Tips Bisnis Furniture Agar Cepat Sukses - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Furniture Agar Cepat Sukses

Navigasi Info - furniture merupakan peralatan pendukung untuk Interior dan eksterior properti baik untuk kantor ,rumah maupun tempat usaha kita agar tampil lebih indah selain itu furniture juga bermanfaat untuk kita bukan saja untuk hiasan ruangan dan bangunan.

Usaha furniture


Dari situ kita dapat melihat peluang usaha yang terdapat dalam bisnis furniture yang mana dapat masuk dalam segala sektor baik untuk perorangan maupun perusahan dari besar market pasar furniture sudah pasti banyak permintaan untuk kebutuhan furniture dapat di bilang peluang untuk sukses di bidang furniture masih sangat besar.


Walaupun peluang usaha dibidang furniture masihlah tinggi akan tetapi kalian tidak dapat melakukan ataupun merencakannya sembarangan sudah pasti kalian akan mengalami kegagalan dan bangkrut dalam usaha furniture.

Tips memulai Usaha Furniture


Oleh sebab itu kita akan membagi tips dan cara agar sukses memulai berbisnis di bidang furniture yang mana tips ini kita dapat dan rangkum dari berbagai sumber serta informasi A1 dari pengusaha furniture langsung yang mana terdapat pada poin-poin dibawah ini :

1. Modal Dalam berbisnis Furniture


Hal awal harus dipersiapkan dalam memulai usaha apapun sudah pasti dana atau uang sebagai modal serta modal ilmu atau pengetahuan tentang bidang furnitur seperti bahan material seperti kayu , plastik , logam dan lainnya ditambah lagi ilmu serta pengetahuan dalam membuat furniture.

Untuk modal uang sebenarnya bukan permasalahan utama bisnis dibidang ini sebab untuk modal uang kalian dapat menabung , meminjam uang bahkan mengajak kerja sama dengan pemilik modal lain yang ekonominya jauh lebih baik ataupun kalian dapat menjadi reseller furniture.

Yang terpenting untuk modal memulai usaha furniture adalah pengetahuan tentang kayu , pembuatan furniture , jenis bahan baku yang dapat dibuat furniture dan cara pemasaran serta mendapatkan bahan baku yang lebih murah dan berkualitas.


Untuk ilmu sendiri kalian dapat banyak membaca tentang pembuatan furniture dan juga tentang bahan baku pembuatan furniture kalian juga dapat berkerja dibidang pengolahan kayu dan pembuatan furniture selain kalian dapat mendapatkan modal uang kalian juga mendapatkan ilmu dan relasi dibidang furniture.

2. Lokasi usaha


Jika kalian telah memiliki modal usaha baik berupa uang maupun ilmu selanjutnya persiapan kalian ialah menentukan lokasi strategis dalam menjalani usaha furniture.

Untuk lokasi sendiri sebenarnya tidak perlu yang luas yang terpenting nyaman untuk para konsumen dan dapat memajang beberapa contoh produk kalian yang terpenting lokasi tersebut ramai di lalui orang dan di sekitaran perkotaan.

Walaupun demikian lokasi yang luas juga salah satu nilai lebih dalam memulai usaha furniture oleh sebab itu jika kalian memiliki modal lebih akan lebih baik membeli ataupun menyewa lokasi yang lebih luas untuk usaha furniture.

3. Pintar membaca peluang 


Hal selanjutnya kalian harus dapat membaca peluang yang dapat membuat barang dagangan furniture kalian dapat laku banyak tentunya.

Untuk membaca peluang dalam bidang usaha furniture sebenernya tidaklah terlalu sulit sebab kalian dapat membaca dan melihat yang terdapat disekitar kalian seperti terdapat banyak pembangunan perumahan atau bangunan huni lainnya sudah pasti mereka memerlukan perlengkapan untuk hunian baru mereka dari sini kalian dapat melihat peluang barang dagangan kalian akan laku seperti kursi , meja dan lemari akan cepat dibeli.

Selain itu kalian dapat melihat model furniture apa saja yang sedang booming atau viral di lapangan kalian dapat mencontoh dan memodifikasinya sehingga jauh lebih menarik hal tersebut akan berpeluang laku dan nama tempat usaha kalian akan cepat terkenal.

4. Pangsa pasar


Selain hal diatas kalian juga harus memperhatikan target pasar atau pangsa pasar kalian untuk golongan mana sebab itu menentukan bahan baku dan peluang usaha kalian cepat maju atau tidaknya.

