Kekurangan dan Kelebihan Investasi Saham - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Investasi Saham

Navigasi Info - sering kita dengar di media iklan televisi maupun internet mengenai orang - orang yang memperoleh banyak keuntungan dari berinvestasi saham tak jarang pula yang jadi kaya mendadak dari investasi saham ini.

Tapi dari semua informasi tersebut pasti dari kita bertanya-tanya Apa sebenarnya saham tersebut ?

Saham adalah suatu surat berharga yang menyatakan bahwa Sanya pengegang surat saham tersebut bagian dari salah satu pemilik perusahaan tersebut , Dalam arti lain surat saham tersebut sebagai bukti Syah atas kepemilikan bagian perusahaan tersebut.


Dalam arti sederhananya saham merupakan bukti Syah kepemilikan modal pada suatu perusahaan agar dapat beroperasi dan berkembang menjadi lebih besar.

Kelebihan dan kekuranga berinvestasi saham


Lalu dari manakah pemilik saham memperoleh keuntungan dari kepemilikan saham tersebut ?

Keuntungan berinvestasi saham 


Kelebihan maupun keuntungan memiliki saham ataupun berinvestasi saham adalah sebagai berikut :

Medapatkan deviden 


Para pemilik saham akan mendapatkan dividen yang biasanya dilakukan setiap tahunnya nominal uang yang didapat dihitung dari jumlah saham yang di miliki .

Jika kalian masih bingung dengan apa itu dividen jika dengan bahasa sederhananya dividen adalah pembagian hasil dari keuntungan perusahaan untuk para pemegang saham.

Akan tetapi untuk pemberian dividen sendiri sebenarnya merupakan kebijakan suatu perusahaan kepada pemegang saham bukan suatu kewajiban perusahaan tersebut sehingga jika perusahaan tersebut mengalami kerugian atau kebangkrutan perusahaan tidak punya kewajiban memberi deviden.

Selain itu perusahaan juga mempunyai hak tidak memberikan deviden kepada pemilik saham yang masa kepemilikannya belum lama sehingga belum sepenuhnya diakui sebagai pemegang saham.

Mendapatkan capital gain


Pemilik saham juga mendapatkan capital gain dari selisih harga penjualan sahamnya , jika kalian masih belum tahu apa itu capital gain ?

Capital gain adalah keuntungan penjualan saham yang didapat dari selisih harga penjualan saham tersebut , hal ini yang membuat banyak orang yang menjadi kaya dari jual beli saham.

Sebagai contoh saat kalian membeli saham xyz pada bulan Januari  dengan harga Rp 1500 per lembar lalu kalian membeli saham sebanyak 1 lot ( 100 lembar ) maka 100 X 1500 = Rp 150.000 untuk modal awalnya kemudian di bulan Desember harga xyz naik menjadi Rp 3000 perlembarnya kemudian kalian menjualnya maka 100 x 3000 = Rp. 300.000 jadi kalian mendapatkan capital gain sebesar 300.000 - 150.000= Rp 150.000 dari penjualan saham.

Liquiditas yang tinggi


Saham merupakan instrumen investasi yang liquiditas nya yang tinggi sehingga untuk mencairkan dana dalam jumlah besar dapat dilakukan dalam hitungan menit.

Berbeda hal jika kalian berinvestasi property yang mana untuk mencairkan nya agar cepat laku terjual memerlukan proses waktu yang cukup lama serta negosiasi agar menemui kesepakatan .

Berbeda hal dengan saham yang proses jual beli maupun penarikan dananya lebih cepat hal ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri dalam berinvestasi saham kalian dapat melakukan proses jual beli dalam hitungan menit atau pun detik selain itu kalian juga dapat melakukannya di mana pun sebab sekarang telah dapat dilakukan secara live atau online.

Memantau harga saham dapat di lakukan dimana pun


Jika kalian berinvestasi saham dalam memantau harganya sangatlah mudah sebab kalian dapat melihatnya di tv dalam berita ekonomi , surat kabar / koran dan juga di situs online langsung.

Berbeda hal jika kalian berinvestasi di property , emas dan lainnya yang terkadang harus mengecek langsung di lapangan itu pun belum tentu akurat.

Kekurangan Investasi Saham


Disetiap kelebihan pasti juga ada kekurangan tak terkecuali berinvestasi saham yang mana kekurangannya sebagai berikut :

Resiko tinggi


Sudah jadi hukum alam dimana ada keuntungan yang besar pasti pula mempunyai resiko yang besar.

Jika kalian tidak dapat memprediksi perkembangan saham yang akan kalian beli kemungkinan ruginya pun sangat besar , sebab jika salah membeli saham maka dapat dipastikan kalian mengalami kerugian.

Sulit diprediksi


Sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya liquiditas saham sangat lah cepat sehingga pergerakan pasar saham sulit kita prediksi .

Jika kalian tidak dapat mengikuti pergerakan saham dan terlalu bernafsu dalam melakukan proses jual beli saham sangat beresiko sekali dalam berinvestasi saham .

Menyerang psikologis


Sebab berinvestasi saham ini sama dengan seperti investasi bitcoin dan forex yang mana emosional kita ikut bermain di dalam nya.

Hal ini disebabkan oleh mudahnya kita dalam mengakses pergerakan harga saham sehingga psikologis pemain saham terpengaruh oleh hal tersebut ditambah lagi jika kalian bergabung pada komunitas saham dapat dipastikan banyak orang yang saling mempengaruhi 😂😂😂

Kesimpulan


Dalam melakukan investasi kita butuh perencaan dan juga pengaturan emosional dalam melakukan nya sebagai mana pengalaman saya sendiri dari dua hal itu yang paling sulit ialah pengendalian emosional.

Jika kalian dapat melakukan pengendalian emosional dalam artian tahu kapan waktu menjual dan membeli yang tepat ditambah perencanaan yang matang dapat dipastikan kalian akan sukses dalam berinvestasi.

Terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu.