Kelebihan dan kekurangan kayu kelapa untuk furniture - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan kayu kelapa untuk furniture

Navigasi Info - tanaman kelapa atau yang bernama ilmiah Cocos nucifera merupakan jenis tanaman aren-arenan ( arececaeae ) yang tumbuh subur di daerah pesisir pantai bahkan pegunungan yang mana tanaman kelapa setiap bagiannya dapat dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan dari akar sampai daunnya sangat berguna tak heran pohon kelapa dijadikan simbol Pramuka yang bermakna agar kita dapat menjadi manusia berguna laksana tanaman kelapa itu sendiri.

Kelebihan dan kekurangan kayu kelapa untuk furniture


Tanaman kelapa dapat tumbuh subur di wilayah yang ketinggiannya 1000 meter dari permukaan laut di Sertai curah hujan 1300 mm sampai 2300 mm curah hujan pertahun dengan tinggi batang pohon kayu kelapa dapat mencapai 30 meter dengan serat kayu yang kasar.

Pemanfaatan tanaman kelapa 


Pemanfaatan tanaman kelapa sendiri sangatlah banyak dari untuk di konsumsi langsung atau pun diolah menjadi variasi makanan lain ataupun kita dapat menjadikan bahan dasar kesehatan dan kecantikan selain itu kita juga dapat menjadikan sebagai produk furniture dan peralatan rumah tangga untuk lebih jelasnya kita akan jabarkan sebagai berikut :

Akar kelapa


Akar dari pohon kelapa biasanya dimanfaatkan oleh para seniman pahat kayu untuk mereka pahat atau olah menjadi suatu kesenian ukir yang indah dengan harga jual yang lumayan tinggi dan ada juga yang memanfaatkan akar kelapa menjadi kursi dan lainnya.

Batang kelapa ( kayu kelapa )


Kayu kelapa mudah kita dapat dan kita temui di daerah pesisir yang mana masyarakat yang tinggal di daerah pesisir telah sejak dulu biasa memanfaatkan batang kayu dari pohon kelapa untuk dijadikan berbagai furniture ataupun untuk menjadi papan .


Batang kelapa muda dapat kita manfaatkan menjadi makanan atau sayuran yang gurih dan lezat saya pernah mencobanya enak sekali pokoknya walaupun memang jarang kita jumpai.

Tak jarang juga mereka membangun rumah hunian dari bahan dasar kayu kelapa yang kekuatan nya tidak diragukan selain itu rumah yang berbahan dasar kayu kelapa termasuk rumah anti gempa.

Buah kelapa


Buah kelapa paling umum dimanfaatkan oleh manusia untuk di jadikan berbagai makanan seperti daging kelapa yang tua dapat kita buat menjadi santan kelapa ataupun parutan kelapa untuk di campurkan pada makanan seperti onde-onde dan lainnya.

Daging kelapa muda dimanfaatkan untuk membuat minuman yang menyegarkan ataupun kita dapat memakannya langsung selain itu air kelapa dapat dijadikan es campur dan macam-macam olahan minuman.

Selain itu daging kelapa dapat dimanfaatkan menjadi minyak goreng yang mempunyai nilai jual lebih dan juga sebagai obat kesehatan maupun kecantikan 

Batok kelapa dapat diolah dan diambil minyak nya untuk bahan pengawet makanan sebab kulit kelapa mengandung Virginia oil yang berfungsi sebagai pengawet makanan.

Sabuk kelapa dan kulit kelapa jika bingung mengolahnya kalian dapat langsung gunakan menjadi bahan bakar untuk membakar ikan maupun ayam untuk barbeque.

Daun kelapa


Daun kelapa dapat dijadikan kerajinan hiasan janur untuk acara nikahan ataupun kondangan selain itu lidi dari daun kelapa dapat dijadikan sapu lidi yang bermanfaat dan dapat mempunyai nilai ekonomis.

Pada intinya tanaman kelapa setiap bagiannya dapat dimanfaatkan manusia untuk keperluan apa pun tak terkecuali untuk pembuatan furniture .

