kelebihan dan kekurangan bambu untuk furniture - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kelebihan dan kekurangan bambu untuk furniture

Navigasi Info - Tanaman Bambu salah satu tanaman yang tumbuh subur di kawasan Afrika dan Asia tak terkecuali negara kita Indonesia tanaman bambu memiliki 20 spesies tanaman bambu yang 16 spesiesnya terdapat di Asia dan 4 spesiesnya terdapat di afrika.

kelebihan dan kekurangan bambu untuk furniture


Bambu adalah sejenis tanaman ilalang yang berongga dengan tekstur batang yang keras dimana setiap tunasnya tumbuh didekat batangnya sama seperti tanaman pisang ditambah lagi bambu termasuk tanaman yang tumbuh sangat cepat untuk memanen batang bambu hanya perlu waktu 3 tahun saja 

Hal ini membuat tanaman bambu dapat dimanfaatkan untuk alternatif pembuatan furniture sebab jumlah kayu semakin langka untuk di dapat apa lagi masyarakat Indonesia khususnya suku Sunda telah memanfaatkan tanaman kayu untuk berbagai keperluan furniture , bangunan , alat musik dan konsumsi sudah dari ratusan tahun.

Pemanfaatan Tanaman Bambu


Sebenarnya tanaman bambu termasuk salah satu tanaman yang setiap bagiannya dapat kita manfaatkan antara lain sebagai berikut :

Kegunaan Daun bambu

Daun bambu sendiri memanglah jarang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang akan tetapi di beberapa daerah menggunakan daun bambu untuk dijadikan obat herbal atau lebih tepatnya teh yang mana dipercaya dapat mengobati diabetes ataupun menurunkan kadar gula pada tubuh hal ini disebabkan kandungan serat dalam daun bambu sangatlah tinggi.

Tapi yang pastinya daun bambu dimanfaatkan kebanyakan orang untuk pemberian makan hewan panda di kebun binatang sebagaimana kita ketahui daun bambu dan ranting bambu sangatlah gemari oleh panda.

Tunas bambu ( rebung )

Tunas bambu atau sering orang kita sebut rebung merupakan salah satu bahan pembuatan sayuran yang digemari oleh masyarakat Asia seperti cina , Korea , Jepang , Thailand , Malaysia , tak terkecuali Indonesia.

Di Indonesia sendiri sering kita temui sayuran terbuat dari tunas bambu ( rebung ) saat kita membeli sayur lontong biasanya sayur di dalam lontong tersebut sering ditambahkan dengan rebung yang mana menambah selera makan kita tekstur renyah dan sedikit kenyal seperti memakan pucuk batang kelapa atau kabing kalau di tempat saya bilang mah.

Akar bambu

Akar bambu memang jarang juga dimanfaatkan orang akan tetapi di beberapa daerah akar bambu sering digunakan untuk pembuatan ukiran sebagai bahan pengganti kayu .

Hasil ukiran dari bahan kayu sangatlah kuat dan juga bernilai seni tinggi tak jarang harganya sangat mahal jika telah menjadi ukiran yang indah saya berani jamin kalian tak akan menyesal membeli ukiran tersebut .

Batang bambu

Batang bambu sudah umum digunakan masyarakat kita untuk pembuatan furniture bahkan kerangka bangunan dan juga antena televisi .

Di Banten dan Jawa barat kalian akan mudah sekali menemukan bangunan atau furniture dari bahan bambu yang mana lebih terlihat eksotis sekaligus bangunan yang terbuat dari bambu salah satu bangunan yang tahan terhadap guncangan ( gempa bumi ) hal ini dapat menjadi pertimbangan kalian jika ingin membuat rumah atau bangunan yang daerahnya rawan terjadi gempa bumi.

Batang bambu juga dibeberapa perusahaan plywood telah mencoba memanfaatkan bambu menjadi plywood ( kayu lapis / triplek ) salah satunya perusahaan PT. SGS yang mana mereka membuat plywood dari bahan bambu. 

Plywood tersebut sangatlah kuat kalian tidak dapat menggunakan paku untuk membentuknya tapi menggunakan baut dan bor untuk menjadikannya furniture atau bahan bangunan dari kualitas dapat dijamin hampir sama bahkan lebih baik dari kayu solid.

Kekurangan dan kelebihan bambu untuk pembuatan furniture


Dari penjabaran diatas dapat kita simpulkan bahwa setiap bagian dari tanaman bambu dapat kita olah serta manfaatkan menjadi berbagai produk yang bermanfaat bagi manusia selain itu sebagai bahan alternatif pengganti kayu yang mana kian tahun semakin sulit kita peroleh.

