Kelebihan dan kekurangan plywood serta pemanfaatan nya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan plywood serta pemanfaatan nya

Navigasi Info - Indonesia terkenal akan olahan kayu seperti furniture , bahan bangunan serta karya seni dari olahan kayunya yang mendunia dan juga salah satu negara penghasil kayu yang berkualitas .

Kelebihan dan kekurangan plywood serta pemanfaatan nya
Kelebihan dan kekurangan plywood serta pemanfaatan nya

Hal ini membuat perusahaan asing untuk tertarik berinvestasi dalam perusahaan pembuatan plywood di beberapa kawasan Indonesia .

Plywood sendiri telah lama dikenal di Indonesia dimanfaatkan dalam membuat berbagai bangunan dan juga furniture orang Indonesia sendiri lebih mengenal plywood dengan sebutan triplek .

Tapi untuk spesifik nya plywood adalah susunan dari lembaran - lembaran kayu yang direkatkan dan di produksi secara manufaktur atau dapat dibilang dibuat dengan jumlah banyak dengan sistem produksi industri serta memanfaatkan mesin - mesin pengolahan kayu industri yang canggih dan bersekala besar .

Untuk bagian plywood sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu:

Veneer  


Veneer adalah bagian dalam plywood yang ukuranyan lebih tebal dan juga permukaan nya lebih kasar berbanding terbalik dengan faceback.

Faceback


Faceback adalah bagian luar plywood ( cover ) yang mana ukurannya tipis serta permukaannya lebih halus dari Veneer


Pemanfaatan plywood


Plywood atau triplek sendiri ada banyak size dengan ketebalan dan ukuran lebar yang berbeda tergantung pesanan serta keinginan konsumen yang memesan pada perusahaan tersebut jadi tidak hanya berukuran tipis seperti kita temui di toko material yang sering orang Indonesia sebut triplek.

Karena bervariasi ukuran tersebut plywood dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bangunan sebagai pengganti kayu solid  tak jarang juga para pengrajin furniture membuat furniture mereka menggunakan plywood seperti pembuatan lemari , kursi , meja , dan lainnya.

Selain itu plywood juga dimanfaatkan beberapa perusahaan alat musik untuk membuat meja piano yang mana dari segi ukuran sangat membantu dan mempermudah membentuknya serta dalam segi kualitas tak kalah jauh dari kayu solid .

Kelebihan dan kekurangan plywood


Setiap kayu pasti ada kelebihan maupun kekurangan tak terkecuali kayu buatan seperti plywood ini oleh sebab itu kita telah merangkum nya dari berbagai sumber sebagai berikut :

Kelebihan plywood


Walaupun plywood ( triplek ) kayu buatan akan tetapi plywood juga banyak ke unggulan seperti berikut :

Ukuran yang tertata dan sesuai kebutuhan yang kita inginkan


Sebagai mana yang kita ketahui bahwa Sanya plywood sendiri kayu buatan industri pabrikan sehingga ukuran ketebalan serta kelebarannya dapat kita pesan sesuai dengan yang kita inginkan berbeda hal dengan kayu solid yang mana tergantung dengan ukuran kayu glondongan nya sehingga kita tidak bisa seenaknya menentukan ukurannya .

Lebih simpel untuk di bentuk 


Dikarena ukuran plywood  ketebalan serta kelebaran dapat kita tentukan sesuai pesanan dan juga yang disediakan oleh perusahaan pun memang ukurannya sudah besar .

Sehingga itu sangat mempermudah para pengrajin furniture untuk mengolah dan membentuknya menjadi berbagai macam perabotan dan juga furniture .

Tahan terhadap berbagai kondisi


Furniture yang terbuat dari bahan dasar plywood tahan terhadap jamur dan rayap yang mana plywood sendiri telah diolah dengan berbagai bahan kimia Anti rayap dan jamur.

Bahkan ada juga plywood yang tahan api yang mana plywood tersebut dilapis cairan tertentu sehingga tahan terhadap api .

Sehingga dapat dibilang plywood dapat tahan diberbagai cuaca maupun kondisi 

Corak kayu bervariasi dan dapat ditentukan


Corak kayu pada plywood sendiri tergantung pada faceback yang mana kita dapat menentukannya ingin memakai faceback ( cover ) dari bahan kayu yang corak kayunya kita inginkan.

Kokoh 


Furniture dari bahan plywood termasuk kokoh sebab tingkat kekerasan kayunya mantap dan bisa dibuat dari ukuran dan teknik penyusunan pada veneer nya.

Selain itu beberapa perusahaan bahkan membuat plywood yang veneer nya berbahan dasar bambu yang mana kekerasan dan kekuatannya terjamin sehingga kalian harus menggunakan bor dan baut untuk merangkainya .

Perusahaan yang membuat plywood dengan veneer dari terbuat dari bahan bambu yang pernah saya lihat ialah PT SGS ( sumber graha sejahtera ) Tangerang .

Harga lebih murah dari kayu solid


Dari segi harga tentu jauh lebih murah dari kayu solid dan juga jika kalian dapat mengolah dan memperindah furniture tersebut yang berbahan dasar plywood harga jualnya malah bisa sama dengan furniture yang berbahan dasar kayu solid

Kekurangan plywood 


Dari berbagai kelebihannya pasti ada juga kekurangannya oleh sebab itu kita merangkumnya sebagai berikut:

Sulit dipaku


Plywood sendiri termasuk bahan dasar yang keras sehingga sulit untuk dipaku harus menggunakan paku khusus atau mesin bor serta baut dan mur untuk sebagai pasalnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.