Kekurangan dan kelebihan kayu kelapa untuk pembuatan furniture


Kayu kelapa sendiri mempunyai kekuatan yang lumayan dan kita dapat menjadikannya untuk pembuatan rumah dan juga furniture untuk kelebihan serta kekurangan kayu kelapa untuk furniture antara lain sebagai berikut :

Kelebihan kayu kelapa


Kayu kelapa sendiri mempunyai berbagai kelebihan yang tidak dapat kita remehkan juga yang mana seperti dibawah ini :

Ukuran stabil dan lurus


Dari segi ukuran dan bentuk kayu kelapa termasuk kayu yang lurus dan ukurannya pas untuk keperluan apa pun tak terkecuali pembuatan furniture.

Hal ini disebabkan karena Batang kayu kelapa yang tidak memiliki cabang apa lagi mata kayu yang membuat jelek tampilan kayu.

Tahan rayap dan jamur


Kayu kelapa termasuk kayu yang tahan terhadap serangan jamur , serangga seperti rayap dan hama yang merusak kayu lainnya dalam artian kayu kelapa termasuk kayu yang awet.

Mempunyai corak kayu yang unik


Kayu kelapa dengan Serat kayunya yang kasar membuat tampilan corak kayu yang khas dan unik terlihat sangat eksotis serta bernuansa pantai sekali.

Mudah di bentuk


Kayu kelapa termasuk kayu yang mudah dibentuk atau diolah menjadi berbagai macam olahan kayu seperti furniture atau bangunan.

Hal ini disebabkan kayu kelapa yang tak mudah penyok dan patah saat kita melakukan pemakuan ataupun tergores benda tajam lainnya saat kita membentuknya.

Selain itu untuk perawatannya termasuk simpel dan tidak repot seperti jenis kayu lain.

Mudah di dapat


Kayu kelapa termasuk tanaman kayu hasil pertanian yang selalu dibudidayakan sehingga mudah mendapatkannya selain itu harganya pun termasuk lebih murah dari jenis kayu lainnya.

Dengan memanfaatkan kayu kelapa kita telah membantu mengurangi penggundulan hutan yang setiap tahun semakin parah.

Kekurangan kayu kelapa


Dari berbagai kelebihannya kayu kelapa juga tak luput dengan kekurangan sebagaimana jenis kayu lainnya yang mana seperti berikut ini :

Kayu kelapa mudah lapuk


Walaupun tanaman kelapa merupakan tanaman tepi pantai tapi dalam penggunaan kayu kelapa tidak bagus di letakan di lokasi yang mudah tergenang air sebab kayu kelapa akan cepat lapuk jadi pada intinya kayu kelapa tidak cocok untuk pembuatan furniture atau bangunan yang di posisikan di outdor ( diluar ruangan ).

Mudah kotor


Kayu kelapa termasuk kayu yang memiliki serat kayu yang kasar dan juga rapuh jika dalam finishing pembuatannya kurang baik maka dapat dipastikan serat kayunya mudah rontok serta meninggalkan rontokan serat kayu itu berserakan di mana-mana.

Pengeringan kayu kelapa lebih sulit


Tanaman kepala yang menyerap banyak air mengakibatkan batang kayu kelapa memiliki kandungan air yang banyak sehingga untuk pengeringan kayu kelapa memerlukan proses waktu yang cukup lama.

Selain itu penyusutan kayu kelapa juga membuat ukuran atau bentuknya sedikit berubah seperti bengkok atau melengkung di permukaan nya.

Memerlukan kesabaran saat mengolahnya


Kayu kelapa memang mudah dibentuk akan tetapi untuk mengelolanya agar dapat dibentuk menjadi variasi keperluan lain kita perlu kesabaran.

Sebab serat dari kayu kelapa yang kasar dan juga  kandungan air yang banyak membuat kita memprosesnya memakan waktu yang cukup lama.

Itulah kurang lebih mengenai kayu kelapa jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung