Ukuran kabel terhadap Arus Listrik - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran kabel terhadap Arus Listrik

Navigasi Info - luas penampang kabel listrik serta jenis kawat logam sebenarnya sangat berpengaruh terhadap arus dan hambatan listrik yang melalui kabel tersebut oleh sebab itu sangat menarik sekali untuk kita bahas.

Jenis logam untuk kabel

Suatu kabel terdapat dua jenis zat yaitu isolator sebagai pembungkusnya dan konduktor sebagai media penghantar arus listrik yang mana keduanya sangat penting untuk sebuah penghubung arus listrik dan pengamannya sedangkan jenis zat yang berada diantara keduanya disebut dengan semikonduktor.

Sedangkan zat untuk menjadi suatu penghantar arus listrik sangat menentukan hambatan ( ohm ) yang dihasilkan logam/zat tersebut sebagai mana yang ada pada kolom dibawah ini .
 

Jenis  konduktor berserta hambatannya

Konduktor adalah suatu zat yang baik dalam menghantarkan arus listrik seperti tembaga , besi emas dan lainnya untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat pada tabel di bawah ini :


Jenis logam konduktor hambatan jenis ( ohm )
Perak 1,59 × 10-⁸
Tembaga 1,68×10-⁸
Emas 2,44×10-⁸
Almunium 2,65×10-⁸
Tungsten 5,6×10-⁸
Besi 9,71×10-⁸
Platina 10,6×10-⁸
Raksa 98×10-⁸
Nikrom 100×10-⁸

Dari tabel diatas dapat kita simpulkan bahwa saya perak , tembaga lalu disusul oleh emas yang merupakan logam ataupun konduktor yang baik dalam menghantarkan arus listrik .

Dari perak,tembaga dan emas konduktor penghantar listrik yang terbilang lebih murah harganya ialah tembaga sehingga tak heran bahwa perusahaan pembuatan kabel lebih menggunakan tembaga sebagai bahan bakunya.

Jenis semi konduktor dan hambatannya 


Semikonduktor adalah suatu bahan (zat) yang berada diantara isolator dan konduktor yang mana pada suhu tertentu bahan/zat tersebut dapat menjadi konduktor yang dapat menghantarkan arus listrik untuk jenis semikonduktor berserta hambatannya dapat kalian lihat pada tabel berikut ini:


Jenis semikonduktor hambatan jenis ( ohm )
Karbon (3-60)× 10-⁵
Germanium (1-500)×10-³
Silikon 0,1-60

Sebenarnya masih banyak lagi bahan semikonduktor akan tetapi yang umum dipakai ialah 3 bahan atau zat diatas.

Jenis isolator dan hambatannya


Isolator adalah suatu bahan atau zat yang kurang baik dalam menghantarkan arus listrik.

Sehingga tak heran beberapa perusahaan pembuatan alat elektronik memanfaatkan isolator sebagai pengaman atau safety untuk prodak mereka yang akan berhubungan langsung dengan listrik .

Bahan isolator berserta hambatannya ( ohm ) dapat kalian lihat pada tabel dibawah ini :


Jenis isolator hambatan jenis ( ohm )
Karet padat 10¹³×10¹⁵
Kaca 10⁹× 10¹²

Dari diatas dapat kita lihat bahwa Sanya karet sangat baik dalam menjadi isolator disebarkan daya hantar listriknya sangat buruk.

Selain itu harga pembuatan karet lebih murah jika dibandingkan untuk membuat kaca hal ini membuat banyak perusahaan pembuatan kabel memanfaatkannya menjadi isolator produk kabel mereka ditambah lagi kelenturan karet memudahkan pekerja dalam menyambung arus listrik.

Luas penampang kabel


Luas penampang kabel juga menentukan arus yang dapat mengalir maksimal pada suatu media kabel sehingga ukurannya menentukan arus listrik ( ampere / A ) yang dapat mengalir dengan aman pada media penghantarnya sebab jika perhitungan dalam menentukan ukuran luas penampang kabel sembarangan akan dapat terjadinya konseleting listrik atau bahkan isolator kabel dapat terbakar hal ini dapat terjadinya kebakaran bangunan atau bahkan menghilangkan nyawa seseorang dari tindakan yang salah dalam menentukan luas penampang kabel listrik.

Untuk lebih jelasnya tentang ukuran kabel dan arus listrik yang dapat mengalir dapat kalian lihat pada gambar tabel berikut ini :

Ukuran kabel terhadap Arus Listrik


Selain untuk menentukan ukuran kabel yang kita gunakan dalam pemasangan suatu peralatan listrik ,menentukan luas penampang kabel juga berguna dalam pembuatan motor listrik sebab hal ini dapat menentukan kecepatan serta kekuatan putar suatu motor listrik.

Rumusan hambatan listrik terhadap luas penampang


Rumusan hambatan listrik terhadap suatu jenis zat konduktor dan ukuran luas penampang dapat dirumuskan sebagai berikut :

Rumus hambatan listrik

Dari rumusan diatas dapat kita lihat suatu hambatan listrik ( ohm ) dapat ditentukan oleh hambatan jenis (ohm m ) / jenis zat penghantar arus listrik  ,panjang ukuran penghantar ( panjang penghantar ) dan luas penampang suatu media penghantar .

Sebagaimana rumusan diatas hal ini dpat kita aplikasikan dalam menentukan ukuran kabel untuk media pembuatan motor listrik ataupun menentukan ukuran kabel yang cocok dalam pemasangan peralatan listrik.