tanda oli mobil harus di ganti dan manfaat oli pada mesin kendaraan - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tanda oli mobil harus di ganti dan manfaat oli pada mesin kendaraan

Navigasi Info - kendaraan dewasa ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia untuk dapat menjalani berbagai aktifitas kegiatan sehari-hari baik itu untuk pelajar maupun para pekerja sebagai mana fungsi kendaraan untuk membuat jarak yang jauh dapat kita capai dengan waktu cepat.

tanda oli mobil harus di ganti dan manfaat oli pada mesin kendaraan


Saat ini hampir dari sebagian besar masyarakat telah memiliki kendaraan pribadi baik itu motor ataupun mobil yang sangat membantu aktifitas kerja kita akan tetapi dari segala kemudahan tersebut kendaraan juga butuh perawatan agar mesinnya terjaga dengan baik dan dapat digunakan saat kita butuhkan.

Manfaat Oli bagi Mesin Kendaraan 


Salah satu perawatan kendaraan yang sederhana dapat dilakukan siapa pun adalah dengan rutin mengganti oli kendaraan kita baik itu mobil maupun motor yang kita miliki sebagai mana kita ketahui bahwa oli kendaraan memiliki manfaat banyak besar bagi kendaraan antara lain sebagai berikut :

Oli sebagai pelumas mesin


Salah satu manfaat oli ialah sebagai pelumas mesin kendaraan sebagimana kita ketahui bahwa Sanya di dalam blok mesin sendiri terdapat banyak gear , piston dan komponen lain yang terbuat dari besi yang saling bergesekan untuk mengoperasikan kendaraan agar dapat melaju di jalan raya sehingga untuk memperlancar pergerakan gear tersebut di butuhkan pelumas ( pelicin ) agar pergerakan gear menjadi lancar saat terjadinya rotasi putaran pada setiap gear tersebut.

Oli Berguna sebagai pendingin mesin


Oli juga berguna untuk menjadi pendingin mesin seperti penjelasan diatas bahwa di dalam blok mesin terdapat banyak gear , piston dan sparepart kendaran yang terbuat dari besi yang saling bergesekan saat berotasi yang pastinya juga menghasilkan energi panas dari gesekan antara gear yang terbuat dari besi dengan adanya oli yang SAE ( kekentalan ) nya sesuai dengan kebutuhan blok mesin tersebut maka dapat meredam panas yang dihasilkan oleh putaran rotasi gear mesin kendaraan kalian.

Dalam arti lain pemilihan SAE ( kekentalan ) oli yang tepat untuk kendaraan kalian menjadi salah satu faktor memaksimalkan fungsi oli sebagai pendingin mesin sebab jika kalian menggunakan oli yang terlalu encer mesin kendaraan kalian akan cepat panas serta menguap ( keluar asap ) dan jika terlalu kental akan membuat putaran gear serta piston akan menjadi lebih berat. 

Oli bermanfaat mencegah karatan


Manfaat lain oli adalah mencegah terjadinya oksidasi besi sebagai mana kita ketahui bahwa penyebab permukaan besi bisa menjadi berkarat adalah di akibatkan oksidasi besi terhadap udara.

Hal ini bisa kita lihat ataupun buktikan dengan cara bandingkan saja besi yang dilumuri oli dengan besi yang tidak di lumuri oli dapat dipastikan besi yang tidak di lumuri oli akan cepat menjadi berkarat.

Oli Berfungsi untuk membuang kotoran


Saat mesin kendaraan di nyalakan maka oli akan bersirkulasi ke celah - celah mesin kendaraan kalian dari sirkulasi tersebut oli akan membawa berbagai partikel kotoran di dalam mesin kendaraan kalian baik itu kotoran , karat , besi halus dan kotoran lainnya yang di akibatkan pergesekan besi di dalam blok mesin maupun sisa pembakaran bahan bakar akan terbawa oleh sirkulasi oli.

Maka saat kita mengganti oli kotoran tersebut akan ikut terbuang juga sehingga mesin kendaraan kalian akan jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Tanda - tanda  kendaraan harus cepat ganti oli


Dari penjelasan diatas tentang manfaat oli dapat dipastikan bahwa penggantian oli menjadi perawatan penting untuk kendaraan kita baik itu untuk motor maupun mobil kita.

Akan tetapi tak jarang dari kita sering lupa atau bahkan tidak mengetahui kapan kita harus mengganti oli walaupun sebenarnya sangat mudah untuk mengetahuinya sebab oli yang sudah tak layak lagi dipakai untuk kendaraan akan mempunyai tanda-tanda seperti dibawah ini:

Asap kendaran dari knalpot ngebul dan berwarna


Tanda - tanda oli harus diganti baik itu motor atau pun mobil dapat kita lihat dari warna asap yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan kita yang mana warnanya akan lebih gelap dan keputihan dari biasanya.

Selain itu jumlah asap yang dihasilkan dari knalpot akan jauh lebih banyak dari biasanya yang mana hal ini diakibatkan oleh penguapan oli yang lebih cepat dari biasanya akibat perubahan SAE ( kekentalan ) oli yang menjadi lebih encer karena terlalu lama digunakan tidak pernah diganti dengan oli yang baru.

Mesin kendaraan menghasilkan suara lebih kasar


Efek dari perubahan SAE oli yang diakibatkan pemakaian oli terlalu lama atau harus diganti menyebabkan putaran mesin yang terlalu cepat dalam berotasi hal itu mengakibatkan suara yang dihasilkan akan menjadi sangat kasar .

Oleh sebab itu jika kalian mendengar suara mesin mobil atau motor kalian menjadi lebih kasar itu berarti kendaraan kalian perlu diganti oli nya.

Performa mesin kurang responsif


Hal lain juga dapat kita lihat dari performa mesin kendaraan kalian yang mana kurang responsif dari biasanya diakibatkan oleh oli kendaraan yang terlalu kotor sehingga mempengaruhi performa kendaraan.

Sehingga jika kendaraan kalian terasa kurang responsif dan berat dari biasanya itu berarti kendaraan kalian minta diganti oli yang baru.

Warna oli kendaraan berubah jauh lebih gelap


Oli yang kotor dapat kita lihat dari warnanya yang menjadi gelap atau hitam pekat yang diakibatkan dari kotoran mesin kendaraan kalian yang terlalu lama digunakan dan jarang diganti olinya.

Dapat kita artikan perubahan warna oli kendaraan menjadi hitam gelap itu merupakan pertanda bahwa oli kendaraan kalian perlu diganti.

Kartu pengingat ganti oli


Kita juga dapat mengetahui kapan oli kendaraan harus diganti dengan mengecek kartu pengingat pengganti oli saat kita melakukan penggantian oli dan servis bulanan.

Kita dapat melihat dari kartu tersebut standar pemakaian kendaraan sampai batas kilometer berapa kita harus mengganti oli kendaraan kita

Indikator oli menyala


Jika kalian memakai kendaraan roda empat atau mobil biasanya mempunyai indikator pemakaian oli dimana saat oli harus diganti indikator pada mobil tersebut akan menyala.

Jika indikator itu masih berfungsi dengan baik atau tidak rusak dapat menjadi patokan kalian untuk mengganti oli kendaraan kalian.

Itulah manfaat serta pertanda oli kendaraan wajib diganti terima kasih telah berkunjung di blog kita semoga bermanfaat untuk kalian jika kalian ingin menambahkan nya kalian dapat berkomentar dibawah.