Cara Merawat Furniture Kayu agar Tahan Lama - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Furniture Kayu agar Tahan Lama

Navigasi Info - Furniture berbahan dasar kayu banyak digemari sebagian besar orang selain karena corak kayu nya indah dan elegan juga menambah kesan mewah serta berkelas mempercantik dekorasi ruangan rumah kita.

Cara Merawat Furniture Kayu agar Tahan Lama


Akan tetapi terkadang banyak dari kita masih bingung atau belum tahu cara merawat furniture yang berbahan dasar kayu yang seharusnya dapat awet serta tahan lama malah menjadi cepat rusak dan memperburuk tampilan dekorasi ruangan kita.

Selain itu kayu yang lapuk termakan usia serta jamur membuat bahaya kita dan keluarga yang sewaktu-waktu dapat rubuh menimpah perabotan lain dirumah kita atau bahkan dapat menimpah kita dan keluarga kita.

Bukan hanya itu saja rayap dan serangga yang menepati furniture tersebut dapat memicu berbagai penyakit yang tidak kita inginkan oleh sebab itu kali ini kita akan mencoba membagi tips cara merawat furniture berbahan dasar kayu agar dapat menjadi awet dan tahan lama mendiami ruangan property bangunan rumah kalian.

Tips Cara Merawat Furniture terbuat dari Kayu


Furniture yang berbahan dasar kayu memerlukan perawatan khusus dalam penanganannya agar tetap awet dan tahan lama oleh sebab itu kalian dapat mencoba berbagai tips sebagai berikut :

Hindari dari terkena berbagai cairan


Walaupun beberapa kayu tahan terhadap air atau cairan akan tetapi hampir sebagian besar jenis kayu yang tak kuat terkena cairan.

Disebab air atau cairan lainnya dapat mengakibatkan kayu mudah lapuk dan juga berjamur selain itu kebiasaan kita meminum meletakan cangkir kita di furniture tersebut tak jarang minuman tersebut airnya menempel diatas permukaannya sebagaimana kita ketahui cairan manis yang menempel pada kayu furniture dapat mengundang berbagai serangga lain seperti semut dan kecoa.

Oleh sebab jika kalian meminum didekat furniture tersebut jika telah selesai sebaiknya mengelapnya agar cairan tersebut tidak menempel pada kayu furniture .

Hindari memindakan furniture berbahan dasar kayu dengan cara menggeser atau mendorong nya


Saat memindakan furniture seperti lemari , dipan , ranjang dan lain-lain tak jarang kita memindakannya dengan cara mendorong atau pun menggeres nya disebabkan bebannya berat atau sebagainya.

Tapi tahukah kalian bahwa Sanya memindahkan furniture dengan cara menggesernya dapat membuat furniture tersebut mudah rusak disebabkan gesekan lantai dengan kayu furniture oleh sebab itu jika kalian ingin memindakan furniture berbahan dasar kayu sebaiknya memindakan dengan cara mengangkatnya jika kalian tidak kuat mengangkatnya sendiri sebaiknya cari orang untuk membantu kalian memindahkan jangan kalian paksa memindahkannya sendiri.

Gunakan cairan pembersih kayu

Cairan pembersih kayu pledge


Untuk pembersihan kayu selain kalian mengelapnya secara normal serta dilakukan secara rutin agar terhindar dari debu kalian juga dapat menggunakan cairan pembersih kayu khusus seperti pledge yang mana dapat membersihkan serta mengkilat kan kayu furniture kalian 

Selain itu cairan pembersih kayu itu juga mampu memunculkan warna alami kayu furniture kalian baik itu lemari , meja , mebel dan lainnya yang berbahan kayu.

Untuk mendapatkan cairan pembersih kayu ini tidak lah terlalu sulit dan mahal sebab kalian dapat membelinya di toko material di tempat kalian kalau tidak ada kalian dapat memesannya secara online di berbagai marketplace harga nya kurang lebih kisaran Rp 30.000 saja kok.

Hindari meletakan furniture diruangan yang lembab dan terkena matahari langsung


Salah peletakan furniture berbahan dasar kayu juga mampu membuat furniture tersebut jadi tidak tahan lama sebab jika kalian meletakannya di ruangan lembab kayu dari furniture tersebut mudah lapuk serta cepat terkena jamur.

Dan juga jika furniture tersebut kalian letakan suatu lokasi yang terkena sinar matahari langsung itu menyebabkan kayu yang menjadi bahan dasar furniture terkadang mudah pecah.

Jadi sebaiknya kalian letakan furniture kalian yang berbahan dasar kayu tersebut di suatu ruangan yang bersuhu normal .

Gunakan obat kayu

Obat rayap untuk kayu


Selain itu jika perlu kalian dapat juga menggunakan obat kayu supaya furniture kalian tidak terkena jamur serta rayap maupun serangga yang dapat cepat merusak kayu pada furniture milik kalian .

Harganya pun kurang lebih sama dengan cairan pembersih kayu yaitu kisaran harga Rp 30.000an saja yang mana dapat kalian beli di toko material maupun memesannya langsung secara online.

Itulah cara mudah merawat furniture yang terbuat dari kayu jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.