Apa Itu Deposito ? - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Deposito ?

Navigasi Info - Keuangan merupakan suatu ilmu yang wajib kita miliki saat ini agar dapat memanajemen keuangan kita atau perusahaan agar dapat berjalan lancar untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Deposito berjangka
Uang untuk deposito


Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan ekonomi keuangan khususnya ialah dengan cara berinvestasi akan tetapi ada banyak instrumen investasi sehingga akan sedikit kebingungan dalam menentukan yang cocok dengan kita.

Di beragam instrumen investasi yang paling mudah di lakukan tanpa perlu pembelajaran investasi yang rumit seperti instrumen investasi yang lain ialah investasi Deposito bank yang mana sistem kerja sama dengan kita menabung di bank akan tetapi mempunyai batas waktu untuk kita dapat mencairkan uang yang telah kita simpan serta dengan bunga yang terbilang lebih besar dari pada kita menabung seperti biasa.

Pengertian deposito


Deposito adalah uang yang kita tabung dalam rekening bank yang mana dalam proses pencairannya mempunyai jangka waktu tertentu yang harus terpenuhi jika kurang dari waktu yang telah di sepakati maka akan terkena denda dan jika batas waktu terpenuhi maka akan mendapatkan bunga seperti kesepakatan bersama untuk batas waktunya biasanya 1 bulan , 3 bulan , 6 bulan , 1 tahun dan seterusnya sesuai kesepakatan.

Untuk denda dan bunga dari investasi Deposito di setiap bank berbeda-beda tergantung program dan kebijakan bank yang kita pilih selain itu biasanya deposito mempunyai sistem ARO ( Automatic Roll Over ) yang mana akan memperpanjang jangka waktu deposito secara otomatis saat batas waktu jatuh tempo jika tidak di cairkan oleh pemiliknya.

Jenis-jenis deposito


Deposito sendiri memiliki banyak macamnya yang mana dapat kalian baca jenis dan penjelasanya sebagai berikut :

Deposito Berjangka


Deposito berjangka salah satu program investasi Deposito yang paling umum digunakan dan populer di masyarakat kita yang mana program investasi Deposito berjangka semua bank memiliki program jenis ini.

Deposito berjangka adalah sebuah program simpanan bank yang mana saat ingin melakukan pengambilannya memiliki batas waktu tertentu dengan imbalan bunga bank yang lebih besar serta akan mendapatkan pinalti atau denda bila mana mencairkan uang simpanan tersebut sebelum waktu yang di sepakati.

Deposito on call


Deposito on call adalah simpanan berjangka yang batas waktunya paling singkat yang mana hanya 7 hari hingga kurang dari 1 bulan .

Program deposito on call mungkin jarang kita dengar sebab tidak semua bank mengadakan program deposito on call selain itu uang yang harus disetorkan ( dana awal ) nya terbilang dalam jumlah yang sangat besar hal ini lah yang membuat deposito jenis on call kurang populer.

Sertifikat deposito


Sertifikat deposito adalah sebuah program bank sama hal dengan deposito akan tetapi secara prinsip dan sistem sedikit berbeda yang mana dalam bentuk instrumen investasi berupa surat hutang deposito berjangka yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan sebagai bukti kepemilikan serta dapat dijual belikan.

Sertifikat deposito juga dikenal dengan nama SDB ( Sertifikat Deposito Berjangka ) program deposito model ini terbilang sedikit jarang di tambah lagi batas waktu pencairannya paling lama dari jenis deposito lain yang mana jangka waktu minimalnya 36 bulan lamanya.

Hal tersebut juga yang membuat sertifikat deposito kurang populer akan tetapi nominal bunga bank nya sangatlah besar saat kalian mencairkan sertifikat deposito tersebut.

Kelebihan Deposito


Deposito merupakan salah satu instrumen investasi sudah pasti ada keuntungan maupun juga resiko yang kita dapat dari instrumen investasi tersebut untuk manfaat deposito antara lain sebagai berikut :

Mudah melakukan planning 


Dalam perancangan planning investasi Deposito terbilang lebih tersusun disebabkan dalam pencairan Ada jangka waktu sehingga dan sudah pasti mendapatkan keuntungan.

Sehingga mudah untuk kita merencanakan perencanaan keuangan  yang akan kita lakukan dalam waktu yang terbilang lebih singkat serta mudah kita lakukan.

Lebih aman


Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang terbilang lebih aman sebab keamanan uang kita lebih terjamin sebab di simpan pada lembaga keuangan maupun bank.

Ditambah lagi tidak ada proses jual beli yang mengakibatkan penurunan harga sehingga merugi malah kita akan mendapatkan bunga bank yang cukup besar saat masa pencairannya.

Mudah dilakukan 


Untuk melakukan deposito terbilang sangat mudah yang terpenting mempunyai rekening bank dan uang simpanan biasanya minimal senilai Rp 5.000.000 kalian sudah dapat melakukannya.

Untuk jangka waktu pun kalian dapat memilih jangka waktu yang kalian inginkan dari satu bulan hingga lebih sesuai kesanggupan kalian maupun planning kalian.

Dapat dijadikan jaminan


Untuk meminjam uang dengan jumlah besar di bank atau lembaga keuangan lainnya kita pasti diminta jaminan seperti sertifikat tanah , surat kendaraan, dan lainnya.

Dalam hal itu kalian dapat menggunakan deposito dapat kalian jadikan jaminan dalam melakukan pinjaman tersebut.

Resiko terbilang kecil


Untuk resiko investasi Deposito terbilang sangat kecil sebab kalian tidak melakukan transaksi jual beli instrumen yang perlu perencanaan serta strategi tertentu untuk mendapatkan keuntungan sehingga mengalami loss dalam transaksi tidak terjadi.

Untuk Bunga bank deposito pun cukup lumayan walaupun tidak sebesar instrumen. Investasi lainnya.

Resiko Investasi Deposito


Untuk keuntungan atau manfaat investasi Deposito kalian telah membacanya maka selanjutnya kita akan membahas beberapa poin resiko kita alami saat melakukan investasi Deposito yang mana sebagai berikut :

Terkena denda


Jika kalian melakukan deposito tapi ingin mencairkan nya karena hal yang mendesak membuat tidak dapat memenuhi jangka waktu yang kita sepakati dengan pihak bank maka kita akan terkena potongan ( denda ).

Sehingga dalam melakukan deposito di sarankan menggunakan uang yang tak terpakai untuk kepentingan pokok atau mendesak.

Pajak lumayan besar


Untuk pajak deposito termasuk cukup lumayan besar yaitu kisaran 20% akan tetapi jika kalian melakukan deposito dengan dana di bawah Rp 7.000.000 maka kalian tidak akan terkena pajak.

Keuntungan lebih kecil


Untuk keuntungan jika kita bandingkan dengan instrumen investasi lain terbilang paling kecil akan tetapi resikonya pun terbilang kecil pula sehingga berimbang dengan yang kita dapat.

Biaya administrasi


Saat kita melakukan deposito kita juga terkena biaya perawatan atau administrasi dari pihak bank atau lembaga keuangan yang kita ingin lakukan investasi Deposito.

Ketentuan pajak Deposito


Deposito merupakan objek pajak, sehingga bunga yang akan anda terima terlebih dahulu dipotong pajak. Pajak yang dikenakan pada deposito sebesar 20% bila nilai deposito lebih dari Rp7.500.000 untuk deposito yang kurang dari Rp7.500.000 tidak dikenakan pajak. Pajak tersebut akan mengurangi nilai suku bunga yang didapatkan oleh nasabah. 

Pajak bunga deposito tersebut berdasarkan peraturan direktorat jenderal pajak yaitu: 

  1. PP 131 Tahun 2000 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI 
  2. KMK-51/kmk.04/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang pemotongan PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto 
  3. SBI SE-01/PJ.43/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PP 131 Tahun 2000.
Itulah ulasan kita mengenai investasi Deposito semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.