Cara Memanaskan Motor Yang Baik dan Benar - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanaskan Motor Yang Baik dan Benar

Navigasi Info - Kendaraan Bermotor merupakan suatu alat transfortasi yang menggunakan mesin bermotor untuk mengoperasikannya hal ini membuat kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor memerlukan pemanasan agar saat dioperasikannya tidak mengalami kendala.

Cara Memanaskan Motor Yang Baik dan Benar


Akan tetapi banyak dari kita masih menyepelekan kegiatan rutin memanaskan mesin motor kita hal ini disebabkan banyak dari kita tidak mengetahui pentingnya memanaskan mesin kendaraan atau mungkin malas dan terlalu sibuk untuk melakukannya.

Dari tindakan jarangnya mesin kendaraan bermotor dipanaskan tak heran kendaraan kita sering mengalami mogok atau rusak terutama jika kalian pengguna kendaraan roda 2 atau motor.

Manfaat Memanaskan Mesin Kendaraan 


Sebagai mana kita ketahui bahwa memanaskan mesin motor sendiri mempunyai banyak manfaat untuk kendaraan kita yang mana kegunaannya sebagai berikut :

  1. Dengan memanaskan mesin kendaraan bermotor dapat membuat sirkulasi oli menjadi lancar untuk melumasi segala sisi mesin kendaraan bermotor kalian.
  2. Membuat pembakaran kendaraan bermotor kalian akan lebih sempurna sebab dengan adanya pemanasan mesin kendaraan bermotor membuat sirkulasi udara pada saat pembakaran bahan bakar akan lebih baik sela-sela yang mampat akan menjadi lancar.
Dengan  memanaskan mesin kendaraan Kalian akan mendapatkan 2 manfaat diatas secara langsung sehingga dapat kita simpulkan bahwa dengan memanaskan mesin kendaraan itu dapat menjaga keawetan pemakaian kendaraan kalian.

Cara memanaskan motor yang baik dan benar


Walaupun terdengar sederhana akan tetapi masih banyak di luaran sana salah dalam melakukan pemanasan mesin kendaraan khusus kendaraan roda dua atau si kuda besi oleh sebab itu kita akan membagikan tips dan cara memanaskan kendaraan yang baik dan benar sebagai berikut :

1. Usahakan menggunakan engkol untuk menyalakannya


Banyak dari kita sering menggunakan stater electrik jarang sekali menggunakan stater kaki atau sering di sebut stater engkol untuk menyalakan kendaraan roda 2 ( motor ) kita.

Tapi tahukah kalian bahwa kebiasaan tersebut ternyata tidaklah baik bagi kendaraan kalian sebab hali itu membuat umur pemakaian aki motor kalian walaupun sebenarnya dengan menggunakan stater electrik mempermudah kita tapi efek jangka panjangnya kurang baik.

Oleh sebab itu selalu usahakan untuk menyalakan motor kalian gunakanlah stater kali atau engkol motor kalian terutama untuk menyalakan motor saat memanaskan mesin motor roda 2 kalian.

2. Jangan menggeber motor kalian saat dipanaskan


Saat motor dipanaskan banyak dari kita mengecas motor terlalu berlebihan atau bahasa lainya digeber hal ini sebaiknya kita hindari .

Sebab dengan kalian gas motor kalian pada RPM yang tinggi hal itu membuat sirkulasi oli pada mesin motor kalian akan melaju sangat cepat yang membuat pelumasan oli pada mesin motor kalian tidak maksimal.

Selain boros bahan bakar kendaraan menggeber motor juga membuat mesin motor kalian menjadi overheat dan hal itu tidak bagus buat motor kalian standarnya mengegas motor saat dipanaskan adalah maksimalnya sekitar 3000 Rpm dan itu dilakukan hanya sesekali saja jangan terlalu berlebihan.

3. Batas waktu pemanasan mesin motor tidak terlalu lama


Untuk memanaskan motor sebenarnya tidak memakan waktu lama standarnya hanya 2 sampai 3 menit saja sudah cukup dan maksimal untuk memanaskan suatu mesin kendaraan bermotor.

Jika kalian melebihi batasan waktu standar pemanasan motor itu dapat membuat motor kalian overheat atau kepanasan berlebihan yang mengakibatkan motor kalian tidak dapat berfungsi maksimal.

Terlebih lagi jika motor kalian masih menggunakan pendingin sirip yang hanya memanfaatkan sirkulasi udara saja tidak menggunakan radiator atau kipas pendingin kendaraan seperti mobil jadi gunakan waktu standar sambil kalian menyiapkan beberapa keperluan untuk perjalanan kalian.

4. Selalu gunakan Choke dalam memanaskan mesin motor kalian


Jika motor kalian masih menggunakan sistem karburator usahakan selalu menggunakan Choke dalam memanaskan mesinnya sebab jika tidak digunakan terutama saat pagi hari dimana suhu kendaraan lagi sangat dingin biasanya motor tersebut akan mati dengan sendiri.

Berbeda hal dengan kendaraan roda 2 yang telah menggunakan sistem pembakaran Injection dimana ada pengaturan otomatis bahan bakar saat kendaraan dipanaskan disebabkan motor injection ada pendeteksi suhu otomatis didalamnya jadi motor injection dapat menyesuaikan.

Hal ini berbanding terbalik dengan kendaraan roda 2 yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator yang semuanya masih dilakukan secara manual atau konvensional .

5. Lakukan pemanasan motor di luar ruangan


Banyak dari kita karena tidak mau repot mengeluarkan motor lantas memanaskan mesin motor kita di dalam ruangan atau pun kamar kita.

Hal ini sebenarnya kurang baik buat kesehatan kita yang menghuni rumah tersebut sebab efek dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor tersebut akan menghasilkan CO ( karbon monoksida ) dan CO2 ( karbon dioksida ) yang tak baik bagi kesehatan tubuh kita .

Oleh sebab itu lakukan pemanasan kendaraan kalian usahakan di luar ruangan agar terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian jika kalian ingin menambakan kalian dapat berkomentar dibawah terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu.