Kayu VS Baja Ringan - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kayu VS Baja Ringan

Navigasi Info - kayu merupakan suatu bahan material yang selalu diburu masyarakat kita hal ini membuat beberapa jenis tanaman mulai terancam keberadaannya sehingga memaksa kita untuk mencari alternatif lain pengganti kayu sebagai bahan pembuatan furniture maupun pembangunan property salah satunya menggunakan baja ringan ,plastik , besi dan bahan lainnya.

Kayu VS Baja Ringan


Walaupun demikian masih banyak masyarakat kita yang mencari dan berburu bahan dasar material kayu ini sebab banyak kelebihan yang tidak kita dapat dari bahan material lain akan tetapi pemerintah maupun pengusaha mulai berputar otak untuk mengalihkan penggunaan kayu dengan material lain salah satunya dengan menggunakan baja ringan yang mana baru-baru ini sedang populer digunakan oleh masyarakat kita khususnya untuk pembuatan atap rumah.


Sebagai mana yang kita ketahui penggunaan kayu yang berlebihan sama dengan mencekik leher kita sendiri sebab penghasil oksigen di bumi ini ialah tanaman yang kita jadikan material tersebut dengan adanya baja ringan diharapkan mampu mengurangi penebangan hutan secara ilegal dan berlebihan.

Walaupun demikian baik kayu maupun baja ringan pasti ada plus minusnya sendiri sebagaimana material lainnya oleh sebab itu kita akan berusaha mengulasnya bersama dalam artikel kita ini.

Kayu VS Rangka Baja ringan Untuk Atap Rumah Mana Yang lebih Unggul


Rangka baja dan Kayu sebagai bahan dasar pembuatan atap rumah sama memiliki kelebihan maupun kekurangannya yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber untuk kita jabarkan menjadi beberapa poin dibawah ini :

1. Harga baja ringan VS kayu


Dahulu kayu memang harganya jauh lebih murah dari baja akan tetapi lambat laun harga kayu jauh lebih mahal dari baja itu sendiri hal ini disebabkan oleh jumlah kayu yang diinginkan pasar lebih banyak dibandingkan dengan persediaan kayu itu sendiri baik di pedagang , petani bahkan di hutan.

Karena keterbatasan kayu tersebut mengakibatkan harga kayu saat ini jauh lebih mahal dari zaman dahulu dalam arti lain harga kayu mengalami fluktuasi tajam dari sebelumnya selain itu proses waktu pemasangan atap rumah yang terbuat dari baja ringan terbilang cepat dan juga lebih praktis dari kayu.

Jadi dalam segi harga baja ringan lebih unggul dari harga kayu.

2. Kekuatan Kayu VS Baja ringan


Kayu termasuk bahan yang cukup kuat untuk atap rumah akan tetapi kayu sendiri memiliki beberapa kekurangan yaitu kayu mudah terkena jamur maupun dimakan oleh rayap yang mana memang menjadi musuh utama bahan berdasar kayu.

Sehingga dalam memanfaatkan kayu untuk bahan dasar atap rumah kita harus memproses kayu dengan tambahan biaya seperti obat anti rayap maupun jamur.

Hal ini berbanding terbalik jikalau kita menggunakan baja ringan untuk bahan dasar atap rumah yang mana kekuatannya tidak usah dipertanyakan lagi selain itu baja ringan juga tidak mudah menjadi karatan karena bahan dasarnya khusus berbeda dengan besi biasa ( besi konvensional )  

Dari kekuatan dan ketahanan baja ringan masih unggul jika dibandingkan dengan kayu dalam pembuatan atap rumah.

3. Pengerjaan Atap Rumah Kayu VS Baja ringan


Sebagaimana kita sedikit menyinggung permasalahan ini diatas bahwa Sanya dalam pengerjaan atap rumah yang berbahan dasar baja ringan jauh lebih mudah dari pengerjaan atap rumah yang terbuat dari kayu.

Hal ini disebabkan baja ringan sedari awal sudah lah terbentuk dan tersusun kita tinggal merakitnya saja di lapangan berbeda dengan atap rumah yang terbuat dari kayu yang dimana kita harus membentuknya terlebih dahulu baru dapat kita susun atau rakit sehingga pengerjaannya jauh lebih sulit dan memakan waktu.

Dari segi kepraktisannya dan kecepatan pengerjaannya baja ringan masih unggul jika dibandingkan dengan kayu untuk pembuatan atap rumah.

4. Dampak Lingkungan Kayu VS Baja Ringan


Jika kita lihat dari dampak lingkungan penggunaan kayu dalam pembuatan atap rumah berarti kita telah menghilangkan 1 batang pohon atau lebih di hutan sebagaimana kita ketahui pohon tersebut menghasilkan oksigen yang kita hirup dan mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Dengan kata lain dengan memakai baja ringan dalam pembuatan atap rumah sama saja kita membantu menyelamatkan  hutan dan lingkungan kita jadi bisa dibilang baja ringan lebih ramah lingkungan .

Itulah hasil perbandingan baja ringan dengan kayu untuk pembuatan atap rumah semoga dapat menjadi referensi kalian jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di blog kami.