Kekurangan dan kelebihan kayu gelam - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu gelam

Navigasi Info - dunia furniture memang berkait erat dengan bidang pertukangan kayu sebab bahan yang paling disukai oleh masyarakat untuk pembuatan furniture seperti lemari ,meja , rak , kursi dan lainnya ialah yang berbahan dasar kayu.

Kekurangan dan kelebihan kayu gelam


Salah satu kayu yang juga sering di cari untuk pembuatan furniture , rangka bangunan , bahan dasar kapal ( perahu ) , jembatan dan olahan kayu lainnya yaitu kayu gelam atau sering dikenal kayu Dolken gelam.

Mungkin dari kita tidak familiar dengan kayu gelam ini disebabkan kayu gelam memang hanya dapat kita temui di daerah yang berawa seperti di Kalimantan yang tanahnya gambut dan rawa ditambah lagi dulunya kayu gelam hanya di anggap masyarakat sebagai tanaman hama sehingga jarang dari kita mau menanam tanaman ini jika ada juga palingan di buat sebagai kayu bakar atau hanya dibuat menjadi bahan dasar tangga atau stager tak jarang juga beberapa orang memanfaatkan kayu gelam ini menjadi bahan dasar jembatan.

Hal ini sangat berbanding terbalik untuk saat ini dimana kayu gelam sangat diminati untuk dijadikan sebagai bahan dasar olahan kayu seperti pembuatan bangunan bahkan furniture yang mengakibatkan kayu gelam sulit untuk di cari sebab yang membudidayakan kayu ini sangatlah jarang dan memang sulit untuk kita budidayakan.

Mengenal kayu gelam ( kayu Dolken )


Tanaman gelam tumbuh di daerah rawa yang dapat tumbuh tinggi maksimal kurang lebih mencapai 20 Meter dari tanah dengan diameter batang kayu mencapai 1 meter .

Kayu gelam memiliki batang kayu dengan kulit kayu yang berlapis-lapis berwarna putih keabuan tak jarang kita jumpai kulit kayu gelam ini banyak yang terkelupas Dengan batang kayu tidak terlalu besar dari jenis kayu keras lainnya disertai cabang kayu yang condong kebawah.


Tanaman kayu Dolken gelam memiliki daun yang tebal Sertai aroma daun kayu gelam memiliki aroma daun yang mirip dengan aroma daun kayu minyak kayu putih dengan bunga berwarna putih dan juga buah dari pohon kayu gelam berwarna coklat.

Pemanfaatan kayu gelam


kayu gelam sering dimanfaatkan masyarakat untuk pembuatan perahu atau kapal tak jarang juga masyarakat menjadikan kayu gelam untuk pembuatan jembatan , pagar , furniture , dan sangat kuat jika kita jadikan tiang penyanggah rumah.

Kayu gelam termasuk salah satu kayu yang kuat hal ini disebabkan dari serat kayunya memiliki solulosa yang sangat komplek sehingga membuat kayu gelam sangat kokoh.

Kelebihan dan kekurangan kayu gelam


Kayu gelam memiliki plus minus juga sama hal dengan kayu lainnya untuk keunggulan dan kekurangan kayu gelam dapat kalian simak hasil rangkuman kita dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi yang mana akan kita jabarkan dibawah ini :

Keunggulan kayu gelam


Kayu gelam memiliki beragam keunggulan atau kelebihan di banding dengan kayu lainnya antara lainnya sebagai berikut :

Kayu gelam memiliki harga jual yang tinggi


Kayu gelam memiliki harga jual yang tinggi hal ini juga yang membuat kayu gelam banyak di tebangi sehingga sekarang sulit untuk kita temui bila ada mungkin diameternya sangat kecil kurang dari 60 cm dan panjangnya 4 meter dijual dengan harga kisaran harga Rp 25.000 

Kayu gelam tahan air


Kayu gelam merupakan tanaman rawa hal ini juga yang membuat kayu gelam kuat di pakai di daerah yang terendam air dan tahan terhadap pelapukan kayu yang disebabkan oleh air yang mengenai permukaan kayu gelam.

