kelebihan dan kekurangan mesin las Listrik Inverter - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kelebihan dan kekurangan mesin las Listrik Inverter


Navigasi Info - mesin las adalah suatu mesin atau alat yang digunakan untuk menyambung 2 buah benda logam atau lebih menjadi  satu kesatuan bangunan logam yang kita inginkan.

Tak heran dari fungsinya tersebut mesin las sangat umum digunakan di masyarakat baik itu untuk pengerjaan proyek maupun industri manufaktur tak terkecuali bagi usaha bengkel rumahan.

Perinsip kerja mesin las


Seorang welder ( tukang las ) hampir setiap hari melakukan Pekerjaan welding ( pengelasan ) yang mana sangat bergantung sekali dengan mesin las untuk mengerjakan Perkerjaan mereka.

Mesin las sendiri mempunyai perinsip kerja untuk menyambungkan logam dengan cara melelehkan kawat las / elektroda dan media logam yang akan disambung sampai suhu tertentu sehingga media logam dan juga kawat las tersebut terekat menjadi satu kesatuan bangunan logam yang kita inginkan.

Walaupun dewasa ini ada juga mesin las yang tidak mengunakan elektroda tapi secara umum perinsip kerja nya masih sama yaitu melelehkan media logam tersebut sehingga dapat di rekatkan menjadi satu kesatuan bangunan yang terbuat dari logam.

Sedangkan untuk mesin las yang paling umum digunakan oleh masyarakat ialah mesin las listrik inverter disebabkan selain harga mesin las listrik inverter jauh lebih murah dari mesin las tipe lain mesin las listrik inverter juga mudah di bawah kemana - mana dikarenakan ukurannya yang kecil serta ringan tak jarang masyarakat umum menyebut mesin las inverter dengan nama mesin las portable .

Kekurangan dan kelebihan mesin Las Inverter


Untuk kelebihan maupun kekurangan mesin las inverter antara lain sebagai berikut :

Kelebihan mesin las listrik inverter


Untuk kelebihan mesin las listrik inverter dibandikan dari mesin las listrik konvensional antara lain sebagai berikut :

Lebih hemat listrik

Mesin las listrik inverter sendiri merupakan upgrade ( pengembangan ) dari mesin las listrik konvensional yang mana hanya menggunakan trafo atau koil saja hal itu membuat menghabiskan daya listrik secara tidak efektif atau boros.

Berbeda hal dengan mesin las listrik inverter atau portable yang mana hanya menggunakan arus listrik lebih sedikit akan tetapi daya yang dihasilkan jauh lebih besar sebab terdapat inverter di dalamnya sehingga dapat mengatur frekuensi listrik kurang lebih 18-100Khz sehingga daya yang dihasilkan jauh lebih besar.

Untuk lebih jelas tentang sistem dan prinsip kerja inverter kalian dapat membacanya dengan mengklik link disini.

Mudah dibawa 

Untuk mesin las listrik inverter sendiri memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari mesin las lainnya hal ini disebabkan karena mesin las listrik inverter menggunakan transformator ( trafo ) yang ukuran nya kecil .

Hal ini lah yang membuat mesin las listrik inverter sering di sebut dengan mesin las porteble.

Kekurangan mesin las inverter


Dari kelebihan di atas Mesin las listrik inverter juga tak luput dari kekurangannya antara laim sebagai berikut.

Mudah cepat panas

Mesin las inverter menggunakan trafo ( koil ) yang ukurannya jauh lebih kecil dari mesin las listrik konvensional membuat nya mudah panas jika digunakan dalam waktu lama sehingga kalian harus mengistirahatkannya terlebih dahulu.

Walaupun sebenarnya kalian dapat mengakalinya dengan menambakan kipas pendingin didalamnya akan tetapi melakukannya cukup sulit disebabkan body nya yang kecil dan ngepress sehingga kalian harus sedikit memodifikasinya.

Tidak dapat sering-sering menggunakan kawat las ukuran yang besar

Disebakan mesin las inverter mudah panas hal itu membuat mesin las listrik inverter kurang baik jika melakukan pengelasan menggunakan ukuran kawat las yang besar.

Sebagai mana kita ketahui untuk melelehkan kawat las yang besar memakan daya listrik dan ampare listrik yang besar juga hal itu membuat trafo pada mesin las terbebani serta cepat panas.

Harga mesin las listrik Inverter


Untuk harga mesin las listrik inverter kurang lebih seharga Rp. 500.000 an dipasaran dapat kalian lihat pada gambar diatas yang mana kita ambil pada tahun 2020 walaupun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan juga tergantung merk mesin las listrik yang akan kalian beli akan tetapi itu dapat menjadi patokan harga kalian untuk membeli mesin las listrik inverter atau mesin las listrik porteble.

Itulah sedikit ulasan kita tentang mesin las listrik inverter terima kasih telah mengunjungi blog kami jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah.