Kekurangan dan kelebihan kayu kruing - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu kruing

Navigasi Info - kayu kruing merupakan salah satu kayu pertukangan yang sangat familiar untuk dijadikan furniture ataupun bangunan di daerah pulau Jawa khususnya.

Kekurangan dan kelebihan kayu kruing


Tanaman kruing sendiri masuk dalam kelompok jenis tanaman Dipterocapaceae yang tersebar luas di wilayah tropis Asia lebih speksifiknya di Asia tenggara tak terkecuali Indonesia yang mana pohon kruing dapat tumbuh subur di pulau-pulau Indonesia seperti Sumatra , Jawa , Kalimantan , Sulawesi ,Papua dan lainnya.


Pohon kruing biasa tumbuh di permukaan tanah 1500  meter dari permukaan laut pohon kruing dapat tumbuh tinggi mencapai 65 meter dari tanah dengan batang yang lurus tanpa cabang sedangkan diameter batang pohon kruing dapat mencapai 2 meter.

Pemanfaatan tanaman kayu kruing


Tanaman kruing salah satu tanaman yang kaya manfaat yang mana dapat kita jadikan beragam produk bukan saja untuk bahan material bangunan maupun furniture oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut :

1. Olah menjadi bahan bangunan dan furniture

Hal umum yang dimanfaatkan dari tanaman pohon kruing ialah batang kayunya yang mana jika telah cukup umur dapat kita tebang untuk dijadikan olahan kayu seperti pembuatan furniture , kusen , tiang bangunan , kertas , plywood dan lainnya.

Untuk kualitas kayu kruing juga termasuk cukup baik yang mana menjadi salah satu kayu yang awet tingkat 2 - 3 tak heran kayu kruing sering di ekspor keluar negeri menyaingi kayu Meranti.

2. Tanaman kruing menghasilkan minyak dan resin

Selain batang kayunya dapat kita olah menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga tanaman kruing juga menghasilkan beragam olahan yang bermanfaat bagi manusia yaitu berupa minyak pohon kruing dan resin dari getah pohon kruing.

Beberapa jenis tanaman kruing menghasilkan minyak kruing ( minyak lagan ) yang biasa dimanfaatkan masyarakat kita untuk mendempul perahu serta digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit terutama untuk mengobati luka.

Salah satu jenis pohon kruing yang menghasilkan getah resin sering di sebut masyarakat kita pohon damar yang mana setiap luka dari pohon kruing ( damar ) menghasilkan getah resin yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dapat menjadi pemasukan tambahan bagi para petani.

Plus minus kayu kruing


Kayu kruing sama halnya dengan jenis kayu dari tanaman lain yang mana mempunyai keunggulan maupun kekurangannya juga yang mana kita telah merangkumnya sebagai berikut :

Keunggulan kayu kruing


Kayu kruing sebagaimana kelas kayu ranking awet 2-3 sudah pasti mempunyai keunggulan dan daya pikat bagi para konsumennya tersendiri yang mana dapat kalian lihat berbagai poin-poin dibawah ini :

1. Anti rayap dan jamur

Kayu kruing termasuk salah satu kayu yang tahan terhadap serangan rayap dan jamur hal tersebut diakibatkan tanaman kruing yang menghasilkan minyak alami dan juga resin yang sangat dibenci oleh serangga.

Hal tersebut juga membuat jamur pada kayu kruing sulit atau sukar tumbuh pada permukaan kayunya.

2. Termasuk dalam kayu awet

Untuk tingkat keawetan kayu kruing sudah terkenal yang mana tanaman ini masuk dalam salah satu kayu awet tingkat 2-3 cukup kuat dan awet walaupun masih dibawah kayu jati.

3. Kayu kruing termasuk kayu yang kuat

Kayu kruing salah satu jenis kayu yang keras sehingga kekuatan dan kekokohannya tidak usah di ragukan terlebih lagi jika kalian menyambung bagian bangunannya dengan cara diskrup pakai baut serta dilem.

4. Dapat digunakan untuk indoor dan outdoor 

Furniture atau bangunan yang terbuat dari kayu kruing dapat kalian pakai untuk outdoor maupun indoor sebab kayu kruing mengandung resin alami yang mencegah dia dari serangan jamur dan rayap.

Kekurangan kayu kruing


Dari kelebihan diatas kayu kruing juga tak lepas dari kekurangan yang mana sebagai berikut :

Sulit dalam pengerjaan

Untuk pengolahan kayu kruing hingga dapat menjadi furniture seperti kursi , lemari , meja dan lainnya termasuk cukup sulit bila kita bandingkan dengan mengolah kayu jati maupun mahoni.

Sehingga diperlukan teknik pengolahan kayu yang cukup mumpuni untuk para pekerjanya.

Tidak se-awet kayu jati

Walaupun kayu kruing masuk dalam jajaran kayu awet akan tetapi kalian juga jangan terlalu beranggapan lebih sebab kayu kruing tidaklah se-awet kayu jati.

Sehingga dalam perawatannya perlu perhatian lebih dari kalian selaku penggunanya.

Harga kayu kruing 


Harga kayu kruing gelondongan

Untuk harga kayu kruing gelondongan saat ini tahun 2020-2021 kisaran harga Rp 800.000 - Rp 1.200.000 sebagai mana dapat kalian lihat pada tabel diatas harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah tergantung keadaan pasar akan tetapi itu dapat menjadi referensi kalian untuk menjual ataupun membeli kayu kruing.

Itulah bahasan kita mengenai kayu kruing semoga bermanfaat bagi kalian jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah.