Kelebihan Investasi Peer To Peer ( P2P ) Lending - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Investasi Peer To Peer ( P2P ) Lending

Navigasi Info - Investasi Peer To Peer Lending  atau lebih dikenal dengan singkatan P2P Lending adalah sebuah investasi yang menghimpun semua dana dari pada investor melalui sebuah platfrom atau aplikasi yang dikelolah oleh perusahaan fintech yang mana dana tersebut akan dipinjamkan kepada sebuah usaha bersekala kecil maupun usaha yang bersekala besar yang mana investor akan mendapat keuntungan dari bunga pinjaman tersebut.

Investasi Peer to peer


Dalam tekniknya peer to peer lending tidak jauh berbeda dengan kita menabung di bank yang mana dana yang kita simpan akan dipinjamkan kepada para perorangan maupun perusahaan seperti kartu kredit , KPR , kredit perusahaan , KTA dan jenis pinjaman bank lainnya.

Akan tetapi Peer To Peer memberikan janji dengan bunga yang terbilang cukup lumayan besar sesuai dengan resiko nya yang mana jika pinjaman tersebut mengalami kemacetan kita selaku investor pun akan merasakan dampak dari hal tersebut.

Berbeda dengan kita menabung di bank yang mana kita akan dengan rutin mendapatkan bunga bank dan tidak mendapatkan resiko kredit macet walaupun bunganya sangat kecil yaitu kisaran 0,05% saja dari uang yang kita simpan pada pihak bank.

Keuntungan Investasi Peer To Peer ( P2P )


Mungkin sebagian kita masih bingung jika secara konsep dan resiko lebih baik bank kenapa banyak yang berinvestasi kepada Peer To Peer oleh sebab itu kita akan mengulasnya bersama beberapa keuntungan berinvestasi P2P ( Peer to Peer ) yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut :

Dapat berinvestasi dengan modal yang terbatas


Untuk kita yang ingin berinvestasi akan tetapi memiliki uang yang terbatas peer to peer ( P2P ) mungkin dapat menjadi solusi kalian yang mana dengan hanya bermodalkan uang sebesar Rp 100.000 saja kalian telah dapat berinvestasi peer to peer lending.

Yang mana dana sebesar Rp 100.000 untuk saat ini kalian gunakan berinvestasi sangatlah sulit bahkan untuk berinvestasi emas 24 karat sekalipun yang mana per gramnya saat ini hampir 1 juta rupiah.

Jadi dengan dana minim kalian masih dapat kembangkan menjadi investasi yang menguntungkan selain itu kita pun ikut membantu pertumbuhan wirausaha dengan cara memberi pinjaman kepada mereka sehingga tanpa kita sadari kita ikut membantu pertumbuhan ekonomi negara kita.

Memiliki Score resiko

Investasi Peer to peer lending di lengkapi dengan fasilitas scoring resiko gagal bayar sehingga kita dapat memperhitungkan resiko yang kita ambil dalam melakukan investasi tersebut kurang lebih sama seperti kita berinvestasi dalam Reksadana yang mana terdapat batas level resikonya sehingga dapat kita pantau maupun waspadai sebelum memulai investasi.

Selain itu platform investasi Peer to peer juga memberikan fasilitas management resiko yang mana kita dapat menentukan persentasi kerugian saat gagal bayar sehingga tidak seratus persen kerugian di tanggung oleh kita selaku investor.

Jika kalian ingin memulai atau belajar berinvestasi P2P dapat menjadi pilihan kalian karena cukup mudah dilakukan serta dana yang dipakai tidak terlalu besar.