kegunaan karburator dan jenis - jenis karburator - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kegunaan karburator dan jenis - jenis karburator

Navigasi Info - kendaraan bermotor telah umum dan biasa kita gunakan hampir dari kita rata memilikinya terutama kendaraan  roda 2 atau sepeda motor.

Untuk mengoperasikan kendaraan bermotor sudah pasti kita memerlukan bahan bakar yang mana berfungsi untuk diubah menjadi energi penggerak kendaraan tersebut, salah satu komponen terpenting dalam kendaraan untuk melancarkan fungsi tersebut ialah dengan menggunakan karburator.

Fungsi karburator 


Karburator adalah sebuah komponen atau sparepart kendaraan yang berfungsi untuk menggabungkan bahan bakar dengan udara yang di atur takarannya sedemikian rupa sehingga mudah dibakar menjadi uap untuk menggerakkan kendaraan.

Dalam arti sederhananya karburator berfungsi untuk mengatur takaran udara dan bahan bakar pada kendara sehingga mempermudah pengapian dalam pembakaran bahan bakar.

Komponen karburator 


Karburator sendiri terdapat banyak komponen untuk bisa menjalankan fungsinya tersebut setiap sparepare/komponennya memiliki kegunaan masing-masing yang akan kita jabarkan sebagai berikut :

Float Chamber 

Float Chamber atau sering disebut mangkuk pelampung karburator yang mana berfungsi untuk menampung bahan bakar ( bensin ) sementara dari tanky bahan bakar motor yang nantinya akan di campur dengan udara menuju pengapian motor untuk dibakar menjadi uap / gas 

Floater

Floater atau pelampung berguna untuk mengatur takaran bahan bakar di dalam float Chamber agar sesuai dengan standar yang kita inginkan sehingga bahan bakar pada float Chamber tidak melebihi batas yang mengakibatkan bahan bakar banjir keluar dari karburator.

Needle valve

Needle valve atau sering disebut juga jarum katup pelampung karburator berfungsi untuk buka tutup bahan bakar yang berada pada tanky kendaraan agar mencukupi kebutuhan bahan bakar pada float Chamber.

Throttle Valve

Throttle Valve ( katup gas ) berguna untuk mengatur takaran bahan bakar dan udara yang nantinya akan dibakar pada tempat pembakaran kendaraan sehingga bahan bakar dapat berubah menjadi uap ( gas )

Pegas katup gas

Pegas katup gas berfungsi untuk mengatur buka tutup bahan bakar dan udara yang mana saat kita menarik gas pegas katup gas akan terbuka dan jika kita tidak menarik gas maka pegas katup gas akan tertutup.

Slow jet / pilot jet

Pilot jet atau slow jet berfungsi untuk mengatur serta mengontrol aliran bahan bakar pada karburator dengan sistem putaran rendah dan sistem putaran tinggi.

Slow jet inilah yang sering kita setting untuk mengontrol aliran bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan dan standar bahan bakar yang diperlukan karburator .

Main jet / spuyer utama

Spuyer utama atau main jet fungsi sebenarnya sama hal dengan slow jet ( pilot jet ) yang mana untuk mengatur dan mengontrol aliran bahan bakar akan tetapi main jet mengatur pada sistem putaran sedang dan pada sistem putaran tinggi.

Jarum skep ( jet needle ) 

Jet needle memiliki fungsi untuk mengatur takaran bahan bakar dan udara yang akan melalui main jet dengan cara mengatur ukuran lubang pada needle jet ketika motor digas.

Needle jet

Needle jet berfungsi untuk mengatur besar kecil lubang yang terhubung pada bagian venturi saat throttle Valve melakukan pembukaan makan ukuran pada lubang needle jet akan berubah tergantung dari bukaan throttle Valve.

Slow air jet 

Slow air jet berfungsi untuk mengatur campuran udara dengan bahan bakar saat terjadinya putaran stasioner atau putaran rendah tak jauh berbeda dengan slow jet yang mana mengatur campuran bahan bakar pada saat sistem putaran rendah akan tetapi slow air jet mengatur udaranya pada saat sistem putaran rendah.

Main air jet

Main air jet memiliki fungsi untuk mengatur campuran udara saat motor dalam sistem putaran sedang dan sistem putaran tinggi yang sangat berpengaruh untuk bahan bakar yang akan melalui main jet.

Pilot screw

Pilot screw atau air scruw yang mana berfungsi untuk mengatur jumlah udara dan juga bahan bakar saat akan melalui oriface 

Jenis-jenis karburator motor


Jenis-jenis karburator ada banyak macamnya jika kita tinjau dari katup gas maka kaburator terdapat beberapa jenis berikut ini :

  1. Karburator TMX
  2. Karburator TM
  3. Karburator PWL
  4. Karburator PWK
  5. Karburator PJ
  6. Karburator PE

Jika karburator ditinjau dari perbedaan venturi maka terdapat 3 jenis kaburator motor yaitu sebagai berikut :

  1. Karburator venturi tetap
  2. Karburator venturi berubah - ubah
  3. Karburator kecepatan konstan 

Jenis-jenis karburator mobil


Karburator mobil pun terdapat beberapa jenis yang berbeda sama halnya dengan karburator motor jika kita tinjau dari perbedaan venturi nya karburator di bagi atas 3 jenis juga yaitu :

  1. Karburator air Valve
  2. Karburator fixed venturi
  3. Karburator variabel venturi

Jenis-jenis karburator mobil juga dapat kita bedakan berdasarkan barel nya yang mana sebagai berikut :

  1. Karburator singel barel
  2. Karburator double barel

Tipe karburator mobil juga dibedakan berdasarkan arus masuk dan arus keluar yang mana sebagai berikut :

  1. Karburator arus turun
  2. Karburator arus datar

Itulah sedikit ulasan kita mengenai karburator semoga bermanfaat untuk kalian.