Kelebihan bambu untuk furniture

Oleh sebab itu kita akan mengulas bagaimana kekurangan dan kelebihan bambu jikalau dibuat menjadi bahan dasar pembuatan furniture sebagaimana telah kita rangkum sebagai berikut :

Harga bambu lebih murah dari kayu

Untuk soal harga bahan dasar terbuat dari bambu sangatlah jauh lebih murah jika kalian bandingkan dengan harga kayu sebagai gambarannya untuk satu batang bambu kalian beli di material dekat rumah kalian palingan Rp 8.000 - Rp 15.000 untuk bambu yang panjangnya 8 meter.

Jauh lebih murahlah jika dibandingkan kalian musti membeli kayu apa lagi jika kalian membeli batang bambu langsung dari petani yang mana mendapatkan potongan harga yang lebih murah dari harga yang kalian beli dimaterial.

Mudah didapat 

Tanaman bambu lebih mudah didapat jika dibandingkan dengan kayu hal ini tidaklah mengherankan sebab waktu untuk memanen bantang bambu yang sangat singkat yaitu kisaran 3 sampai 5 tahun untuk mendapatkan batang bambu yang berkualitas.

Dalam arti lain bambu lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan kayu yang memerlukan waktu puluhan tahun untuk dapat dipanen serta mengembalikan ekosistem hutan yang lambat laun semakit tergerus oleh penebangan liar.

Lebih lentur dan mudah dibentuk 

Sebagai mana kita ketahui tekstur bambu lentur membuatnya mudah dibentuk untuk model bangunan yang memerlukan tikangkat lengkungan ektrim hal ini juga yang membuat bambu menjadi salah satu bahan bangunan anti gempa.

Selain itu bambu juga kuat untuk menahan beban yang lumayan berat tidak heran beberapa pengrajin khususnya di wilayah membuat berbagai perabotan atau furniture seperti kursi , meja , lemari dan sebagainya yang terbuat dari bambu.

Mudah dipindahkan 

Bobot bambu yang ringan membuatnya mudah dipindah-pindah tidak seperti bahan lain yang mana bobotnya sangat berat terkadang kita kesulitan untuk memindahkannya serta memerlukan beberapa orang untuk mengangkatnya.

Berbeda hal dengan bambu yang ringan satu orang pun dapat memindahkannya tidak musti memanggil orang lain untuk memindahkannya.

Lebih terlihat berseni dan eksotis

Bangunan dan furniture yang terbuat dari bambu terlihat lebih artistik atau berseni serta tampilannya sangat mengesankan eksotis.

Jika furniture kalian terbuat dari bambu dapat dipastikan mampu membuat dekorasi interior ruangan kalian terlihat eksotis dan artistik menjadi jauh lebih indah.

Kekurangan bambu untuk furniture

Kita sudah membahas kelebihannya diatas maka saat ini kita akan mengulas kekurangannya juga yang mana telah kita rangkum berbagai kekurangan bambu untuk furniture sebagai berikut :

Perlu teknik khusus untuk mengolahnya

Walaupun bambu mudah dibentuk disebabkan teksturnya yang lentur akan tetapi batang bambu juga memiliki kesulitan khusus dalam menyambungnya.

Karena untuk menyambung bagian bambu biasanya menggunakan ikatan ataupun menggunakan pasak yang mana memerlukan kemampuan yang mumpuni sebab jika menggukan paku malahan ikatannyan kurang kuat atau mudah lepas dari sambungan.

Mudah lapuk dan terbakar

Sebagaimana kita ketahui bahwa bambu merupakan tanaman yang berongga hal ini membuatnya tidak kuat terkena air maupun api jadi sangat tidak disarankan jika membuat furniture yang akan diletakan di outdor itu akan membuatnya mudah lapuk.

Selain itu  bambu yang berongga sehingga setiap sisinya menjadi tipis membuat bahan yang terbuat dari bambu mudah sekali terbakar berbeda hal dengan kayu yang masih memerlukan waktu lama untuk ia terbakar habis.

Tidak kuat jamur dan rayap

Furniture yang berbahan dasar bambu mudah sekali terkena jamur maupun dimakan oleh rayap.

untuk saat ini hal seperti jamur dan rayap sudah bisa kita atasi sebab sudah banyak obat untuk mengatasi jamur maupun rayap.

Biaya perawatan lebih tinggi 

Dari diatas sudah kita ketahui bahwa bahan furniture yang terbuat dari bambu banyak musuhnya seperti rayap, jamur , air dan api .

Sehingga untuk perawatannya memerlukan biaya lebih seperti obat rayap , jamur dan obat pengawet kayu hal ini menyebabkan biaya perawatannya cukup tinggi walaupun kita sedikit ringan dalam dalam pembelian bahan dasarnya ( bambu ).

Harga bambu

Untuk harga bambu kalian dapat lihat data harga diatas yang mana data itu keluar pada tahun 2020 dari data harga diatas dapat menjadi perbandingan kalian untuk menjual ataupun membeli bambu walaupun harganya dapat berubah sewaktu-waktu.

Itulah ulasan kita kali ini mengenai kekurangan dan kelebihan bambu untuk furniture semoga bermanfaat untuk kalian terima kasih telah berkunjung.