Sejarah Vespa Yang jarang orang tahu - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Vespa Yang jarang orang tahu

Navigasi Info - jika kalian keluar rumah untuk melintasi jalan raya pasti kalian sering melihat kendaraan bermotor roda 2 yang antik layaknya skuter masa kini dengan body part yang terbuat dari logam semua dari yang sampai terlihat tak masuk akal yup kalian sudah pasti tahu kendaraan apa yang sedang saya maksud siapa lagi kalau bukan motor Vespa leluhurnya motor skuter.

Vespa
Motor Vespa termahal di dunia


Kendaraan motor Vespa ini banyak yang menyukai baik itu orang biasa sampai artis papan atas bahkan pejabat pemerintahan dengan bebagai alasan mereka untuk dapat cinta mati dengan skuter motor Vespa ini.

Jenis-jenis komunitas Vespa 


Pencinta motor Vespa untuk kawasan Indonesia sangat banyak sekali tak heran di setiap provinsi Indonesia sudah pasti ada klub motor Vespa selain itu komunitas motor Vespa juga terbagi 2 jenis yaitu :

1. Klub Vespa klasik


Klub Vespa klasik ( komunitas Vespa klasik ) adalah sebuah komunitas skuter motor Vespa dengan tampilan original tanpa banyak modifikasi sampai menghilangkan bentuk asli motor Vespa itu sendiri mereka tak akan segan-segan untuk membiayai kendaraan Vespa mereka untuk tampil keren dan alami seperti baru.

Sebagai mana kita ketahui sparepart kendaraan Vespa ini termasuk sulit di sebabkan kendaraan yang sudah amat tua sehingga untuk menjadikannya baru kembali kalian harus merogoh uang saku kalian cukup banyak.

Tak heran yang tergabung dengan komunitas Vespa klasik rata-rata orang yang secara finansial cukup mapan.

2. Klub Vespa ekstrim


Klub Vespa ekstrim adalah komunitas skuter motor Vespa yang memodifikasi kendaraan Vespa mereka dengan cara yang ekstrim atau absurd nyeleneh bagi kalangan orang yang mana mereka dapat membuat motor Vespa mereka seperti mobil Batman atau bahkan grobak sampah.

Intinya cara modifikasi Vespa mereka sangat luar biasa sampai sulit kita selaku orang biasa bayangkan dan saya pribadi sangat salut dengan mereka ini sebab kendaraan yang terlihat aneh dan bobotnya sangat berat tersebut dapat mereka kendarai untuk berkeliling Indonesia.

Jika dalam kekompakan dari seluruh komunitas motor khususnya di Indonesia komunitas motor Vespa lah yang paling kompak dan solid tak peduli kalian dari komunitas Vespa jenis apa baik itu klasik maupun ekstrim jika kalian mendapatkan permasalahan di jalan kalian akan di bantu mereka.

Yang bikin kita tambah salut lagi klub motor Vespa indonesia sudah di akui dan disegani di Indonesia dengan jumlah pencinta motor vespa terbesar kedua setelah negara pembuat motor Vespa yaitu negara Italia tempat asal usul PT. Piaggio .


Hal itu di akui oleh Marco noto de leiga selaku direktur perusahaan motor PT Piaggio Indonesia " Indonesia merupakan komunitas Vespa terbesar di dunia setalah Italia , sampai - sampai saya merasa seperti di rumah sendiri " ucap Marco

Sejarah Asal usul motor Vespa 


Asal usul Vespa sendiri dimulai pada abad 18 yang lalu tepatnya 1884 saat perusahaan produksi peralatan dan sparepart kapal yang bernama PT. Piaggio di salah satu tempat kawasan Italia yaitu daerah genoa didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada saat itu beliau masih usia 22 tahun.

Yang mana perusahaan Piaggio terus berkembang sampai akhir abad 18 usahanya meramba sampai memproduksi rel kereta api , gerbong kereta , mesin kereta api , body truk dan bahkan sampai dipercaya untuk  membuat kapal laut dan pesawat terbang pada perang dunia pertama.

Kejayaan PT. Piaggio makin bertambah besar sehingga pada tahun 1917 membuatnya menambah pabrik di kota Pisa dan kota pontedera yang merupakan pusat kota industry di Italia menjadikannya perusahaan pembuat pesawat terbesar pada saat perang dunia pertama dan perang dunia kedua.

Walaupun kemudian PT Piaggio harus memakan pil pahit yang mana perusahaan mereka terkena bom oleh pesawat tempur sekutu pada perang ke dunia kedua.

Peperangan tersebut membuat perekonomian dunia terkena imbasnya sehingga perekonomian benua Eropa mengalami krisis dan macet serta tersedak-sedak tak terkecuali PT Piaggio yang mana perusahaannya ikut terkena bom dan mengalami kelumpuhan keuangan.

Hal tersebut membuat perusahaan Piaggio di ambil alih oleh Enrico Piaggio selaku anak dari Rinaldo piaggio agar dapat mempertahankan dan mengembalikan kejayaan dari perusahaan PT Piaggio.

Pada saat perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk meniggalkan bisnis aeronotika dan kemudian mulai untuk mendisain alat transportasi yang murah. Dia memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal mobilitas yang dibutuhkan masyarakat Italia.

Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan helikopter modern pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

Pada tahun 1943, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. 

Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ”kaki lima” merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d’Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi. Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor skuter dengan seri MP5 (Moto Piaggio 5) atau yang lebih dikenal dengan nama Paperino. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik.