kekurangan dan kelebihan kayu Ulin untuk furniture - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kekurangan dan kelebihan kayu Ulin untuk furniture

Navigasi Info - tanaman Ulin merupakan tanaman yang batang pohonnya dimanfaatkan untuk berbagai olahan kayu yang menghasilkan kayu dengan kualitas unggulan yang mana tingkat kekuatan serta keawetannya nomor 1.

kekurangan dan kelebihan kayu Ulin untuk furniture
kayu Ulin


Pohon Ulin sendiri tumbuh dikawasan Indonesia tepatnya di daerah Sumatra , Kalimantan dan Sulawesi dengan kekuatan kayu sangatlah keras tak heran beberapa daerah menamai kayu Ulin dengan sebutan kayu besi dan beberapa daerah menyebut kayu Ulin dengan sebutan kayu Erere .

Tanaman Ulin sendiri masuk dalam kelompok tanaman lauraceae yang mana pohon kayu Ulin ketinggiannya bisa mencapai tinggi maksimal hingga 40 meter dari tanah dengan diameter batang bisa mencapai 2 meter.

Jenis - jenis kayu ulin


Variasi tanaman Ulin untuk saat ini telah di ketahui mempunyai empat variasi tanaman Ulin yang berbeda yaitu sebagai berikut :

Tanaman Ulin lilin

Pohon kayu Ulin lilin mempunyai ciri khas yang membedakan dengan tanaman kayu Ulin lain yaitu batang pohon kayu Ulin lilin mempunyai warna gelap kecoklatan 

Tanaman kayu Ulin Tando

Pohon kayu Ulin Tando mempunyai ciri khas yang membedakan dengan tanaman kayu Ulin lain terdapat pada warna batang kayu Ulin Tando yang berwarna coklat kemerahan .

Tanaman kayu Ulin kapur

Pohon kayu Ulin kapur mempunyai ciri khas yang membedakan dengan tanaman kayu Ulin lain terdapat pada warna batang kayu Ulin kapur yang berwarna coklat muda.

Tanaman kayu Ulin tembaga

Pohon kayu Ulin Tembaga mempunyai ciri khas yang membedakan dengan tanaman kayu Ulin lain terdapat pada warna batang kayu Ulin tembaga yang berwarna kekuningan.

Dari semua variasi kayu Ulin diatas kayu Ulin Tando lah yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat karena kayu Ulin Tando lebih mudah dibentuk disebabkan kayu Ulin Tando lebih lunak dari 3 jenis tanaman kayu Ulin lain dan juga variasi tanaman kayu Ulin Tando lebih banyak dari jenis kayu Ulin lain .

Pemanfaatan kayu Ulin


Kayu Ulin dikenal dengan kekuatan dan keawetan kayu nya sehingga tak jarang kayu ini sering digunakan untuk pembuatan rumah dan furniture.

Tiang kayu rumah yang terbuat dari kayu Ulin sangat kuat dan awet sekali sampai ratusan tahun walaupun terendam air dan juga di letakan diluar ruangan kayu ini tidak akan terserang jamur maupun rayap .


Kayu Ulin termasuk salah satu kayu yang tahan air yang mana direndam sampai ratusan tahun kayu Ulin tidak mengalami pelapukan hal inilah yang membuat kayu Ulin termasuk dalam jenis kayu kualitas premium.

Lemari , meja , kursi , dipan , kusen , ukiran maupun rumah yang terbuat dari kayu Ulin sangat lah indah dan juga kuat dalam segi keawetan tidak usah diragukan lagi sehingga tak heran saat dahulu tepatnya jaman penjajahan tiang listrik , rel kereta , jembatan bahkan perahu / kapal laut terbuat dari kayu Ulin.

Tak jarang juga beberapa orang memanfaatkan kayu Ulin untuk dijadikan asasoris maupun perhiasan seperti kalung , cincin maupun gelang terbuat dari olahan kayu Ulin yang telah membatu hal ini juga beberapa orang menyebut kayu Ulin dengan naman kayu koka lokal ( Indonesia ).

