Kelebihan dan kekurangan kayu pulai - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan kayu pulai

Navigasi Info - tanaman pulai atau sering dikenal juga dengan nama kayu pule merupakan tanaman yang tumbuh subur di kawasan pulau Sumatera dan pulau Jawa merupakan jenis tanaman kayu keras yang mempunyai sejuta manfaat dari untuk berbagai keperluan rumah seperti furniture serta kusen rumah maupun dapat menjadi obat berbagai penyakit dalam artian salah satu tanaman obat herbal yang telah dipercaya ratusan tahun lalu.

Kelebihan dan kekurangan kayu pulai


Kayu pulai ( pule ) mempunyai nama ilmiah yaitu alstonia scholaris yang mana batang pohon nya dapat tinggi mencapai 40 meter dengan diameter kayu bisa mencapai 2 meter termasuk dalam golongan kayu keras disertai kulit kayu dan daun tanaman pule yang dipercaya bermanfaat mengobati berbagai penyakit.

Manfaat tanaman pulai / pule


Tanaman pule sering di manfaatkan oleh beberapa masyarakat kita untuk berbagai kebutuhan sebagai berikut :

Menjadi tanaman hias


Tanaman pulai sering dimanfaatkan untuk menjadi tanaman hias yang bernilai jual tinggi biasanya ditanam di pekarangan rumah maupun dijadikan tanaman hias bonsai.

Jika tanaman pule ini di buat menjadi bonsai akan membentuk lekukan-lekukan indah yang alami tak heran tanaman ini sering di buru oleh para pencinta tanaman untuk menghiasi property mereka.

Menjadi obat herbal


Seperti kita jelaskan diatas bahwa Sanya tanaman pulai masuk dalam golongan tanaman yang dapat dijadikan obat herbal biasanya yang paling sering digunakan untuk obat herbal ialah bagian bunga , daun dan kulit kayu tanaman pule kesemua bagian itu benar-benar terasa pahit di lidah kita untuk kandungannya kalian dapat melihat data berikut ini :

Bagian Kandungan
kulit kayu pulai alkaloida ditain, ekitamin (ditamin), ekitenin, ekitamidin, alstonin, ekiserin, ekitin, ekitein, porfirin, dan triterpen (alfa-amyrin dan lupeol).
Daun Pule pikrinin
Bunga asam ursolat dan lupeol


Dari kandungan zat diatas pula membaut tanaman pulai dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Demam
  • Malaria
  • Diare
  • Perut kembung 
  • Darah tinggi
  • Diabetes / kencing manis
  • Bisul
  • Beri-beri
  • Dan penyakit lainnya

Menjadi furniture


Kayu pule walaupun kurang familiar akan tetapi kayu pulai sudah sering dimanfaatkan beberapa masyarakat untuk menjadi olahan kayu seperti lemari , meja , kursi dan furniture lainnya 

Selain itu kayu pule juga sering diolah menjadi bahan ukiran kayu yang indah dan juga menjadi bahan dasar pembuatan kusen.

Kekurangan dan kelebihan kayu pulai


Kayu pulai juga memiliki kelebihan maupun kekurangan yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut :

Kelebihan kayu pule


Kayu pule mempunyai kelebihan selain sebagai obat herbal kayu ini juga dapat kita gunakan menjadi bahan furniture yang mana kelebihannya sebagai berikut :

Termasuk kayu kuat


Kayu pule termasuk dalam golongan kayu kualitas nomor 3 dari segi kekerasan maupun keawetan walau bukan jenis kayu unggulan akan tetapi sangat workid digunakan untuk pembuatan furniture.

Corak kayu yang unik dan indah


Corak kayu pule mempunyai warna kayu cukup khas yaitu putih kekuning-kuningan dengan disertai serta kayu  lurus dan tekstur kayu yang agak kasar menjadikan kayu pulai menjadi unik.

Hal ini pula membuat kayu pule sangat diminati untuk menjadi plywood dan bahan ukiran kayu .

Mudah dalam pengerjaan 


Bahan furniture yang terbuat dari kayu pulai termasuk mudah untuk membentuknya menjadi furniture yang kita inginkan .

Dari segi tekstur kayu yang mudah di bentuk dan kecil kemungkinan untuk berubah bentuk seperti melengkung dan sebagainya.

Mudah dikeringkan


Kayu pulai termasuk kayu yang mudah dikeringkan hal ini juga membaut kayu pule ini nilai penyusutan kayunya tidak besar sebab kandungan getah dan airnya yang memanglah kecil tidak tinggi seperti jenis kayu lain.

Kekurangan kayu pule


Dari kelebihan diatas kayu pule atau pulai ini mempunyai kekurangan juga sama hal dengan jenis kayu lainnya yang mana sebagai berikut :

Tak kuat dengan jamur dan rayap


Kayu pulai lemah terhadap serangan rayap maupun jamur maklum saja kayu pulai masuk jenis jajaran kayu kualitas menengah sehingga jika kalian membuat furniture atau olahan kayu yang penempatannya di outdor atau di luar ruangan tidak disarankan menggunakan kayu ini.

Akan tetapi perkembangan pengolahan kayu yang kian maju kalian kini masih bisa mengatasinya dengan cara memberi obat kayu anti rayap maupun jamur yang dijual dipasaran.

Sulit didapat


Untuk mendapatkan kayu pulai termasuk sedikit sangat sulit sebab selain yang membudidayakannya termasuk jarang ditambah lagi kebutuhan akan kayu ini bukan hanya untuk pembuatan furniture saja akan tetapi digunakan juga sebagai obat herbal seperti kita terangkan di atas.


Hal ini lah mempersulit kita mendapatkannya apa lagi bonsai tanaman ini sekarang sangat diminati sehingga harganya pun cukup mahal dipasaran.

Harga cukup mahal


Untuk jenis kayu kualitas menengah kayu pulai cukup mahal harganya sehingga hal ini juga orang jadi malas untuk membuat nya menjadi furniture wajar saja peminat kayu pulai ini bukan saja para pencinta furniture kayu akan tetapi pencinta tanaman hias dan juga orang kesehatan banyak mencarinya .

Tetapi yang membudidayakan kayu pule ini masih jarang bila ada palingan pencinta tanaman hias untuk bonsai atau hiasan pekarangan rumah yang kayu nya sulit untuk dimanfaatkan menjadi furniture.

Mungkin itu saja bahasan kita mengenai kayu pulai jika kalian ingin menambakan nya kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.