantu arah control kendaraan agar stabil


Selain itu ban juga berfungsi untuk membantu arah control kendaraan yang mana stir kemudi terhubung dengan ban sehingga saat kalian berkendaraan untuk melakukan manuver berbelok dan sebagainya sengat berpengaruh dengan kondisi ban kalian.

Yang mana jika kondisi ban kalian kurang bagus maka saat kendaraan akan melakukan manuver ataupun berbelok akan tidak stabil sehingga akan membahayakan kalian saat berkendara.

Jenis - jenis ban 


Jenis - jenis ban kendaraan sendiri terbagi atas 4  tipe ban yaitu :

Ban tipe radial


Ban tipe radial sangat baik untuk meredam guncangan pada kendaraan yang mana ban tipe radial di buat dengan susunan serat yang menyilang serta ditambah dengan lapisan belt yang terbuat dari kawat ataupun benang tekstil yang kuat.

Dan juga pusat panas dari gesekan ban dan jalan akan terpusat pada kiri maupun kanan ban radial tersebut sehingga ban tipe radial ini kurang bagus digunakan untuk kendaraan yang bermuatan berat seperti truk dan tronton.

Ban tipe RFT ( Run Flat Tyre )


Ban tipe RFT memungkinkan kalian mengendarai kendaraan dengan jumlah udara pada ban kalian sedikit bahkan tidak ada udara.

Berbeda hal dengan ban tipe lain yang mana jika ban kalian bocor maka sangat riskan kalian dapat kecelakaan , hal ini tidak berlaku jika kalian menggunakan ban tipe RFT yang mana kalian masih bisa stabil melakukan manuver bahkan dengan  kondisi ban tidak ada udara di dalamnya.

Walaupun ban RFT mempunyai harga yang terbilang menguras kantung kalian tapi kegunaannya sesuai dengan harga nya bukan.

Ban tipe tubeless


Ban tubeless adalah ban yang tidak menggunakan ban dalam akan tetapi daya tahan untuk menampung udaranya tidak dapat diragukan lagi walaupun tertusuk benda tajam disebabkan ban tubeless mempunyai tread dan liner yang dapat mencengkeram kuat benda tajam yang menusuk ban tersebut.

Hal ini juga yang membuat ban tipe tubeless ini semakin populer dan marak digunakan pada masyarakat kita.

Ban tipe bias


Ban bias atau bisa dibilang ban yang standar dipakai yang mana ban bias sendiri terbuat dari  susunan lembaran cord yang membentuk struktur ban tersebut sehingga saat ban menggesek jalan raya maka panas ban tersebut akan berpusat ditengah ban.

Mungkin itu saja bahasan kita kali ini mengenai ban semoga bermanfaat untuk kalian dan terima kasih telah berkunjung.