Plus Minus Kendaraan listrik yang akan beroperasi di indonesia - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plus Minus Kendaraan listrik yang akan beroperasi di indonesia

Navigasi Info - ancaman polusi udara dan kerusakan lingkungan sedang menjadi sorotan diberbagai dunia baik itu akibat aktifitas pertambangan ataupun pemakaian kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak bumi hal ini pun menjadi pertimbangan kita untuk menggunakan Kendaraan bermotor yang ramah lingkungan salah satunya kendaraan listrik.

Sepeda motor listrik


Sebagaimana telah ditanda tangani oleh presiden Indonesia ( Jokowi ) tentang peraturan pemakaian dan kepemilikan kendaraan listrik ( motor / mobil listrik ) beberapa waktu yang lalu tepatnya pada hari Senen ( 12 / 08 / 2019 ).

Dan juga kabar terbaru dari pemerintah kita bahwa Sanya telah ada tindakan negosiasi pendekatan kepada produsen baterai global agar terciptanya industri otomotif khusus nya yang berbasis listrik untuk mensupport keberadaan kendaraan listrik di Indonesia perusahaan tersebut ialah LG ( Korea Selatan ) dan CALT ( China ).

" Industri baterai lithium yang diproduksi dari sumber daya alam kita sendiri hal ini bertujuan untuk mendukung terciptanya industri mobil listrik skala besar di negara kita Indonesia " ucap presiden Jokowi pada hari Rabu ( 27 / 01 / 2021 ).


Hal ini menjadi kabar gembira juga bagi kita bahwa dengan adanya industri mobil listrik tersebut di negara kita secara otomatis lapangan pekerjaan pun terbuka lebar selain itu teknologi yang ramah lingkungan pun dapat kita peroleh jauh lebih murah sebab di produksi di dalam negeri.

Walaupun demikian banyak dari kita masih penasaran kelebihan dan kekurangan dari kendaraan listrik tersebut oleh sebab itu kita akan bahas bersama-sama.

Kelebihan dan kekurangan kendaraan listrik

Mobil listrik


Apa sih yang membuat kita harus mempertimbangkan untuk berpindah pemakaian kendaraan dari motor ataupun mobil berbahan bakar minyak menjadi menggunakan kendaraan bermotor listrik.

Oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari beberapa sumber hal apa saja yang menjadi keunggulan maupun kekurangan kendaraan bermotor listrik yang mana sebagai berikut :

Keunggulan kendaraan listrik


Kendaraan listrik memiliki beberapa keunggulan fitur maupun fungsi yang mana dapat kalian poin-poin dibawah ini :

Lebih ramah lingkungan 


Kendaraan listrik jika kita bandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak sudah pasti hal pertama yang membuat kita ingin beralih pada kendaraan listrik ialah mengenai polusi yang dihasilkannya yang mana emisi gas karbon dari kendaraan berbahan bakar minyak sangat lah banyak dan mencemari udara serta lingkungan untuk jangka panjang tidak baik untuk kesehatan hidup kita.

Hal ini berbeda jika kita menggunakan kendaraan bermotor listrik yang mana emisi gas karbonnya sangat sedikit sekali bahkan tak ada sama sekali.

Lebih hemat 


Menggunakan Kendaraan listrik termasuk jauh lebih hemat biaya yang mana untuk menempuh jarak 120 km  kendaraan listrik hanya menghabiskan biaya Rp 75.000 saja untuk pengisian energi listriknya.

Hal ini berbeda sekali jika kalian menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak ( BBM ) yang mana untuk menempuh jarak 120 km menghabiskan biaya kurang lebih Rp 300.000 .

Ditambah lagi kendaraan listrik tidak akan menghabiskan energi listrik banyak saat terkena macet dijalan bisa dibilang irit sekali berbeda hal jika kalian masih menggunakan kendaraan BBM yang mana akan boros sekali memakan banyak bahan bakar saat terkena kemacetan di jalan raya.

Perawatan jauh lebih mudah


Kendaraan listrik untuk perawatannya akan jauh lebih simpel dan mudah tak seperti kendaraan berbahan bakar minyak yang mana kalian harus rutin mengganti oli maupun perawatan ringan setiap bulannya.

Hal ini berbeda jikalau kalian menggunakan motor listrik kalian cukup melakukan perawatan di bagian baterai nya saja.

Mempunyai sistem ITS 


Apa itu ITS ? ITS adalah suatu perangkat cerdas buatan untuk berlalu lintas yang berfungsi menghubungkan kendaraan dengan jalan raya berserta sarana dan prasarana jalan sehingga perangkat ini mampu mengindari kecelakaan yang fatal dan dapat melakukan pengereman otomatis saat menabrak sesuatu.

Sedangkan ITS sendiri singkatan dari Intellegent Transport System ( ITS ).

Rata-rata kendaraan listrik telah ditanamkan dengan teknologi ITS ini sehingga jauh lebih aman jika kita bandingkan dengan kendaraan BBM.

Kekurangan kendaraan listrik


Dari berbagai kelebihan tersebut kendaraan listrik juga memiliki kekurangan yang mana telah kita dapat dari pengamatan dan juga beberapa sumber terpercaya yang mana sebagai berikut :

Kapasitas baterai kurang besar


Hal utama yang jadi kendala kendaraan listrik ialah kapasitas baterainya terbilang kurang besar sehingga dalam penggunaan kendaraan listrik tersebut hanya mampu di jalankan selama 2 jam saja.

Akan tetapi baru-baru ini beberapa negara mulai mengembangkan baterai listrik untuk kendaraan dengan kapasitas yang tinggi hingga bertahan lebih dari 2 jam mungkin kedepannya kendala ini akan cepat di atasi.

Pengisian baterai terbilang lama


Untuk pengisi ulang energi listrik untuk baterai kendaraan listrik terbilang sangat lama sebab memakan waktu 5-6 jam untuk jarak tempuh 110-120 km.

Hal ini masih belum bisa diatasi masih menunggu teknologi pengisian baterai yang lebih mutahir sehingga waktu pengisian ulangnya memakan waktu sebentar.

Jarak tempuh terbatas


Jarak tempuh menggunakan kendaraan listrik ini termasuk terbatas yaitu 120 km saja hal ini disebabkan seperti faktor diatas yaitu kapasitas baterai yang tidak besar dan juga lama dalam pengisian baterainya.

Ditambah lagi fasilitas untuk pengecasan baterai juga belum ada hanya bisa pengisian baterai dilakukan di rumah pribadi.

Fasilitas pendukung belum memadai


Faktor yang membuat kendaraan listrik tidak populer ialah fasilitas pendukungnya belum memadai seperti fasilitas umum pengisian baterai belum ada di Indonesia.

Dan juga bengkel yang bisa menangani kendaraan listrik ini masih jarang jika di bandingkan untuk bengkel yang menangani kendaraan berbahan bakar minyak.

Kurang lebih seperti diatas opini kita mengenai kendaraan listrik jika kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.