Kelebihan bahan material kayu - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan bahan material kayu

Navigasi Info - kayu merupakan salah satu bahan material yang disediakan alam untuk kita baik untuk pembuatan bangunan , furniture , property , alat musik bahkan perabotan rumah tangga yang dibutuhkan untuk manusia.

Nilai plus menggunakan bahan material kayu


Selain itu tanaman yang menghasilkan batang kayu sebagai bahan material tersebut juga memberikan manfaat berupa buah dan yang utamanya menghasilkan oksigen yang mana dibutuhkan bagi mahluk hidup lainnya sehingga sangat pentingnya keberadaan tanaman-tanaman itu untuk keutuhan dunia dan mahluk hidup yang berada didalamnya .


Keunggulan Bahan Material Kayu


Sedangkan untuk kebutuhan material kayu memiliki bermacam manfaat serta kegunaan yang lebih unggul dari material lainnya yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber yang mana dapat kalian lihat poin-poinnya sebagai berikut :

1. Mudah untuk dibentuk


Kayu merupakan salah satu bahan dasar material yang mudah diolah menjadi bermacam-macam bentuk sehingga dalam pembuatan furniture , property , kusen , alat musik dan perabotan rumah tangga tidak terlalu sulit jika menggunakan bahan material yang satu ini tidak seperti bahan lain seperti kaca , besi / logam , dan batu yang mana dalam membuatnya memerlukan skill yang mumpuni dan tenaga yang banyak.

Sebab tekstur kayu yang lunak dan lentur membuat kita mudah dalam mengolahnya berbeda hal jika menggunakan logam maupun kaca dan batu  sehingga tak heran banyak perusahan ataupun seniman ukir memilih kayu sebagai bahan materialnya .

2. Kualitas kayu dapat dilihat secara visual


Hal lain yang menjadi kelebihan bahan dasar kayu ialah kualitas bahannya dapat kita ketahui dengan hanya melihatnya saja tak perlu menggunakan bermacam alat yang dalam pemakaiannya sangat sulit digunakan .

Dengan cara melihat serat , tekstur bahkan tampilan kayu kita dapat melihat kualitas dan ketahan kayu tersebut berbeda jika kalian menggunakan logam yang mana kalian memerlukan alat uji seperti hardness tester untuk mengetahui kekuatan dari kekerasan logam tersebut.

3. Kayu salah satu bahan material yang tahan lama


Kayu merupakan salah satu bahan material yang terkenal juga keawetannya terutama beberapa kayu seperti kayu Ulin , jati , Sungkai dan kayu berkualitas lainnya.

Yang mana tahan kayu berkualitas dapat bertahan sampai Beratus - ratus tahun sehingga keras seperti batu seperti kayu Ulin dan koka yang mana semakin tua umurnya dapat menjadi batu dan tampilannya pun sangat indah.

4. Mempunyai tekstur bahan yang indah dipandang 


Kekuatan utama banyak orang memilih bahan dasar material mereka menggunakan bahan kayu ialah dari tampilan serat kayu yang indah dipandang mata seperti yang saya singgung dalam poin ketiga diatas.

Tekstur kayu yang halus dan serat corak kayu yang cantik nan indah dipandang membuat setiap orang tergoda untuk membelinya berbeda sekali jika kalian menggunakan bahan material jenis lain contohnya besi maupun plastik yang mana tampilannya monoton dan kalah menarik jika dibandingkan dengan bahan dasar kayu.

5. Berat bahan cukup ringan


Untuk beratnya sendiri kayu tidak terlalu seberat besi ( logam ) maupun kaca dan bahan material lainnya yang memiliki berat jenis yang sangat tinggi sehingga dalam proses pemindahan nya cukup sulit dan memerlukan tenaga extra ( tenaga yang lebih ) dalam proses pengolahan dan pemindahan.

6. Tidak ada yang dibuang


Bahan material kayu salah satu bahan material yang tidak ada yang dibuang dalam artian lain serpihan sampahnya masih bisa di olah dan dijadikan beberapa hal yang bermanfaat serta mempunyai nilai ekonomi seperti sisa potongan kayu masih bisa dijadikan arang dan abu pembakaran yang mempunyai nilai ekonomi .

Selain itu serbuk kayu yang dihasilkan oleh kayu juga masih dapat dimanfaatkan menjadi bubur kertas bahan dasar pembuatan kertas serta berbagai hal lainnya yang dapat kita buat dari limbah-limbah kayu .