Tips memulai usaha bengkel motor berserta rinciannya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memulai usaha bengkel motor berserta rinciannya

Navigasi Info - saat ini mulai banyak dari kita yang kehilangan pekerjaan akibat dari wabah virus Corona di tambah lagi permasalahan ini semakin berkepanjangan yang membuat perekonomian dunia semakin carut marut.

Tips dan rincian peluang usaha bengkel motor


Oleh sebab itu kita harus memeras otak kita untuk menghasilkan pendapatan agar dapat bertahan hidup saat ini salah satunya dengan cara membuat usaha bengkel Honda eh salah bengkel motor hehehe.


Jika kalian hobi dengan Otomotif dan tahu tentang teknik perbaikan mesin kendaraan sepertinya akan lebih baik jikalau kalian memanfaatkan skill atau kemampuan kalian tersebut agar dapat menghasilkan pendapatan. 

Tips memulai usaha kecil bengkel motor


Untuk memulai usaha kurang lebih hampir sama dengan memulai usaha lainnya yaitu perlu niat dan kemampuan oleh sebab itu mungkin saya akan memberikan beberapa masukan dalam membuat bengkel motor yang mana beberapa poin dibawah ini dapat kalian praktekan :

1. Pemilihan lokasi


Hal utama untuk memulai usaha ialah kalian harus menentukan lokasi yang cukup strategis untuk mudah di temukan dan menarik pelanggan untuk berkunjung kepada bengkel motor kalian dengan kata lain kalian dapat mencari yang dekat dengan jalan raya.

Sebab jika kalian memilih lokasi yang sulit ditemukan pelanggan apa lagi bengkel kalian belum punya nama dapat dipastikan usaha kalian akan sepi dengan pelanggan.

Walaupun biasanya lokasi macam itu harga sewanya lebih mahal akan tetapi tingkat kesuksesan usaha bengkel motor kalian cepat maju dan punya nama setimpal dengan biaya yang kita keluarkan .

2. Tenaga ahli


Hal kedua yang di persiapkan ialah montir atau mekanik yang memang ahli dalam memperbaiki dan memodifikasi kendaraan bermotor jika kalian memang merasa sanggup dan mampu akan jauh lebih baik sebab terkadang montir atau teknisi otomotif telah memiliki modal sendiri banyak yang memilih membuka bengkel sendiri.

Mengapa kita harus mencari tenaga ahli sebab usaha bengkel sama dengan usaha di bidang jasa yang mana pelayanan dan servis kalian yang di nilai oleh pelanggan serta menjadi nilai jual kalian agar cepat di kenal oleh masyarakat.

3. Mempunyai supplier suku cadang atau spareparts dengan harga yang miring


Langkah selanjutnya kalian harus mendapatkan pemasok ( supplier ) spareparts motor yang harganya murah supaya kalian dapat memberikan harga yang murah dengan pelanggan kalian tapi keuntungan yang kalian dapat tak jauh beda dari pendapatan biasanya.

Selain itu jika spareparts motor atau kendaraan kalian komplit serta lengkap dari barang yang umum sampai dengan aksesoris sehingga akan mempermudah kalian dalam perbaikan motor maupun memberikan kepuasan pelanggan dalam memilih keperluan kendaraan mereka.

4. Membuat promosi dan iklan


Langkah berikutnya kalian dapat melakukan promosi dan juga iklan agar bengkel kalian dapat cepat di kenal orang untuk promosi ada banyak cara salah satu nya memberikan diskon , sovenir , atau bahkan memberikan voucher yang mana jika telah mengumpulkan sepuluh voucher ( kupon ) dapat servis motor gratis.

Sedangkan untuk iklannya kalian dapat memanfaatkan media sosial di Facebook ataupun grup wa dan juga memberi tahu pada orang terdekat kalian seperti keluarga atau tetangga agar mereka memperbaiki motor mereka ketempat kalian .

Promosi atau pun iklan yang terbaik ialah dari mulut ke mulut hal itu dapat terjadi jika pelayanan serta servis kalian bagus sehingga konsumen kalian akan secara gratis mempromosikan bengkel kalian kepada kerabat mereka.

5. Terus belajar dan mau mendengar permintaan konsumen 


Hal yang tak jauh lebih penting ialah selalu pelajari segala permasalahan mesin kendaraan yang kalian perbaiki sehingga jika kalian menemukan permasalahan yang sama kalian dapat langsung menanganinya .

Hal tersebut dapat terjadi jika kalian ingin mendengar keluhan konsumen dan terus belajar sehingga kalian dapat ahli menangani segala kerusakan mesin kendaraan.

Rincian usaha bengkel motor


Rincian ini kita buat untuk membuat bengkel motor yang sederhana ya bukan untuk membuat bengkel motor skala besar yang sudah pasti biaya pembuatannya jauh lebih besar.

Oke langsung saja kita buat rinciannya yang mana kita dapat langsung dari pemilik usaha bengkel di lapangan.

Menyewa tempat


Untuk masalah lokasi untuk bengkel motor sendiri tidak memerlukan tempat yang luas terlebih dahulu sebuah tempat yang ukuran kecil pun sudah cukup asal lokasinya memang strategis.

Jika kita kalian membuka usaha bengkel motor di kawasan provinsi Lampung dan tempat sewanya tidak luas tapi berada di jalan utama pertahunnya Rp 10 - 20 juta.

Kita ambil yang kecil saja yaitu pertahunnya Rp 10.000.000 

Alat kerja


Untuk rincian alat kerja bengkel motor dapat kalian lihat pada tabel di bawah ini :


Nama Harga
1 set kunci ring pas Rp 580.000
1 set kunci L Rp 150.000
1 set kunci shock Rp 520.000
1 set kunci pas Rp 500.000
1 set kunci ring Rp 450.000
1 set kunci T Rp 300.000
1 set kunci bintang Rp 200.000
Kunci inggris Rp 150.000
Obeng plus minus Rp 50.000
Obeng getok Rp 100.000
Kunci busi 3 set Rp 100.000
Tang potong,Kombi,cucut Rp 75.000
Sklip buka dan tutup  Rp 125.000
Palu karet dan besi Rp 150.000
Tang steel Rp 120.000
Pahat Rp 50.000
Gergaji besi Rp 100.000
Ragum Rp 500.000
Gerinda tangan Rp 300.000
Gerinda duduk Rp 425.000
Bor Rp 350.000
Kompresor  Rp 1.520.000
Total Biaya :     Rp   6.815.000

Sparepart dan pelumas

Untuk awal buka usaha tidak usaha pesan banyak spareparts dan oli pesanlah secukupnya dulu yaitu sebagai berikut :

Nama Harga
Spareparts Rp 3.500.000
Oli pelumas Rp 3.500.000
Total Biaya :     Rp   7.000.000

Biaya operasional


Listrik dan air perbulannya di perkirakan Rp 300.0000

Total biaya


Total biaya keseluruhan untuk memulai usaha bengkel motor adalah 

sewa ruko + biaya peralatan + spareparts dan oli + biaya operasional = total biaya

Rp 10.000.000 + Rp 6.815.000 + Rp 7.000.000 + Rp 300.000 = Rp 24.115.000

Kurang lebih untuk memulai usaha bengkel motor ialah Rp 25.000.000 ini. Hanya untuk. Gambaran kalian jika. Ingin memulai usaha bengkel harga tersebut bisa. Berubah sewaktu-waktu.

Terima kasih telah berkunjung di blog kami jika ingin menambahkan komentar langsung dibawah.