5 usaha ternak dengan modal minimal keuntungan maksimal - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 usaha ternak dengan modal minimal keuntungan maksimal

Navigasi Info - di saat krisis diakibatkan Covid 19 ini membuat kita harus berputar otak lagi untuk dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari yang terkadang jika hanya mengandalkan gaji saja masih banyak kekurangannya di tambah lagi wabah virus Corona ini yang membuat semua perkerjaan terhambat terutama dalam segi keuangan kita.

5 usaha ternak dengan modal kecil
Usaha ternak menjanjikan 


Oleh sebab itu kita harus memutar otak kita bagaimana uang yang kita miliki dapat bertambah dalam salah satu solusinya ialah kita harus mempunyai pemasukan tambahan yaitu dengan cara membuat sebuah usaha.

Walau terdengar mudah untuk kita ucapkan tapi menjalaninya memanglah sulit seperti kita harus tahu seluk beluk usaha tersebut minimal sedikit , harus siap bersaing dengan wirausaha yang telah terjun dibidang tersebut ditambah lagi harus memiliki dana yang cukup besar untuk memulainya.

Peluang usaha peternakan


Dari beberapa alasan usaha yang telah kita singgung diatas mungkin dari kalian sudah takut duluan untuk memulai usaha bukan di sebabkan keterbatasan modal dan juga tidak berani untuk bertarung di dalam kerasnya dunia bisnis.

Sebenarnya ada usaha yang jarang di lirik banyak orang akan tetapi peluang bisnisnya untuk berhasilnya lebih tinggi dan juga modal awal untuk memulainya tidaklah besar yaitu berbisnis ternak.


Sebab tak banyak orang yang mau melirik usaha ternak disebabkan kita harus berani kotor-kotoran , telaten dalam perawatan , dan perlu kejiwaan untuk menyayangi mahluk hidup tiga hal tersebut jarang sekali yang sanggup menjalankannya.

Akan tetapi di omzet yang kalian dapat dari berbisnis ternak sangatlah besar di tambah lagi usaha kuliner kian menjamur serta semua orang perlu makanan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka jika kalian memiliki tiga hal tersebut cobalah untuk terjun di bidang usaha peternakan .

Bisnis ternak dengan Dana seadanya


Oleh sebab itu saya akan membagikan beberapa usaha ternak apa saja yang dapat kita lakukan dengan dana ( modal ) seadanya yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber terpercaya untuk kita sajikan kepada kalian yang mana sebagai berikut :

1. Ternak ikan cupang 


Ikan cupang merupakan ikan hias aduan yang dapat kita pertarungkan selain hanya melihat keindahannya saja ikan cupang untuk saat ini sedang booming-booming banyak yang menyukainya tak jarang beberapa orang berani merogoh uang mereka sampai puluhan juta untuk membeli satu buah ikan cupang.

Selain itu dengan dana kurang dari Rp 300.000 kalian sudah dapat menjalaninya usaha ternak ikan cupang untuk perawatannya pun ikan cupang tidak terlalu sulit anak kecil pun bisa melakukannya untuk pemasarannya pun cukup simpel dapat kalian jajakan di sekolahan , pasar , bahkan melalui online shop.

2. Ternak cacing tanah


Cacing tanah merupakan hewan yang menjijikan akan tetapi walaupun terlihat menjijikan cacing  sangat berkhasiat dalam nyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit tipes.

Sehingga cacing mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dan di perlukan dalam dunia farmasi tak heran harga cacing cukup mahal yaitu dari Rp 80.000 sampai Rp 300.000 perkilonya mantap bukan.

Selain itu dalam segi modal awal dan biaya perawatan untuk berternak cacing tanah pun tidak terlalu membebani asal tidak jijik'an aja pemasarannya pun tidak terlalu rumit kalian dapat menjualnya secara online , kepengepul ,atau langsung jual ke orang farmasi.

3. Ternak Jangkrik


Jika kalian hobi mancing ataupun memelihara burung kicau pasti kalian pernah atau bahkan sering membeli jangkrik baik sebagai umpan maupun sebagai pakan burung untuk harganya sendiri cukup lumayan mahal bukan yang mana per-kg  jangkrik seharga Rp 60.000.

Untuk modal awal jangkrik tidaklah terlalu besar akan tetapi memerlukan ketelatenan dalam perawatannya sedangkan untuk pemasaran cukup mudah kita terkadang tidak perlu mencari konsumen malahan konsumen sendiri yang sering mencari penjual jangkrik.

4. Ternak burung puyuh


Telur burung puting sering kita jumpai saat makan di angkringan dan juga saat di dalam bis biasanya ada saja pedagang asongan yang menawarkan telur puyuh ini selain gizinya cukup tinggi rasanya pun sangat enak sehingga cukup banyak para penikmat makan telur puyuh ini sudah pasti ada peluang bisnisnya yang mana per 3 butir telur puyuh dihargai Rp 5.000 .

Untuk berternak berternak telur puyuh sebenarnya tidak lah besar yaitu kisaran 1 juta rupiah saja kalian telah dapat melakukannya yang terpenting kalian harus dapat telaten dalam perawatannya.

5. Ternak ayam 


Ternak ayam sudah cukup umum kita lihat di pedesaan selain untuk di konsumsi baik telur maupun dagingnya biasanya masyarakat di desa menjadikan ternak ayam sebagai pendapatan tambahan mereka yang mana dapat mereka jual sewaktu-waktu baik telur maupun ayamnya.

Nilai jualnya pun cukup lumayan tinggi terutama untuk  ayam aduan dan ayam hias yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta per-ekornya untuk modal awal pun sebenarnya tidak terlalu besar yang terpenting kecintaan kalian terhadap ayam terlebih lagi jika kalian hobi memelihara ayam peluang suksesnya sangatlah besar.

Itulah 5 usaha ternak dengan modal seadanya tapi keuntungannya cukup besar yang patut kalian coba lakukan terlebih lagi bila kalian memang pencinta hewan kalian dapat menjadikan hobi sebagai pekerjaan.