Sebagai contoh jika target pasar kalian untuk kaum elit sudah pasti kalian harus memiliki produk yang berkualitas tinggi agar barang dagangan kalian laku sedangkan untuk produk berkualitas diperlukan bahan baku dan teknik kerja yang berkualitas juga agar menghasilkan furniture yang berkualitas nomor 1.

Jika pangsa pasar kalian kelas menengah kebawah maka kalian tidak terlalu perlu bahan baku yang berkualitas tapi kemampuan pembuatannya tetap harus berkualitas ya sebab pangsa pasar menengah kebawah memerlukan produk dengan nilai harga yang murah.

5. Bahan Material


Bahan material atau bahan baku sudah pasti pendorong agar usaha kalian dapat berjalan sehingga kalian harus dapat mendapatkan relasi untuk ketersedian bahan baku salah satu contoh bahan material kayu.

Jika kalian membuat furniture dari bahan baku dari kayu ,rotan , bambu ,dan hasil tani yang dapat jadi furniture sudah pasti akan lebih baik jika kalian membuat usaha dekat persediaan bahan baku setidak nya punya relasi yang pasti untuk mendapatkan bahan baku pembuatan furniture seperti meja , kursi , lemari , dipan dan lainnya.

6. Tenaga kerja yang terampil


Tenaga kerja atau karyawan sudah pasti harus terampil dalam pembuatan furniture jika kalian bisa membuat furniture akan jauh lebih baik sebab kalian dapat mengajari karyawan kalian sehingga kelak kalian dapat melepasnya mengerjakan sendiri dalam pembuatan furniture.

Jika kalian tidak bisa kalian minimal memiliki satu tenaga kerja yang ahli dan Mampu mendidik dan mengajari karyawan yang belum berpengalaman dalam pembuatan furniture.

Yang penting dalam mencari tenaga kerja carilah orang yang benar-benar mau berkerja dan juga mau belajar sehingga kalian tak repot mengatur dan memberi instruksi kepada mereka.

7. Perizinan 


Dalam melakukan usaha apapun sudah pasti kita memerlukan perizinan usaha yang jelas dari pemerintah setempat sudah pasti kalian harus memiliki surat izin usaha perdagangan ( SIUP ) dan NPWP .

Ini bertujuan agar usaha kalian dapat lancar beroperasi tanpa khawatir akan terkena masalah dari pemerintah seperti terkena denda bahkan sangsi hukum yang tidak kita inginkan.

Selain itu kita juga akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut sebab kalian dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah dan juga jika nilai usaha kalian lebih dari 200 juta kalian dapat mengikuti pelelangan proyek penyediaan barang ataupun kalian dapat menemukan relasi tersebut saat membuat nya.

8. Asosiasi ( kelompok dagang )


Selanjutnya kalian dapat bergabung dengan asosiasi kelompok usaha yang sama sehingga kalian dapat saling sharing pengalaman dan keluhan yang sama.

Dengan bergabung dengan asosiasi kalian akan mudah mendapatkan peluang usaha agar produk kalian laku dan juga peluang usaha lainnya.

9. Ekspor


Jika perizinan usaha kalian telah lengkap seperti SIUP , NPWP dan lainnya kenapa tidak mencoba untuk mengekspor furniture kalian keluar negeri.

Yang terpenting untuk melakukan ekspor ialah persiapan metal kalian dan kualitas produk kalian harus terjaga sebab ketika kalian memutuskan ekspor sudah pasti kalian harus dapat memproduksi furniture dengan jumlah besar.

Sebab untuk kawasan Eropa dan daerah yang memiliki musim dingin biasannya jika mereka telah melewati musim tersebut mereka akan membakar furniture mereka dan menggantinya dengan yang baru hal tersebut membuat kebutuhan tiap tahunnya furniture sangat lah tinggi di luar negeri.

10. Manfaatkan Internet


Untuk mendapatkan jaringan yang luas kalian sudah pasti memerlukan internet baik itu untuk membuat postingan media sosial produk kalian maupun situs web sendiri agar pangsa pasar kalian lebih luas lagi bukan hanya wilayah kalian saja jika perlu dapat tembus keluar negeri.

Sebab kebutuhan furniture luar negeri sangat tinggi dan kualitas produk kita Indonesia sudah sangat terkenal di sana kalian dapat memperkenalkan produk kalian melalui Instagram , Facebook ,Twitter dan bahkan blog kalian.

Itulah beberapa hal yang kiranya dapat bermanfaat untuk kalian memulai usaha furniture jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.