Menyiram tanaman yang baik dan benar - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyiram tanaman yang baik dan benar

Navigasi Info - hobi bercocok tanam saat ini sedang marak di gemari oleh masyarakat Indonesia hal ini di dukung oleh pemerintah untuk diam di rumah saja sehingga beberapa dari kita mulai memelihara beberapa tanaman agar dapat menghilangkan kejenuhan berdiam diri di rumah di masa Corona saat ini.

Alat Penyiram tanaman
Penyiram tanaman 


Akan tetapi banyak dari kita masih bingung dan salah dalam merawat tanaman terutama cara menyiram tanaman sehingga belum satu bulan tanaman yang kita tanam tersebut malah mati tiba-tiba.

Hal tersebut diakibatkan cara menyiram tanaman yang salah sehingga tanaman tersebut mengalami beberapa masalah seperti akar tanaman membusuk ataupun akar tanaman mengalami kekeringan sehingga tanaman tersebut mati di tengah jalan.


Walaupun menyiram tanaman terlihat sepele jika kalian melakukannya dengan cara yang salah sudah pasti tanaman kalian pun akan bermasalah juga sebab dalam menyiram tanaman kalian harus memahami teknik dan cara yang tepat untuk melakukannya.

7 Cara menyiram tanaman yang baik dan benar


Oleh sebab itu kita akan mengulas bagaimana cara yang baik dan benar untuk menyiram tanaman yang mana hal ini kita dapat dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi yang mana sebagai berikut :

1. Penyiraman Tanaman terjadwal


Dalam melakukan penyiraman tanaman sebaiknya kita harus mengetahui waktu yang tepat serta kondisi cuaca saat kalian sedang merawat tanaman tersebut apakah pagi dan sore serta musim kemarau atau hujan.

Sebab jika kalian menyiram tanaman saat cuaca sedang terik matahari yang menyengat sekitar jam 12 - 2 siang itu akan kurang baik sebab di khawatirkan Air tidak dapat masuk kedalam akar tanaman sebab akan menguap sebelum sampai ke tujuan.

Ataupun saat musim hujan kalian terlalu berlebihan menyirami tanaman yang akan membuat akar tanaman mengalami kebusukan.

Sehingga akan lebih baik jikalau kalian menjadwal nya pada pagi hari dan juga sore hari itu jauh lebih baik dan efisien untuk tanaman dapat menyerap banyak air .

2. Menggunakan jumlah air yang cukup


Waktu penyiraman tanaman usahakan menggunakan jumlah air yang tepat agar pertumbuhan tanaman lebih cepat dan tidak mengalami permasalahan pertumbuhan.

Kalian usahakan untuk memberikan air yang cukup tidak berlebihan sehingga akar tanaman membusuk dan juga tidak kekurangan air sehingga akar tanaman mengering pada intinya gunakan air dengan jumlah yang tepat.

Oleh sebab itu akan lebih baik kalian pelajari terlebih dahulu mengenai tanaman yang kalian tanam tersebut sehingga tahu jumlah yang tepat dalam pemberian air pada tanaman tersebut.

3. Usahakan terkena semua bagian tanaman


Dalam menyiram tanaman kalian juga harus melihat apakah bagian daun dan batang tanaman yang kalian rawat tersebut terkena air juga sehingga batang dan daun tanaman tidak mengalami kekeringan.

Hal ini sering tidak di perhatikan bagi sebagian orang dalam menyiram tanaman yang mana tanaman sendiri membutuhkan asupan air bukan hanya untuk akarnya saja akan tetapi setiap bagian nya baik itu daun , batang , Bunga bahkan buah tanaman tersebut.

4. Air Bersih


Dalam menyiram tanaman juga kita harus memperhatikan air yang digunakan haruslah air bersih sebab jika air kita tercemar minyak atau pun limbah lain yang membahayakan tanaman kita sudah pasti tanaman tersebut akan mengalami kematian.

Selain itu menggunakan air bersih dalam menyiram tanaman akan memperoleh tanaman yang tumbuh sehat dengan hasil panen meningkat sesuai keinginan kita.

5. Menggunakan Alat Penyiram tanaman


Ada beberapa kasus kita sulit untuk menyiram setiap bagian tubuh tanaman disebabkan tidak menggunakan alat penyiram tanaman yang tepat.

Sehingga akan jauh lebih baik jika kalian membeli alat penyiram tanaman sehingga waktu penyiraman tanaman akan jauh lebih efektif dan efisien.

Selain itu dengan modal sekali kalian dapat menggunakan alat penyiram tanaman tersebut berkali-kali dan kapan pun kalian akan membutuhkannya patut di pertimbangkan untuk membeli alat penyiram tanaman.

6. Usahakan pot tanaman selalu kering


Jika kalian memelihara tanaman di dalam pot hal utama untuk kalian perhatikan ialah apakah bagian bawah di pot terdapat lubang pembuangan air sebab jika tidak ada lubang pembuangan air atau air tidak dapat keluar dari lubang tersebut tanaman kalian dipastikan  akan mati disebabkan pembusukan akar tanaman.

Pembusukan akar tanaman biasa terjadi diakibatkan jumlah kandungan air pada tanah sebagai media tanam kalian tersebut terlalu banyak air sehingga akar tanaman mengalami pembusukan.

7. Menghemat Air 


Poin terakhir dalam penyiraman tanaman yang harus kalian perhatikan ialah cara menggunakan air dengan hemat sebab jika cuaca sedang mengalami musim kemarau sudah pasti kalian akan kesulitan dalam melakukan penyiraman tanaman oleh sebab itu akan lebih baik kalian juga belajar untuk menghemat air.

Menyiram tanaman kalian dapat memanfaatkan tampungan air hujan atau pun bekas cucian beras dan lainnya yang tidak menggunakan zat kimia yang membahayakan tanaman kalian sehingga selain lebih menghemat air kalian dapat mengurangi pencemaran air.

Itulah tips cara menyiram tanaman yang baik dan benar jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar di bawah dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.