Pengaruh teknologi dalam bidang Industri - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh teknologi dalam bidang Industri

Navigasi Info - teknologi membantu manusia agar hidup lebih baik sehingga hampir dari segala lini kehidupan manusia memerlukan yang namanya teknologi atau mesin tak terkecuali dalam bidang industri itu sendiri.

Pengaruh teknologi dalam bidang Industri


Dalam dunia industri manufaktur sendiri yang mana memerlukan kualitas serta kuantitas produksi suatu produk maupun jasa sehingga keakuratan dan kecepatan sangat di tuntut agar tercapai target yang kita planning dan inginkan hal itu tak cukup jika kita hanya mengandalkan tenaga manusia yang mana akan menguras banyak tenaga serta biaya.

Pengaruh teknologi dalam dunia Industri

Mesin industri manufaktur


Hal itu menuntut manusia untuk menggunakan alat maupun mesin untuk mencapai target produksi yang kita inginkan sehingga membuat kita bergantung pada teknologi kita tak dapat menutup faktor tersebut oleh sebab itu kita telah merangkum dari beragam sumber yang ada mengenai pengaruh teknologi terhadap perkembangan dunia industri sebagai mana beberapa poin dibawah ini :

Kelebihan teknologi dalam bidang industri


Untuk kelebihan teknologi di dunia industri sangat terasa sekali yang mana dapat kalian lihat pada poin-poin dibawah ini :

1. Meringankan pekerjaan manusia


Hal pertama yang mempengaruhi bidang industri manufaktur khususnya ialah mempermudah pekerjaan manusia dalam memproduksi barang dengan kualitas dan kuantitas dengan lebih cepat.

Selain itu keakuratan mesin akan lebih baik dari manusia bahkan terkadang ada beberapa pekerjaan yang hanya dapat dikerjakan oleh mesin maupun robot dan juga dalam mengerjakan suatu pekerjaan kecepatan menghasilkan produk jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia saja sebagai perbandingan jika kita menggunakan robot atau mesin kita dapat memproduksi barang 100 pcs dalam waktu 1 jam berbaring terbalik jika kita hanya menggunakan tenaga manusia yang mana hanya mampu produksi 9-10 pcs produk saja dalam waktu yang sama.

2. Lebih aman 


Keamanan dan keselamatan kerja dalam dunia industri tak kalah penting baik itu untuk tenaga kerja kita atau bahkan mesin dan bahan dasar produksi yang mana tidak dapat kita sepelekan.

Dengan menggunakan teknologi kita dapat menjaga keselamatan kerja para pekerja dan juga keselamatan bahan produksi hal ini di sebabkan sistem kerja suatu proses produksi dalam industri manufaktur yang mana mengandung resiko yang tinggi dalam mengerjakannya akan sangat beresiko sekali jikalau kita tidak menggunakan alat bantu , keamanan sistem mesin dan beberapa teknologi industri lainnya yang keamanannya telah terjamin.

3. Pengeluaran untuk memproduksi barang jauh lebih murah


Dengan adanya teknologi atau mesin industri membuat perusahaan dapat mengurangi pengeluaran terutama untuk tenaga kerja sebab biasa pekerjaan yang harus di kerjakan lebih dari satu orang dapat dikurangi dengan adanya teknologi mesin industri sehingga cukup dengan satu orang saja telah dapat di kerjakan dan juga hasil produksi barangnya lebih banyak dengan kualitas yang sama.

Sebagai gantinya kita hanya dibebani dengan biaya perawatan mesin saja dan itupun biayanya relatif tergantung permasalahan mesin tersebut akan tetapi kita dapat memperoleh keuntungan jauh lebih besar dari kecepatan produksi dan biaya lainnya.

4. Dapat memproduksi barang dengan kualitas yang sama


Memproduksi suatu produk dengan menggunakan mesin atau peralatan industri lainnya kita mampu menghasilkan barang dengan jumlah besar dengan kualitas yang terjaga sehingga kita dapat mem-planning serta membuat target kerja jauh lebih mudah dan juga sesuai perhitungan kita.

Berbeda hal jika kita hanya mengandalkan tenaga manusia yang mana tingkat ketelitian serta tenaganya setiap waktu berubah tergantung kesehatan , kemampuan kerja ( skill ) serta konsentrasi para pekerja tersebut sehingga untuk menghasilkan produk dengan jumlah besar dan kualitas yang sama jauh lebih sulit.

Kekurangan teknologi dalam dunia industri


Walaupun banyak keunggulannya teknologi industri juga memiliki beragam kekurangan di bidang industri yang mana berdampak pada kehidupan sosial maupun ekonomi yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber antara lain sebagai berikut :

A. Mengurangi lapangan perkerjaan


Dengan adanya teknologi dalam bidang industri hal itu membuat beberapa pekerjaan tergantikan oleh mesin sehingga lapangan pekerjaan tersebut berkurang bahkan menghilang .

Hal ini akan menjadi permasalahan baru bagi pemerintah yang mana bertujuan mengurangi pengangguran agar dapat mengurangi tindakan kriminal yang di akibatkan faktor ekonomi.

B. Pencemaran lingkungan ( polusi )


Dari beragam kelebihan teknologi maupun mesin industri yang ada tak lepas pula dari kekurangan salah satunya polusi ataupun pencemaran lingkungan sebagaimana kita ketahui bahwa Sanya terkadang mesin industri menghasilkan polusi udara seperti asap , limbah kimia seperti oli bekas dan beberapa zat kimia atau tumpukan limbah lainnya yang mana menjadi permasalahan baru.

Walaupun saat ini mulai ada beberapa mesin industri dengan ramah lingkungan akan tetapi oli dan greas bekas untuk pelunasan mesin tersebut tetap masih jadi masalah lingkungan.

C. Perawatan berkala dan pembaharuan mesin industri


Jika kalian memutuskan menggunakan mesin industri sudah pasti harus membuat anggaran untuk perawatannya sebab jika tidak mesin cepat rusak dan membahayakan keselamatan karyawan yang mengoperasikan mesin tersebut.

Selain itu mesin yang telah berumur terkadang untuk sparepart nya sulit di temukan dipasaran dan juga kualitas produksi maupun keamanan dalam mengoperasikannya pun ikut menurun sehingga kalian harus menyediakan dana untuk meng-upgrade nya dengan mesin teknologi terbaru.

D. Perlu tenaga ahli


Untuk perawatan mesin industri kalian harus mencari karyawan ataupun jasa yang memang ahli menangani mesin tersebut sebab teknologi yang terbaru tidak semua orang mampu untuk menangani nya.

Sehingga jika perusahaan industri manufaktur tersebut berada di daerah yang SDM nya masih kurang akan sedikit sulit menangani mesin tersebut.

Itulah hasil penelitian kita mengenai pengaruh teknologi kepada perkembangan dunia industri semoga dapat bermanfaat untuk kalian jika kalian ingin menambakan dapat berkomentar di bawah dan terima kasih telah berkunjung pada blog kami.