Tahan rayap dan jamur


Batang kayu gelam termasuk kayu yang tahan terhadap jamur dan rayap disebabkan kayu gelam mengandung minyak alami yang membuat rayap enggan memakannya ditambah lagi kayu ini tahan terhadap air sehingga untuk tumbuhnya jamur pada permukaan kayu gelam sangatlah sulit.

Kayu gelam termasuk kayu yang kokoh


Kayu gelam termasuk kayu yang kuat atau kokoh tak jarang masyarakat menjadikan kayu gelap untuk menjadi penyanggah rumah dan penahan longsor permukaan tanah disebabkan kayu gelam yang kuat dan tahan terhadap air , rayap maupun jamur.

Sehingga kayu gelam cocok sekali untuk pembuatan bangunan dari olahan kayu yang ditempatkan di lokasi outdoor atau bahkan di genangan air.

Kekurangan kayu gelam


Dari kelebihan kayu gelam diatas kita mengetahui bahwa Sanya kayu gelam memiliki banyak keunggulan yang tak dimiliki oleh kayu lain akan tetapi kayu gelam juga memiliki kekurangannya yaitu sebagai berikut.

Sulit menemukan kayu gelam diameter yang besar 


Akibat penebangan yang berlebihan tanpa pembudidayaan membuat kayu gelam sulit kita jumpai kayu gelam yang memiliki diameter yang besar untuk pembuatan furniture.

Sehingga kecil harapan kita membuat furniture dari bahan dasar kayu gelam ini bagai mana tidak kayu gelam yang diameter kecil saja sudah laku di jual dan banyak diburu dipasaran.

Sulit dibudidayakan


Kayu gelam termasuk tanaman yang sulit dibudidayakan hal ini disebabkan tanaman ini yang hanya bisa hidup dihabitat tanah Berawa atau kaya dengan air seperti daerah pulau Kalimantan tak jarang juga kita temui kayu gelam ada di daerah Indonesia lainnya seperti pulau Jawa , Sumatra dan sulawesi.

Ilmu untuk membudidayakan tanaman Dolken gelam masih lah minim dewasa ini banyak masyarakat hanya menebang kayu gelam tanpa menanamnya kembali sehingga kecil harapan kita untuk mendapatkan kayu gelam dengan diameter yang besar.

Kayu gelam sudah mulai langka 


Tanaman Dolken gelam saat ini sudah sulit kita temui dipasaran disebabkan hal diatas tadi yaitu tanaman gelam sulit dibudidayakan dan juga ilmu untuk membudidayakan tanaman gelam ini banyak tidak di ketahui sebagian masyarakat.

Banyak dari mereka hanya menebang tanpa menanamnya kembali sehingga hal ini membuat kita akan sulit mencari kayu gelam dipasaran jika ada harganya lumayan tinggi dengan diameter kayu sangatlah kecil jangan harap bisa di jadikan sebuah furniture.

Harga Kayu Gelam


Untuk harga kayu gelam saat ini kalian dapat melihatnya pada tabel harga dibawah ini :

Ukuran Kayu Gelam Harga
Diameter 4/6 panjang 4 meter Rp. 8.000
Diameter 6/8 panjang 4 meter Rp. 16.000
Diameter 8/10 panjang 4 meter Rp. 25.000
Diameter 10/12 panjang 4 meter Rp. 35.000
Diameter 12/14 panjang 4 meter Rp. 45.000
Diameter 14/16 panjang 4 meter Rp. 55.000
Diameter 6/8 panjang 5 meter Rp 20.000
Diameter 8/10 panjang 5 meter Rp 35.000
Diameter 10/12 panjang 5 meter Rp 45.000
Diameter 12/14 panjang 5 meter Rp 55.000
Diameter 14/16 panjang 5 meter Rp 65.000

Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu itu hanya sebagai gambaran kalian untuk menjual atau membeli kayu gelam

Terima kasih telah berkunjung semoga informasi yang kita berikan bermanfaat untuk kalian jika ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah.