Kelebihan dan kekurangan kayu purple heart - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan kayu purple heart

Navigasi Info - kayu purple heart atau yang bernama ilmiah peltogyne purpurea merupakan suatu tanaman yang tumbuh subur di kawasan Amerika Selatan lebih tepatnya di daerah Meksiko , Brazil dan Colombia.

Kelebihan dan kekurangan kayu purple heart


Pohon kayu purple heart mendapatkan julukan ini disebabkan oleh warna galih dari kayu purple heart ini sangatlah unik atau khas yang mana berwarna ungu seperti hati hewan akan tetapi ketika batang kayu tanaman ini telah kering sempurna warna nya akan berubah menjadi ungu terang laksana buah terong di pasar dari keunikan nya tanaman ini di beri nama purple heart.


Batang pohon tanaman purple heart mampu tumbuh tinggi maksimal mencapai 50 meter dari tanah dengan diameter kayu maksimal hampir 2 meter habitat tanaman ini sendiri dapat tumbuh di wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi.

Pemanfaatan kayu purple heart


Pemanfaatan batang kayu purple heart sendiri sama hal dengan kayu berkualitas lainnya yang mana sangat bagus digunakan untuk furniture , kusen , Perabotan Rumah  Tangga bahkan ukiran kayu.

Yang menjadi kelebihan atau daya tarik utama dari kayu purple heart adalah dari warna corak kayunya yang khas yaitu berwarna ungu berbeda dari kayu lainnya tak heran kayu ini masuk dalam jajaran kayu dengan nilai jual termahal.

Kekurangan dan kelebihan kayu purple heart


Kayu purple heart juga memiliki plus dan minus dalam pengolahan serta pemanfaatannya untuk bahan dasar pembuatan furniture ataupun keperluan lainnya dari olahan kayu yang mana kita telah merangkumnya sebagai berikut :

Kelebihan kayu purple heart


Kayu purple heart mempunyai beragam kelebihan serta keunikan di bandingkan dengan kayu jenis lain yang mana kalian dapat membaca dan melihat nya pada rangkuman kita dibawah ini :

Memiliki corak kayu yang khas dan unik


Hal utama dan menjadi daya tarik tersendiri dari kayu purple heart ialah corak kayu nya yang berwarna ungu dengan serat kayu yang halus dan mata kayu yang sedikit di permukaannya.

Ini juga yang membuat kayu ini semakin di buru oleh kolektor pencinta kayu untuk di jadikan furniture yang mewah dan elegan yang pastinya langka serta harga nya sangat mahal dapat meningkatkan gengsi kita .

anti rayap dan jamur


Tanaman kayu purple heart termasuk dalam salah satu tanaman yang batang kayunya tahan terhadap rayap dan jamur hal ini di sebabkan terdapatnya kandungan resin alami dan getahnya yang tidak di sukai serangga seperti rayap dan kecoa.


Ditambah lagi resin tersebut mampu menahan atau mencegah untuk jamur tumbuh pada permukaan kayu purple heart dalam artian kayu purple heart dapat kita rekomendasikan untuk olahan kayu seperti furniture atau rangka bangunan yang akan di tempatkan di luar ruangan ( outdor ) selain itu kayu purple heart tahan terhadap air juga.

Termasuk dalam kayu kokoh dan berkualitas


Kayu purple heart termasuk dalam jajaran yang kayu kuat dan tahan lama ( awet ) kualitas nomor 1 sebanding dengan kayu jati dan kayu berkualitas lainnya tak heran harga kayu purple heart mencapai $ 300 dolar Amerika permeter kubik nya atau sekitar Rp 4.700.000 jika kita rupiahkan

Kekurangan kayu purple heart


Kayu purple heart memiliki beberapa kekurangan sama hal dengan jenis kayu lainnya yaitu sebagai berikut :

Sulit diolah


Kayu purple heart termasuk salah satu kayu yang sulit di olah atau dibentuk hal ini di sebabkan oleh tekstur kayunya yang keras di Sertai kandungan air yang cukup tinggi sehingga dalam pemotongannya perlu perhatian khusus agar tidak belah dan juga merusak alat potong kayu kita.

Harga yang mahal


Kayu purple heart masuk dalam jajaran kayu dengan harga yang mahal seperti kita singgung diatas sehingga untuk kalian mendapatkan nya harus merogoh kantung yang sangat dalam untuk membuat satu furniture saja.

Walaupun demikian kalian masih dapat mempertimbangkannya sebab jika di lihat dari keunikannya dan juga kualitas kayu nya tak akan membuat kalian menyesal untuk membelinya.

Lama dalam mengeringkan


Untuk proses pengeringan kayu purple heart terbilang memakan waktu lebih lama jika di bandingkan dengan jenis kayu standar lainnya yang mana hal ini disebabkan kandungan getah atau resin pada kayu purple heart sangat tinggi.

Hal ini menjadi kelebihan sekaligus kekurangan dari kayu purple heart di satu sisi sangat bermanfaat untuk mencegah jamur dan rayap di sisi lainnya memerlukan proses waktu yang cukup lama dalam mengeringkan kayu purple heart.

Sulit di dapat 


Kayu purple heart selain jarang yang membudidayakannya kayu purple heart juga memerlukan proses waktu yang cukup lama untuk memanen nya sama hal dengan kayu jati .

Selain itu untuk membudidayakan memerlukan habitat cuaca yang sesuai maka dapat dipastikan kayu ini sulit kalian dapatkan ditambah lagi dengan peminat dari kayu ini sangat tinggi bila ada juga harganya cukup mahal.

Itulah sedikit informasi dari kita mengenai kayu purple heart jika kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah terima kasih telah berkunjung di blog kami.