Perbandingan Investasi Reksadana VS Emas - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Investasi Reksadana VS Emas

Navigasi Info - Investasi untuk saat ini sudah menjadi hal lumrah atau bahkan menjadi suatu hal yang menjadi kewajiban bagi sebagian orang agar dapat mencapai kesuksesan lebih cepat dalam bidang keuangan ataupun dalam berbisnis.

Perbandingan Reksadana VS Emas
Perbandingan Investasi Reksadana VS Emas


Investasi juga pendukung untuk penambahan modal usaha yang kita jalani agar dapat berkembang lebih cepat dan tak terbebani oleh hutang dengan bunga besar yang sangat mencekik ruang lingkup kita untuk bergerak maju supaya dapat mencapai kesuksesan ekonomi.

Akan tetapi banyak dari kita masih sulit atau kebingungan dengan beberapa jenis investasi di sebabkan dengan pengetahuan ilmu ekonomi yang terbatas sebagaimana kita ketahui banyak dari masyarakat kita memanglah masih awam dalam bidang ilmu investasi oleh sebab itu kali ini kita akan membahas perbandingan ornamen investasi yaitu Reksadana dan emas yang mana keduanya tidak memerlukan modal besar teknik yang rumit untuk memulai investasinya.

Keuntungan Berinvestasi


Tapi sebelum memulai bahasan pokok kita mengenai investasi emas dan investasi Reksadana akan lebih baik kita mempelajari terlebih dahulu mengenai apa itu yang dimaksud dengan investasi ?

Sebab walaupun tujuan investasi sama dengan menabung yaitu sama-sama bertujuan agar berhasil mencapai kesuksesan finansial  akan tetapi secara metode dan penerapan sangat jauh berbeda.

Investasi adalah menyimpan uang dari penghasilan kita ( dana ) dengan harapan uang tersebut dalam waktu tertentu mengalami peningkatan ( keuntungan ) dari biaya yang pernah kita keluarkan sebelumnya.


Dari pengertian investasi diatas sangat berbeda jauh dengan kita menabung yang mana kita hanya mengumpulkan uang sampai dengan jumlah tertentu agar dapat kita gunakan di kemudian hari.

Dari sini kita dapat simpulkan bahwa saya menabung identik hanya berbentuk uang sedangkan investasi dapat berbentuk apapun yang mana kita harapkan uang yang kita keluarkan mengalami peningkatan atau keuntungan darinya.

Selain itu investasi memiliki banyak keuntungan antara lainnya sebagai berikut :

Mendapatkan peningkatan nilai aset


Hal utama kita harus tekankan bahwa Sanya tujuan awal kita berinvestasi ialah agar kita mendapatkan keuntungan dari peningkatan nilai aset yang telah kita keluarkan sebelumnya walaupun demikian terkadang setiap investasi juga mempunyai resikonya jadi kita harus pandai dalam membaca pergerakan dunia investasi dengan mempelajarinya terlebih dahulu sebelum melakukan investasi supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Salah satu cara menghindari Inflasi


Berinvestasi merupakan salah satu cara kita untuk menghindari resiko inflasi yang mana setiap tahunnya kekuatan uang mengalami penurunan atau lebih dikenal dengan kata inflasi sehingga jika kalian menabung dengan uang saja kalian akan sulit untuk mencapai tujuan kalian di sebabkan kekuatan uang tersebut mengalami penurunan.

Sebagai contoh inflasi pada tahun 1990 harga 1 kg beras di kenakan Rp 2.000 saja berbeda untuk saat ini yang mana untuk membeli 1kg beras kita harus merogoh kantung kita sebesar Rp 25.000.

Jadi jika dibandingkan dengan berinvestasi menabung justru sangat beresiko bukan sebab kita sudah mengumpulkan uang ternyata nilai uang yang kita kumpulkan itu masih belum bisa mencapai tujuan finansial kita.

Metode mencapai kesuksesan finansial


Untuk saat ini seperti saya telah singgung diatas bahwa Sanya menabung salah satu metode lama yang sangat beresiko kita terapkan untuk masa moderen yang mana alat tukarnya menggunakan kertas yang setiap tahunnya mengalami inflasi .

Sehingga dengan metode investasi kita dapat mengatasi hal-hal yang beresiko dari uang kertas tersebut dengan cara berinvestasi kita akan jauh lebih mudah dalam mencapai tujuan kita walaupun masih dibarengi dengan resiko yang ada.

Reksadana VS Emas


Walaupun penuh resiko dan biaya cukup besar dalam melakukan investasi akan tetapi ada juga investasi yang resikonya kecil serta biayanya tidak cukup besar dengan uang Rp 1000.000 saja kalian sudah dapat melakukannya yaitu emas dan Reksadana oleh sebab itu kita akan melakukan beberapa perbandingannya agar dapat kalian pahami dan menentukan investasi mana yang cocok dengan kalian yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut :

Investasi Reksadana 


Reksadana adalah suatu wadah pengelohan modal dimana berkumpulnya para investor untuk berinvestasi dalam bentuk instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit pernyataan Reksadana yang mana akan diawasi langsung oleh manager investasi perusahaan pengelolah dana invetasi ( perusahaan Reksadana ).

