Kekurangan dan kelebihan kayu bengkirai - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu bengkirai

Navigasi Info - kayu yellow balau atau lebih kita kenal dengan kayu bengkirai merupakan salah satu kayu yang sangat familiar untuk pembuatan bangunan rumah kayu bengkirai termasuk kayu yang tumbuh subur di kawasan Asia tenggara seperti Malaysia , Brunei , Philipina , tak terkecuali negara kita Indonesia.

Kayu bengkirai


Pohon bengkirai dapat tumbuh 40 meter dari permukaan tanah dengan luas diameter kayu mencapai 120 cm dengan tekstur kayu yang keras serta halus membuat kayu bengkirai bagus sekali untuk di jadikan kusen maupun bahan material bangunan lain.


Kayu bengkirai merupakan kayu yang keras dengan demikian sudah pasti mempunyai bobot yang berat dan ketahanan kayu yang kuat juga tak heran membuat kayu bengkirai menjadi kayu berkualitas tingkat 1-2 .

Pemanfaatan kayu bengkirai


Kayu bengkirai selain dijadikan bahan bangunan untuk rumah hunian kayu bengkirai juga menjadi dapat juga dimanfaatkan menjadi berbagai perabotan rumah seperti furniture dan lainnya.

Kayu bengkirai yang mempunyai tingkat keawetan 1 sampai 2 membuat kayu bengkirai hampir setara kayu jati tak heran beberapa perusahaan pengolahan kayu plywood menjadikan kayu bengkirai sebagai bahan utama pembuatan decking.

Selain itu dahulu beberapa negara menjadikan kayu bengkirai menjadi bantalan rel kereta api dari segi kekuatan maupun ketahanan kayu bengkirai tak usah di ragukan lagi.

Kelebihan dan kekurangan kayu bengkirai


Kayu bengkirai walaupun termasuk kayu berkualitas hampir setara dengan kayu jati akan tetapi tidak lepas juga dengan kekurangan sama hal dengan bahan kayu dan bahan material lainnya yang mana telah kita dapat dari berbagai sumber sebagai berikut :

Kelebihan kayu bengkirai 


Kayu bengkirai atau kayu yellow balau sebagai kayu berkualitas sudah pasti memiliki berbagai macam kelebihan yang dapat bersaing dengan jenis kayu lain yang mana akan kita bahas beberapa poinnya dibawah ini :

1. Mudah dibentuk

Kayu bengkirai salah satu kelebihannya yang di sukai oleh para pekerja dibidang pengolahan kayu adalah tekstur kayu nya yang sangat mudah di bentuk menjadi berbagai macam produk olahan kayu seperti furniture , perabotan , alat musik dan kesenian ukir kayu.

Sehingga dapat menjadi pertimbangan kita sebagai kayu alternatif pengganti kayu jati yang semakin sulit di dapat kualitasnya pun sangat baik jika di buat furniture seperti meja , kursi , lemari dan lainnya.

2. Corak warna kayu yang khas

Kayu bengkirai memiliki warna corak kayu yang sangat khas yaitu berwarna kuning sedikit kecoklatan sangat indah terlihat natural sekali sangat cocok untuk dijadikan bahan kayu furniture yang bernuansa klasik dan kasual.

Walaupun memiliki corak warna kayu yang natural akan tetapi kayu bengkirai juga mudah dalam pengecatan atau pemberian warna pada kayu bengkirai terlebih lagi pemberian warna netral sangat cocok sekali untuk kayu bengkirai.

4. Ketahanan yang kuat

Kayu bengkirai merupakan jenis kayu dengan ketahanan yang kuat dapat di artikan kayu yang awet tahan terhadap berbagai cuaca serta tahan terhadap jamur maupun rayap.

Tak heran beberapa orang menggunakan olahan kayu bengkirai untuk keperluan eksterior rumah ataupun berbagai furniture seperti kursi , meja dan lainnya untuk diletakan di outdoor.

5. Harga lebih terjangkau

Dari segi ekonomi harga untuk kayu bengkirai jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan kayu jati maupun kayu Ulin akan tetapi kualitas kayu bengkirai tidaklah mengecewakan sebab kayu bengkirai masuk dalam jajaran kayu awet dan kayu berkualitas tingkat 1 - 2 .

Dengan harga jauh lebih murah dari kayu jati kalian dapat menciptakan furniture dan rumah hunian yang bernuansa alam yang indah dan berkualitas.

Kekurangan kayu bengkirai


Dari kelebihan diatas kayu bengkirai juga tak lepas dari kekurangannya juga yaitu sebagai berikut :

1. Sulit dipindah-pindah

Kayu bengkirai merupakan kayu dengan bobot yang sangat berat membuat kalian sedikit kesulitan dalam menata atau memindahkan furniture atau perabotan yang terbuat dari olahan kayu bengkirai sehingga memerlukan ekstra tenaga ( banyak orang ) untuk memindahkannya.

2. Mudah retak 

Walaupun kayu bengkirai mudah di bentuk dan masuk dalam kayu yang berkualitas akan tetapi kayu bengkirai mempunyai satu kelemahan yang membuat kita sedikit kerepotan yaitu kayu bengkirai mudah sekali pecah atau retak pada permukaannya.

Dua hal tersebut merupakan kekurangan dari kayu bengkirai ini selebihnya kayu bengkirai hampir sangat sempurna untuk material berbahan kayu.

Harga kayu bengkirai


Harga kayu bengkirai


Untuk harga kayu bengkirai balok maupun papannya seperti diatas harga tersebut di survey pada Januari 2021 harga dapat berubah sewaktu-waktu setidaknya dapat menjadi gambaran kalian untuk membeli maupun menjual kayu bengkirai.

Itulah hasil ulasan kita mengenai kayu bengkirai jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.