Fungsi Navigasi GPS berserta Sejarah nya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Navigasi GPS berserta Sejarah nya

Navigasi Info - Bagi kita yang Berkendaraan di lokasi yang baru kita kunjungi sudah pasti sangat terbantu sekali dengan adanya teknologi navigasi GPS yang terdapat pada smart phone yang mana dapat secara akurat mencari lokasi tujuan kita ditambah lagi teknologi Navigasi GPS ini biasanya sudah tertanam langsung pada smart phone jika kita tidak memiliki navigasi GPS kita cukup mendownloadnya secara gratis di playstore.

Fungsi gps


GPS sendiri berasal dari singkatan Global Positioning System ( GPS ) pada dasarnya teknologi GPS ini berfungsi bukan hanya untuk kita berkendaraan saja akan tetapi ada banyak manfaat lainnya dari teknologi GPS terutama dalam bidang militer.

Fungsi atau Manfaat GPS


Keterbatasan pengetahuan tentang teknologi navigasi GPS ini jarang diketahui orang maklum saja sebab dahulu harga gadget GPS sangatlah mahal dan beberapa negara hanya mengkhususkan nya untuk perlengkapan militer saja sehingga kita tidak mengetahui fungsi dan kegunaannya lebih lengkap kita hanya tahu menggunakan GPS hanya untuk berkendara dan memainkan game terutama game pokemon go.

Untuk mengetahui manfaat atau fungsi GPS dapat kalian lihat pada poin-poin berikut :

GPS untuk Keperluan Militer


GPS pada awalnya hanya digunakan oleh militer sebagai alat navigasi untuk mengetahui posisi pasukan berada dan mengetahui arah bom yang akan di pasang serta keberadaan bom tersebut dalam arti lain GPS dalam bidang militer digunakan untuk keperluan berperang.

GPS sebagai Alat Navigasi


Manfaat utama teknologi GPS yang paling umum digunakan untuk alat navigasi sebagai mana kompas dapat menentukan arah mana yang akan kita tuju.

Sehingga tak heran beberapa kendaraan telah dilengkapi teknologi GPS terutama untuk kendaraan roda empat ( mobil ) dengan adanya GPS kita dapat melihat peta disekitar kita hanya dengan menggunakan jaringan internet sehingga kita dapat melihat jalur lokasi yang akan kita tuju.

GPS menjadi alat pelacak kendaraan


Sebagaimana telah kita singgung diatas bahwa beberapa kendaraan telah dilengkapi teknologi GPS ini selain sebagai alat pemandu navigasi ternyata teknologi GPS juga dapat kita gunakan untuk melacak keberadaan kendaraan kita.

Jika kendaraan kalian hilang atau hanya ingin mengetahui keberadaannya kalian dapat memanfaatkan teknologi GPS ini untuk melacak keberadaannya hal ini sangat berguna sekali jika kalian berbisnis dalam bidang transfortasi.

GPS berfungsi untuk mengetahui informasi Geografis


Manfaat lain dari teknologi GPS dapat kita gunakan untuk mengetahui kondisi geografis lokasi sehingga tak jarang teknologi ini sering digunakan dalam pembuatan peta yang mana dengan GPS kita dapat mengetahui jarak batas maupun mengetahui ukuran jarak yang tepat pada lokasi tersebut.

Digunakan untuk pemantau pergerakan tanah


Jika GPS kalian mempunyai ketelitian yang tinggi hingga ukuran milimeter GPS tersebut dapat kita gunakan untuk mengetahui pergerakan tanah sehingga kita dapat memprediksi kejadian gempa dan juga mengetahui pergerakan vulkanik maupun tektonik.


GPS bermanfaat dalam penerbangan 


Setiap pesawat sudah menjadi kewajiban untuk memakai teknologi GPS ini sebagai alat navigasi pesawat agar mengetahui posisi pesawat berada dan kecepatan pesawat dalam penerbangan tersebut teknologi GPS pesawat biasanya menggunakan sistem 3D yang keakuratannya tak usah di ragukan lagi.

