Tips Menabung Meski Penghasilan Pas-pasan - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menabung Meski Penghasilan Pas-pasan

Navigasi Info - Menabung memang suatu kebutuhan yang harus kita penuhi bisa dibilang sangat penting sebab jika kalian tidak memiliki uang simpanan atau tabungan niscaya kalian sulit memenuhi kebutuhan seperti membeli rumah , mobil dan sebagainya.

Tips Menabung Meski Penghasilan Pas-pasan


Atau bahkan jika kalian melupakan hal menabung ini kedepannya akan berat buat kalian sebab inflansi selalu meningkat tanpa ada uang cadangan kalian pasti sulit untuk mencapai keinginan kalian membeli barang yang harganya melebihi pendapatan kalian seperti kebutuhan property hunian untuk keluarga kalian.

Walaupun dewasa ini sudah banyak orang yang menyadari pentingnya menabung akan tetapi banyak kendala untuk melakukannya seperti tidak bisa mengontrol pengeluaran , kurangnya ilmu keuangan , dan memang penghasilan utama mereka sulit memenuhi kebutuhan pokok apa lagi untuk menabung ( pas-pasan )

Tiga hal diatas itu membuat beberapa orang tidak mempunyai tabungan oleh sebab itu kita memiliki beberapa tips yang mungkin dapat membantu permasalahan keuangan kalian dan membuat kalian memiliki uang simpanan dalam arti lain tabungan yang mana tips ini kita dapat dari berbagai analisa dan pengalaman pribadi yang akan kita jabarkan sebagai berikut :

Tips menabung meski dengan penghasilan pas-pasan


Jika kalian ada niat disertai usaha tidak ada yang mustahil dalam artian walaupun penghasilan kalian pas-pasan jika kalian memiliki niat dan usaha pasti bisa melakukannya salah satunya yang dapat kalian lakukan dengan cara mengikuti tips dibawah ini :

Kalian harus tahu mana kebutuhan , keinginan dan gengsi

Hal pertama yang kalian harus ketahui ialah mana kebutuhan , keinginan dan juga gengsi sebab jika kalian belum bisa membedakannya niscaya kalian akan kesulitan.

Salah satu contoh kebutuhan seperti jika kalian seorang blogger pasti kalian membutuhkan makan , internet dan juga pengetahuan yang mana jika kalian tidak memenuhinya kedepannya pasti bermasalah bahkan tidak dapat melangsungkan hidup.

Sedangkan keinginan seperti kalian menginginkan rumah hunian yang baru dan nyaman ingin kalian beli atau mobil mewah dan sebagainya yang mana butuh proses mencapainya serta tidak terlalu berpengaruh untuk keberlangsungan hidup kalian.

Gengsi sendiri salah satu penyakit kita yang membuat sulit dalam meningkatkan sistem keuangan kita seperti contoh karena gengsi mengakibatkan kita membeli sesuatu barang atau apapun yang mengeluarkan uang yang sebenarnya tidak terlalu kalian butuhkan hanya mengharapkan kata wah dari orang lain.

Jika kalian telah bisa menyadari dan mengerti hal diatas maka selanjutnya melangkah ke tahap berikutnya.

Konsisten dan ingat tujuan kalian menabung

Hal selanjutnya kalian harus konsisten dalam menabung jika tidak akan macet ditengah jalan dan kalian akan menyerah untuk menabung.

Konsisten dapat kalian mindset kepikiran kalian jikala kalian mempunyai tujuan yang jelas ingin kalian capai dengan cara menabung tersebut seperti ingin membeli rumah , mobil , smartphone dan sebagainya.

Dengan mengingat dan fokus pada tujuan kalian itu niscaya kalian dapat konsisten untuk menabung.

Mengontrol pengeluaran harian

Jika kalian dapat mengontrol pengeluaran harian niscaya kalian pasti bisa menabung hal ini dapat kalian capai dengan membuat catatan pengeluaran harian sebab catatan pengeluaran harian dapat mendata pengeluaran kalian sehingga bisa melihat barang apa saja yang kalian beli dalam sehari dan kalian dapat memilahnya mana kebutuhan , keinginan maupun hanya membelinya karena gengsi saja.

Untuk saat ini telah banyak aplikasi smartphone yang mendukung tentang catatan pengeluaran harian ini kalian dapat dengan mudah mendownloadnya melalui playstore ataupun iOS.

Perkecil hutang

Hal selanjutnya perkecilah nilai hutang kalian jika tidak perlu sekali jangan lah berhutang terkecuali hanya dengan cara berhutang kalian mampu memenuhi kebutuhan pokok kalian.

Sebab semakin banyak kalian berhutang itu membuat kalian akan sulit untuk menabung normalnya nilai cicilan hutang maksimalnya 20% dari pendapatan kalian.

Dalam artian lain utang bisa mengurangi pendapatan kalian hal ini akan membuat sulit kalian untuk menabung.

Membawa bekal makan

Jika kalian bisa memasak atau telah berumah tangga akan lebih baik jika kalian membawa bekal makan sendiri di tempat kerja sebab dengan cara itu akan mengurangi pengeluaran dan juga kualitas makanannya terjamin sebab kalian sendiri yang membuatnya kebersihan dan sebagainya kalian sudah mengetahuinya.

Dari pengalaman saya sendiri membawa bekal makanan sendiri dapat menghemat pengeluaran hingga 20%-40% dari pendapatan mantap bukan.

Mencari pendapatan tambahan ( kerja sampingan )

Jika kalian masih sulit melakukannya sebaiknya kalian harus mencari pendapatan tambahan kalian dapat memanfaatkan waktu libur kalian dengan cara berjualan , membuat YouTube , nulis novel , menulis berita , dan lain-lain.

Hal ini dapat sangat membantu kalian untuk memenuhi kebutuhan dan juga tabungan terkadang malah Perkerjaan sampingan penghasilannya malah lebih besar dari pekerjaan utama.

Tak jarang para pengusaha sukses memulai bisnisnya dari Perkerjaan sampingan mereka yang terus menjadi besar dan mereka berhenti dari pekerjaan utamanya untuk fokus pada pekerjaan sampingannya tadi.

Mungkin itu saja dari saya harap dapat membantu permasalahan kalian jika ingin menambakan kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.