kekurangan dan kelebihan kayu nangka untuk furniture - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kekurangan dan kelebihan kayu nangka untuk furniture

Navigasi Info - pohon nangka adalah salah satu jenis tanaman moraceae dengan nama ilmiah artocarpus heterophyllus jika di luar negeri tanaman nangka disebut jackfruit.
kekurangan dan kelebihan kayu nangka untuk furniture


Yang mana pohon nangka sendiri mampu tinggi mencapai 30 meter dari permukaan tanah tempat ia ditanam dengan diameter batang bisa mencapai 1 meter disertai getah pohon yang berwarna putih dan lengket sulit dilepaskan.

Sedangkan pohon nangka sendiri berasal dari kawasan India dan kemudian menyebar luas dikawasan tropis termasuk Asia tenggara tak terkecuali Indonesia sedangkan pemanfaatan tanaman nangka sendiri dapat kalian baca hasil rangkuman kita dibawah ini :

Manfaat tanaman nangka


tanaman nangka tumbuh subur di kawasan Asia tenggara mempunyai buah yang terasa manis dengan aroma buah yang khas serta digemari oleh beberapa orang termasuk saya juga menyukai rasa dari buah nangka  selain itu beberapa masyarakat lokal memanfaatkan buah mentah nangka untuk di jadikan masakan yang lezat untuk menemani kita menyantap nasi.

Biji buah nangka juga masih bisa diolah menjadi kudapan ringan yang rasanya gurih seperti kacang-kacangan mengolahnya pun cukup mudah kalian dapat merebus , membakar dan menggorengnya sudah dapat di nikmati.

Selain itu getah dari tanaman nangka sering digunakan untuk membuat jeratan burung maupun serangga hal ini disebabkan getah yang dihasilkan dari tanaman nangka sangat lengket dan sulit dilepaskan tak heran getah dari tanaman nangka ini sering digunakan untuk membuat beragam jeratan ( jebakan ).

Baca Juga : kelebihan dan kekurangan kayu mangga


Batang kayu dari pohon nangka biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia menjadi olahan kayu pembuatan furniture ataupun rangka bangunan seperti kusen , balok penyangga dan sertuktur rumah.

Dari kualitas kekuatan kayu nangka sendiri termasuk kayu yang kuat dan awet sedangkan untuk kekuatan serta ketahanan ataupun keawetan masuk jajaran kelas awet dan kuat rank ke 2.

Kekurangan kelebihan kayu nangka 


Untuk kelebihan serta kekurangan kayu nangka sendiri telah kita rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut :

Kelebihan kayu nangka


Kayu nangka sendiri mempunyai kelebihan yang jarang dimiliki oleh kayu lain dan menarik untuk kita ulas bersama sebagai berikut :

Mempunyai corak kayu yang khas 


Corak kayu dari pohon nangka mempunyai warna kuning cerah yang menarik untuk dilihat dengan serak kayu halus serta khas hanya dimiliki kayu nangka yang berkesan eksotis  sehingga tidak heran jikalau kayu nangka ini banyak diminati orang.

Selain itu untuk membuat corak warna kayu nya timbul cukup di serut dengan mesin penyerut kayu saja sudah dapat mengeluarkan corak kayu yang indah.

Hal ini menyebabkan batang kayu nangka sering diburu mengakibatkan pohon nangka sudah sulit kita temui di lapangan tidak seperti dulu.

Kayu nangka tahan terhadap berbagai serangan rayap , jamur maupun tikus.


Kayu nangka sendiri termasuk kayu yang mempunyai aroma yang tidak disukai oleh tikus sehingga jika kalian membuat lemari dari bahan dasar kayu nangka pakaian kalian aman dari serangan tikus.

Dan juga kayu nangka menghasilkan getah atau resin alami yang membuat rayap dan jamur tidak mau menyerangnya hal ini juga yang membuat orang memburu kayu nangka sehingga sekarang sulit kita jumpai.

Kayu nangka termasuk kayu yang kokoh dan awet


Kayu nangka termasuk kayu yang berkelas dengan kualitas ketahanan kayu dengan rank ke 2 serta dengan kekuatan kayu rank ke 2.

Sehingga olahan dari kayu nangka tak masalah untuk di letakan beban yang berat serta dapat diletakan di outdor maupun indor hal ini juga mengakibatkan kayu ini disukai oleh pencinta olahan kayu.

Mudah di olah menjadi apa pun serta mudah dalam finishing nya 


Dalam pengolahan kayu nangka termasuk mudah dilakukan dan juga untuk menghasilkan corak kayu yang indah pun cukup di serut saja hal ini membuat kayu nangka bagus untuk membuat furniture dengan gaya klasik .

Selain itu untuk finishing atau pun pengecatan termasuk tidak sulit disebabkan daya serap kayu nangka termasuk bagus dalam menyerap cat .

Harga kayu termasuk lebih murah jika dibandingkan kayu kuat lainnya.


Harga kayu nangka sendiri termasuk salah satu kayu kuat yang harganya lebih murah dibandingkan kayu kuat lain seperti kayu jati , mahoni dan lainnya.

Kekurangan kayu nangka


Dari kelebihan diatas itu kayu nangka juga mempunyai kelemahannya pula yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut :

Kayu nangka sudah sulit didapat 


Kayu nangka termasuk sudah sulit di dapat disebabkan Pohon nangka saat ini sudah banyak ditebang masyarakat diakibatkan banyak diburu untuk dijadikan furniture atau pun rangka bangunan lainnya.

Butuh waktu lama untuk memanen kayu nya


Pohon nangka termasuk memerlukan waktu cukup lama untuk memanen agar menghasilkan kayu yang berkualitas untuk dijadikan olahan kayu maupun furniture.

Yang mana batang pohon kayu nangka memerlukan waktu belasan sampai puluhan tahun baru bisa di panen.

Harga kayu nangka


Harga kayu nangka pada tahun 2020 saat ini dapat kalian lihat pada tabel diatas harga tersebut dapat berubah sewaktu - waktu setidak nya dapat menjadi patokan harga untuk gambaran kalian saat membeli maupun menjualnya 

Itulah hasil ulasan kita jika kalian ingin menambahkan tentang kayu nangka dapat berkomentar dibawah terima kasih telah berkunjung dan semoga sukses.