Sedangkan saat ini teknologi smartphone rata-rata telah ditanamkan GPS Hal ini pun yang membuat kita saat naik pesawat tidak boleh menghidupkan smartphone terutama untuk internetnya agar dikawatirkan penumpang pesawat akan menggambar peta jalur pesawat tersebut untuk keamanan penumpang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tindakan ini harus di lakukan.

Selain itu pada saat survey pesawat GPS juga masih digunakan dengan metode real time yaitu DGPS ( Differential Global Positioning System ).

GPS untuk bermain game


Saat ini banyak juga game yang memanfaatkan teknologi GPS ini salah satu game yang populer ialah pokemon go yang mana dapat memanfaatkan teknologi GPS dengan baik sehingga selain kita dapat bermain game kita pula dapat berolah raga .

GPS dapat digunakan untuk mengatur jadwal


Sebagai mana kita ketahui bahwa kendaraan telah ditanamkan teknologi GPS sehingga kita dapat mengetahui riwayat perjalanan kendaraan itu dengan cara mengecek GPS tersebut sehingga kita dapat mengatur jadwal servis terutama ganti oli dan juga kita dapat mengatur jarak waktu kita untuk menuju suatu lokasi dengan memanfaat teknologi GPS secara lebih efektif.

GPS bermanfaat untuk menangkap ikan


GPS telah sejak lama tepatnya pada tahun 1985 di kenal orang untuk navigasi mencari ikan diperairan laut yang luas sehingga dalam melakukan perjalanan mereka jauh lebih mudah untuk kembali ke lokasi awal mereka.

Walaupun sebenarnya kapal laut pengirim barang ( kapal kargo ) juga menggunakan teknologi GPS ini untuk navigasinya kurang lebihnya fungsi kegunaannya sama seperti yang dipakai oleh kapal nelayan yaitu untuk mengetahui posisi berada dan sebagai navigasi perjalanan laut pengganti kompas dan peta.

Sistem kerja GPS


Kita telah mengetahui beberapa fungsi GPS diatas maka selanjutnya kita akan mengulas bagaimana sistem kerja GPS itu sebenarnya.

Cara kerja GPS


Dari sinyal satelit akan mengirim gambaran data kepada mesin GPS kita kemudian dari GPS akan mengirim gambaran posisi lokasi kita berada menuju tower penguat sinyal kemudian akan langsung mentransfernya menuju ke stasiun pengawas dan mengirimnya menuju satelit lagi sedikit rumit sih tapi untuk lebih jelas gambarnya kalian dapat lihat gambar diatas atau dapat langsung lihat video dibawah ini :




Sejarah GPS


Sejarah GPS sendiri dimulai pada tahun 1957 di Amerika serikat tepatnya di massachusetts institute of technology ( MIT ).

Para ilmuan MIT sedang meneliti frekuensi sinyal radio satelit milik rusia ( sputnik ) pergerakan satelit tersebut dapat diketahui dari sinyal radio yang dihasilkan dari satelit tersebut berbentuk suara yang melengking seperti klakson.

Dari penelitian tersebut para ilmuan MIT mengetahui bahwa Sanya lokasi atau keberadaan satelit dapat diketahui dengan menghitung jarak frekuensi radio yang dihasilkan satelit.

Dari hal itu mereka mendapatkan ide untuk untuk menciptakan alat navigasi yang berdasarkan sinyal frekuensi radio pada satelit tersebut yang kita sebut GPS saat ini.

Ide itu mulai dirancang pada tahun 1970 oleh departemen pertahanan militer Amerika tak heran teknologi ini dipakai pertama kali oleh para militer Amerika pada tahun 1974 dari sini Amerika mulai menerbangkan banyak satelit untuk keperluan navigasi GPS dan berlanjut sampai sekarang sehingga menjadi barang komersial di jual bebas kepada masyarakat.

Itulah sepenggal sejarah serta manfaat GPS untuk kehidupan kita jika kalian ingin menambakan nya kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.