Kelebihan dan kekurangan kayu Ulin


Kayu Ulin banyak sekali kelebihannya dibandingkan dengan kayu lain walaupun seperti itu kayu Ulin juga memiliki kekurangannya yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut :

Kelebihan kayu Ulin 


Kayu Ulin termasuk kayu yang sangat berkualitas bisa dibilang kayu premium yang terdapat di Indonesia oleh sebab itu kita telah survey dilapangan sehingga mendapatkan beberapa fakta keunggulan kayu Ulin sebagai berikut :

Kayu Ulin merupakan kayu yang awet dan kuat


Sebagai mana telah umum diketahui masyarakat kayu Ulin termasuk salah satu kayu yang kuat serta awet dengan tingkat keawetan dan kekuatan masuk dalam golongan kayu ranking pertama.

Sedangkan di Indonesia sendiri kayu Ulin termasuk kayu yang spesial bisa dibilang premium bila dilihat dari kualitas kayunya.

Kayu Ulin tahan terhadap air


Kayu Ulin salah satu kayu yang kuat terhadap air walaupun direndam dengan air laut sekalipun kayu Ulin tidak mengalami kelapukan .

Kayu Ulin semakin lama dapat keras seperti batu berbeda dengan jenis kayu lain hal ini juga yang menjadikan kayu Ulin pada dahulu sering dijadikan bahan dasar kapal laut ataupun perahu.

Kayu Ulin tahan rayap dan jamur


Kayu Ulin termasuk salah satu kayu yang tahan terhadap rayap dan jamur hal ini disebabkan kayu Ulin mengandung minyak serta resin alami seperti kayu jati. 

ditambah lagi kekerasan kayu ulin membuat jamur maupun rayap tidak mau menyerangnya.

Kayu Ulin termasuk kayu yang kuat serta kokoh


Kayu Ulin termasuk kayu kuat dan kokoh sebab kayu Ulin sangatlah keras sehingga sulit untuk dipaku walaupun seperti itu kayu Ulin mudah untuk dibelah.

Dalam segi kekuatan kayu Ulin termasuk kayu unggulan sehingga tak usah diragukan lagi.

Kekurangan kayu Ulin


Dari kelebihan diatas kayu Ulin juga mempunyai kekurangan yang mana akan kita jabarkan sebagai berikut

Kayu Ulin memerlukan teknik pengolahan kayu yang mumpuni


Dalam pemanfaatan kayu Ulin untuk jadi olahan kayu seperti furniture , rumah , ukiran kayu dan lainnya.

Harus mempunyai teknik olahan kayu yang mumpuni sebab kayu ini sulit untuk di paku sehingga tak jarang masyarakat sering menggunakan pasak maupun baut untuk membentuknya menjadi berbagai perabotan dari olahan kayu Ulin ini.

Kayu Ulin termasuk kayu yang terancam punah


Kayu Ulin sendiri sulit sekali kita dapati hal ini disebabkan jumlah kayu Ulin di hutan memanglah sudah jarang bahkan bisa dibilang sudah terancam punah.

Sehingga jika kalian ingin memanfaatkan kayu Ulin kalian harus memenuhi beberapa prosedur yang diberikan negara tentang pemanfaatan kayu hutan dan juga pelestarian flora dan fauna yang terancam punah.

Harga kayu Ulin


Harga kayu ulin
Harga kayu ulin

Untuk harga kayu Ulin sendiri saat ini pada tahun 2020 dapat kalian lihat pada gambar diatas harga diatas dapat berubah sewaktu - waktu ditambah lagi walaupun ada daftar harganya belum tentu dilapangan kalian bisa mendapatkannya hal ini disebabkan kayu Ulin memanglah kayu yang langka walaupun seperti itu data diatas dapat menjadikan gambaran harga standar kayu Ulin itu sendiri sehingga dapat dijadikan patokan untuk kalian membeli maupun menjual kayu Ulin.

Itulah pembahasan kita mengenai kayu Ulin jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung sukses selalu untuk kita semua.