Kelebihan dan kekurangan plywood - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan plywood

Navigasi Info - Plywood atau kayu lapis sering juga di sebut masyarakat kita dengan nama triplek / multiplek adalah sebuah material kayu yang terbuat dari kayu solid yang di buat menjadi lembaran veener core ataupun faceback kemudian disusun menjadi lapisan-lapisan lembaran kayu lalu di press dengan tekanan yang sesuai sehingga membentuk sebuah susunan seperti papan ataupun kayu solid dengan ketebalan yang telah ditentukan hal ini juga membuat plywood menjadi bahan baku pembuatan furniture dan bangunan yang cukup populer digunakan oleh masyarakat kita .



Selain itu kayu plywood juga membantu ECO sistem alam terjaga dalam artian lain membantu juga  mengurangi penebangan liar pada pohon di hutan sebab plywood dapat kita buat menggunakan batang pohon hasil tani seperti sengon , karet  dan lainnya.


Plywood sendiri memiliki permukaan bagian depan lebih kuat dibandingkan bagian tengahnya walaupun pada dasarnya untuk membuat plywood disusun dari bagian lapisan serat kayu yang saling menyilang sehingga kekuatan kayunya sangat keras dan sulit di paku.

Pemanfaatan plywood


Untuk pemanfaatan plywood sendiri termasuk sangat banyak dari untuk menjadi dinding bangunan , perabotan rumah tangga , lemari , kursi , meja dan berbagai furniture.

Hal ini disebabkan ukuran kayu lapis atau pun plywood sangat bervariasi dan mudah digunakan tidak sulit mencari ukuran yang kita inginkan.

Kekurangan dan kelebihan plywood


Plywood ( triplek ) memiliki kelebihan juga dari bahan jenis kayu lain seperti hal kayu solid dan lainnya untuk kelebihan dan kekurangannya telah kita rangkum sebagai berikut:

Kelebihan kayu lapis ( plywood )


Kelebihan plywood sendiri ada banyak antara lain sebagai berikut :

Mudah mendapatkan ukuran yang kita inginkan


Seperti yang telah kita singgung di atas bahwa Sanya plywood sendiri dibuat dari susunan lapisan-lapisan kayu sehingga untuk ketebalan maupun kelebarannya dapat kita tentukan sendiri atau kita pesan langsung kepada perusahaan plywood.

Oleh sebab itu untuk mencari plywood dengan ketebalan maupun kelebaran kayu nya mudah kita dapat tak sesulit seperti mencari kayu solid pada umumnya.

Tidak menyusut


Untuk plywood sendiri jauh dari kata penyusutan sebab plywood telah mengalami proses press atau di tekan dengan tekanan yang tinggi sehingga untuk menyusut itu jarang untuk kita dapat.

Tahan terhadap rayap


Plywood sangat tahan terhadap rayap sebab dalam proses pembentukan atau pembuatannya menggunakan proses kimia yang sangat tidak disukai oleh rayap.

Ditambah lagi resin atau lem untuk merekatkan antara lapisan-lapisan kayu tersebut sangat tidak di sukai oleh para serangga .

Tahan terhadap cuaca


Kayu lapis atau plywood sangat tahan terhadap beragam cuaca disebabkan proses pembuatannya menggunakan sistem pengolahan kayu dengan teknologi terkini yang telah maju sehingga dapat membuat kayu lapis tersebut tahan terhadap jamur maupun pelapukan kayu.

Selain itu proses tersebut membuat plywood sulit mengalami melengkung ataupun bengkok yang membuat tampilan kayu tersebut menjadi tidak bagus.

Permukaan halus


Permukaan plywood sangat halus disebabkan telah mengalami proses finishing sehingga warna dan kehalusan permukaan kayunya sudah sangat terjamin.

Tahan air


Plywood termasuk sangat tahan terhadap air hal ini disebabkan permukaan plywood tersebut dilapisi oleh lapisan kayu yang keras di setiap permukaannya.

Keras atau kokoh


Plywood yang dibuat dari lapisan-lapisan lembaran kayu berserat yang saling menyilang sehingga membuat struktur kayu lapis ( plywood ) sangat kokoh atau keras sehingga terkadang untuk merakitnya kita tidak dapat menggunakan paku harus menge-bornya dan disambung dengan baut mur.


Kekurangan plywood


Plywood juga memiliki beragam kekurangan yang terkadang cukup merepotkan bagi kita untuk membuat perabotan rumah tangga yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar nya:

Tidak baik di tempatkan di outdor 


Walaupun plywood tahan dari air dan cuaca akan tetapi plywood juga tidak bagus untuk ditempatkan di outdor atau diluar ruangan sebab jika daerah kalian sering mengalami cuaca extream hal itu membuat kekuatan daya tahan plywood mengurang daya tahan plywood berbeda hal jika kalian menggunakan kayu solid yang mana tanpa menggunakan lem atau resin yang mana tidak kuat terhadap air.

Proses pembuatan yang rumit


Untuk membuat plywood termasuk cukup rumit terutama saat melakukan finishing agar sesuai dengan keinginan yang kita butuhkan .

Dan juga dalam proses pembuatannya perlu biaya dan tahapan khusus dalam membuatnya.

Itulah ulasan kita tentang plywood semoga bermanfaat bagi pembaca dan jika kalian ingin menambahkannya dapat berkomentar dibawah.