Cara pasang panel surya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara pasang panel surya

Navigasi Info - Energi matahari sendiri merupakan energi penunjang kehidupan baik bagi tumbuhan untuk berfotositensis yang akan menjadi makanan bagi tanaman dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen penunjang kehidupan bagi mahluk yang bernafas seperti hewan dan manusia pada umumnya.

Cara pasang panel surya


Di Indonesia sendiri energi matahari kurang di manfaatkan pada hal energi matahari sangatlah banyak di sebabkan kawasan Indonesia masuk di dalam garis katulistiwa sehingga tiap tahunnya selalu di sinari matahari.

panel Surya adalah sebuah perangkat yang menggunakan sel Surya untuk mengubah sinar ultra violet yang terdapat pada matahari menjadi energi listrik .

Panel Surya juga memerlukan perangkat tambahan untuk menyimpan arus yaitu aki ( baterai ) dan pengubah arus DC menjadi arus listrik AC  yang dihasilkan panel Surya  termasuk salah satu inverter oleh sebab itu beberapa orang juga menyebut panel Surya dengan nama inverter solar panel yang mana energi listrik yang di hasilkan oleh panel Surya merupakan arus listrik DC ( arus searah ) sama seperti batu baterai sehingga membuat kita dapat menyimpan energi listrik tersebut pada aki / baterai dan menggunakannya kapan pun juga akan tetapi di sebabkan Ia menggunakan arus listrik DC kalian memerlukan perangkat tambahan berupa inverter perubah arus listrik supaya dapat menggunakan perangkat rumah tangga yang berarus listrik bolak balik / PLN .

Untuk lebih lengkap mengenai inverter kalian dapat membaca artikel kita berikut ini.

Manfaat panel Surya


Manfaat pemasangan panel Surya yang jelas terasa ialah mengurangi pengeluaran biaya bulanan kita dalam pemakaian listrik yang disediakan oleh PLN sebab kita dapat secara langsung menggunakan listrik dari panel Surya tanpa perlu jasa pihak lain yang mana kita harus secara berangsur membayar bulanan dari jasa tersebut.

Untuk lebih jelasnya dalam pemanfaatan panel Surya kalian dapat melihat beberapa point' dibawah ini:

  • Lebih hemat tak perlu membayar jasa bulanan kepada pihak lain.
  • Dapat dipasang di daerah manapun terutama pada lokasi yang belum tersalurkan oleh jaringan PLN. 
  • Tak perlu area yang luas untuk memasang panel Surya bahkan kita dapat memanfaatkan perkarangan rumah ataupun atap rumah kita.
  • Membantu mengurangi pemanasan global akibat pemakaian bahan bakar dari. Tambang seperti batu bara , bensin dan minyak bumi lain yang menghasilkan asap yang pastinya merusak lingkungan dan pengurangan sumber daya alam.
  • Mudah dalam pemasangannya dan tak perlu proses berbulan-bulan seperti PLN sebab dalam satu hari saja kita dapat langsung menikmati listrik tersebut.

Cara pemasangan panel Surya 


Cara mengaplikasikan panel Surya sendiri untuk di pakai oleh perorangan atau secara mandiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit seperti yang kita bayangkan.

Untuk lebih jelasnya kalian dapat simak ringkasan tutorial kita dibawah ini:

Penyediaan bahan 


Pertama-tama untuk memasang panel Surya kalian harus menyediakan bahan yang diperlukan sebagai berikut :

  1. Panel Surya
  2. Baterai / aki 
  3. Solar charger controller
  4. Inverter pengubah arus DC ke AC
  5. Rangka dudukan solar panel

Menyediakan dudukan panel surya di atap rumah


Hal awal yang harus kita sediakan untuk memasang panel Surya ialah rangka besi yang kita buat di atap rumah yang bertujuan sebagai duduk panel Surya menyerap energi matahari ( sinar ultraviolet ) untuk diubah menjadi energi listrik.

Untuk dudukan dan baut sebagai pengunci panel Surya agar saat terkena angin maupun badai panel Surya tidak rubuh atau jatuh sebaiknya menggunakan bahan stainless yang mana tahan terhadap cuaca apapun dan tidak mudah terkena karat.

Selain itu posisinya harus di tempat yang terkena banyak sinar matahari agar dapat maksimal dalam proses penyerapan cahaya sinar ultraviolet dari matahari.

Pemasangan solar charger controller 


Solar charger controller adalah suatu perangkat elektrikal yang berfungsi untuk mengatur pengisian muatan listrik dari panel Surya menuju baterai atau aki sehingga stabil dan sesuai kebutuhan arus listrik yang diperlukan dapat dibilang sejenis stabilizer.

Sehingga dalam pemakaian arus listrik dari panel Surya tidak mengalami konseleting baik untuk pengisian arus listrik pada aki ataupun pemakaian arus listrik pada perangkat elektronik seperti tv , kulkas , lampu , dan lainnya.

Penyediaan baterai atau aki


Jika hal diatas telah kalian sediakan maka selanjutnya kalian dapat menambahkan aku/baterai untuk menyimpan arus yang kita dapat sehingga pada saat cuaca mendung yang mana sinar matahari sedikit yang dapat diserap oleh panel Surya kalian masih tidak kekurangan energi listrik.

Aki atau baterai yang dipakai standarnya aki mobil Fuso / baterai 24v DC yang berukuran besar sehingga dapat menampung arus listrik yang banyak sesuai kebutuhan kalian .

Mengkoneksikan pada inverter 

Perakitan panel surya


Jika panel Surya dan solar charger controller telah terpasang pada atap rumah atau area yang terkena banyak sinar matahari maka selanjutnya kita harus menyediakan inverter panel Surya yang mana bertujuan untuk mengubah arus listrik yang telah diperoleh yang berupa arus DC ( baterai ) akan kita ubah menjadi arus listrik bolak balik ( AC ) sehingga kita dapat menggunakannya untuk perangkat rumah tangga yang mana mayoritas menggunakan arus bolak balik / AC yang di hasilkan oleh PLN .

Untuk instalasinya atau wirring panel listriknya sebaiknya kalian menyewa seorang yang ahli ataupun yang paham dengan cara pemasangan panel Surya agar tidak beresiko mengalami kerusakan dengan perangkat yang telah dibeli dengan harga yang tidak murah tersebut.

Untuk lebih jelasnya kalian dapat menonton langsung video dibawah ini :



Dengan kita memakai panel Surya kita akan jauh lebih hemat mengurangi pengeluaran bulanan untuk membayar PLN dan juga membantu untuk mengurangi pencemaran lingkungan .

Itulah sedikit informasi dari kita mengenai panel Surya semoga dapat bermanfaat untuk kalian jika kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah Terima kasih telah mau berkunjung di blog kami.