Cara mudah berternak ikan nila untuk pemula - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah berternak ikan nila untuk pemula

Navigasi Info - Berternak atau membudidayakan hewan ternak yang dapat kita konsumsi pribadi maupun dapat kita jual merupakan salah satu hobi yang menghasilkan dan tak jarang juga banyak orang yang menjadi kaya dari usaha ternak.

Cara mudah berternak ikan nila untuk pemula


Salah satu cara menghilangkan stress dalam menjalani aktifitas kesibukan kita sehari-hari untuk beberapa orang selain itu hobi memelihara hewan ternak juga menghasilkan pemasukan tambahan yang cukup lumayan salah satu peliharaan ternak yang dapat di bilang tidak terlalu merepotkan ialah berternak ikan.


Walaupun berternak hewan salah satunya ikan ada juga perlu penanganan khusus akan tetapi jika kalian berternak ikan nila terbilang tidak terlalu sulit seperti memelihara ikan lainnya.

Kandungan gizi ikan nila


Selain itu kandungan gizi di dalam kandungan ikan nila cukuplah tinggi baik untuk kesehatan tubuh kita dimana kandungan gizi tersebut dapat kalian lihat pada kolom tabel berikut ini :


NamaKandungan Gizi Ikan Nila
Kalori 128
Karbohidrat 0 gram
Protein 26 gram
Lemak 3 gram
Vitamin B3 24% dari rekomendasi konsumsi harian
Vitamin B12 31% dari rekomendasi konsumsi harian
Fosfor 20% dari rekomendasi konsumsi harian
Selenium 78% dari rekomendasi konsumsi harian
Kalium 20% dari rekomendasi konsumsi harian.

Dari tabel gizi diatas dapat kita simpulkan bahwa Sanya selain rasa daging ikan nila yang gurih dan renyah kandungan gizinya pun sangat banyak dan baik untuk tubuh kita.

Cara budidaya ikan nila


Untuk membudidayakan ikan nila sebenarnya tidaklah terlalu sulit seperti jenis ikan lainnya bahkan lebih mudah jika kita bandingkan dengan membudidayakan ikan lele ( cat fish ).

Oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk kita jabarkan sebagai berikut sehingga dapat memandu kalian dalam berternak ikan nila yang mana seperti di bawah ini :

Carilah lokasi yang pas untuk kolam ikan


Hal awal yang kalian persiapkan untuk berternak ikan nila ialah pemilihan lokasi yang tepat sehingga tumbuh kembang ikan nila kalian jadi lebih baik yang mana seperti poin-poin dibawah ini :

  1. Usahakan lokasi kolam jauh dari anak kecil yang mana sering memainkan air membuat ikan stress ini pengalaman pribadi sih 😂.
  2. Usahakan lokasinya mudah mendapat pasokan air sehingga untuk penggantian air dan pengisian air kolam jadi lebih mudah.
  3. Usahakan air selalu bersih dengan kandungan pH 6 sampai 8 pada umumnya air di Indonesia sudah pas akan tetapi di beberapa daerah tidak sesuai dengan pH tersebut yang membuat ikan nila stress.

Persiapkan kolam ikan


Jika lokasi dirasa sudah pas dan mantap untuk melakukan budidaya ikan nila sesuai keteria diatas maka langkah selanjutnya persiapan kolam untuk ikan nila yang mana sebagai berikut :

Pengeringan kolam jika kolam tersebut telah ada dan ingin pengisian ikan nila sehingga pH atau kandungan kimia pada kolam tersebut netral oleh sebab itu sebelum di isi dengan ikan nila akan lebih baik kolam tersebut di kuras dan di diamkan selama 3 hari.

Jika kalian memiliki modal lebih usahakan untuk membeli kapur Tohor yang mana bertujuan untuk menghilangkan hama dan penetral pH jadi taburkan kapur Tohor dan diamkan beberapa hari kemudian di kuras dan di keringkan selama 3 harian.

Pengisian air untuk kolam ikan nila


Jika kolam telah di keringkan selama 3 hari langkah selanjutnya pengisian air jernih yang baru pada kolam tersebut untuk ikan nila yang akan kita budidayakan tersebut.

Pemilihan bibit nila


Jika syarat diatas telah terpenuhi maka selanjutnya kita melangkah pada tahap berikut yang mana tak kalah pentingnya yaitu pemilihan bibit ikan nila kalian dapat membeli bibit ikan nila kepada peternak lain ataupun membudidayakan sendiri dari indukan ikan nila tersebut.

Untuk bibit ikan nila sendiri lebih mudah kita dapat dengan cara membeli langsung dari pedagang bibit ikan itu sendiri ketimbang harus membuat bibitan ikan nila itu sendiri walaupun terkadang harganya cukup lumayan mahal sih tapi dari segi waktu dan kualitas dapat di bilang jauh lebih hemat.

Perawatan ikan nila


Untuk perawatan ikan nila sendiri sebagaimana telah kita singgung diatas yang mana tidak terlalu sulit bahkan lebih mudah dari memelihara ikan lele yang mana ikan nila tidak mempunyai sifat kanibal seperti ikan Lele dan kuat dengan kondisi air yang cukup keruh sama seperti lele.

Kalian hanya cukup memberi pakan ikan nila 3 kali sehari hingga 3 sampai 6 bulan ikan nila sudah siap kita panen kalian dapat memanen ikan nila menggunakan jaring ataupun dengan menguras air kolam itu sendiri dan jangan lupa juga untuk mengganti airnya jika sudah terlihat terlalu keruh.

Cukup simpel dan mudah bukan perawatan ikan nila ini.

Harga ikan nila


Harga ikan nila sendiri dipasaran perkilonya Rp 25.000 - Rp 27.000 cukup lumayan bukan ini kita survey pada tahun 2020 sebab terkadang tiap tahunnya mengalami penaikan harga mengikuti inflasi.

Sedangkan untuk bibit ikan nila ukuran 3 - 4 cm untuk 5000 ekor bibit ikan nila pada tahun 2020 ialah Rp 1.000.000 jika kalian membeli di pedagang atau pembudidaya ikan nila di kawasan Bogor.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kalian serta motivasi kalian untuk berwirausaha ataupun untuk sekedar hobi saja dan terima kasih telah mengunjungi blog kami.