Untuk saat ini berinvestasi Reksadana sudah sangat mudah yang mana dengan menggunakan smartphone saja kita sudah dapat melakukannya salah satu contoh aplikasi investasi Reksadana Bibit misalnya dan aplikasi Reksadana lainnya yang tersedia di IOS dan Android.

Resiko Investasi Reksadana


Reksadana sendiri mempunyai beberapa jenis tipenya yaitu sebagai berikut ini :

  1. RDS ( Reksa Dana Saham )
  2. RDPU ( Reksa Dana Pasar Uang )
  3. RDPT ( Reksa Dana Pendapatan Tetap )
  4. Reksadana terproteksi
  5. RDC ( Reksa Dana Campuran )

Yang semuanya mempunyai resiko berbeda-beda semakin tinggi resikonya sudah pasti semakin besar pula keuntungan yang kalian dapatkan.

Dari jenis Reksadana diatas Reksadana Pasar uang ( RDPU ) yang resikonya terbilang paling kecil yaitu hanya 5% saja sedangkan untuk Reksadana yang resikonya terbilang paling tinggi ialah Reksadana saham ( RDS ) yang mana tingkat resikonya mencapai 15% - 20% dari modal kalian dan keuntungannya Pun sudah pasti yang paling besar Reksadana saham.

Keuntungan Investasi Reksadana


Dari setiap resiko atau kelemahan sudah pasti ada juga kelebihan atau keuntungannya sebagaimana hal yang lainnya untuk keuntungan Reksadana sendiri antara lainnya sebagai berikut:

  • Tidak takut hilang sebab Reksadana tidak berupa bentuk fisik seperti emas
  • Dapat dilakukan secara online
  • Dapat berinvestasi dengan modal kecil
  • Nilai keuntungan cukup tinggi jika kita bandingkan dengan berinvestasi emas
  • Tidak membutuhkan biaya penyimpanan

Investasi Emas


Emas merupakan salah satu logam mulia yang digunakan dari zaman purba di seluruh dunia dan sempat menjadi alat tukar yang tak terkena inflasi selain itu emas juga sangat di sukai kaum hawa di seluruh dunia dari jaman dahulu.

Untuk menjadikan emas sebagai investasi kalian harus mengetahui terlebih dahulu bahwa sanya emas 24 dan emas Antam saja yang nilai jualnya mengalami peningkatan berbeda dengan emas Singapura dan lainnya yang mana saat kalian jual di beberapa toko nilai jualnya tetap seperti awal kalian beli bahkan ada beberapa toko membeli dengan harga lebih rendah dari nominal uang pertama kali kita beli.

Resiko Investasi Emas


Dari resiko kurang lebih hampir sama dengan investasi jenis lain akan tetapi investasi emas terbilang lebih kecil bahkan dapat kita katakan tidak ada jika kalian membeli PT. emas Antam yang bentuknya hanya koin dan batangan saja.

Sebagai mana Kita ketahui jika kita membeli emas di toko perhiasan keunikan dan kerumitan bentuk perhiasan emas tersebut menentukan tinggi rendahnya harga sedangkan saat menjualnya hanya di hitung beratnya saja hal itu saja sepertinya untuk kalian perhatikan dalam membeli emas apakah untuk berinvestasi atau dipakai sebagai perhiasan dan menjadi dana cadangan kalian dikemudian hari nanti.

Selain itu resiko lainnya emas dapat hilang dan juga dapat terkena tindakan kriminal seperti perampokan dan pencopetan sehingga terkadang kita harus menyewa atau membeli tempat penyimpanan khusus untuk emas kita.

Keuntungan Investasi Emas


Investasi Emas sendiri mempunyai beberapa kelebihan dari investasi jenis lain yang mana kita telah merangkumnya seperti dibawah ini :
 
  1. Mudah dalam melakukan jual belinya
  2. Dapat digadaikan saat memerlukan dana tambahan
  3. Harga stabil dan setiap tahunnya mengalami peningkatan 
  4. Resiko terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan instrumen investasi jenis lain
  5. Saat ini kita dapat menabung emas di Pegadaian dengan nominal setoran minimal Rp 20.000 saja.
  6. Kita pun saat ini dapat membeli dan menabung emas secara online dengan aplikasi pegadaian 

Dari beberapa hal perbandingan investasi Reksadana dan emas kalian dapat memperoleh gambaran mengenainya serta sebagai pertimbangan kalian dalam melakukan investasi  semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.