7 Kayu asli Indonesia yang harganya sangat mahal - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kayu asli Indonesia yang harganya sangat mahal

Navigasi Info - kekayaan alam bumi Nusantara indonesia merupakan anugrah serta amanat dari Tuhan yang maha esa yang harus kita jaga untuk kita wariskan ke anak cucu kita.

7 Kayu asli Indonesia yang harganya sangat mahal
Tanaman kayu Indonesia yang eksotis


Salah satu kekayaan alam milik negara kita ialah terdapat jenis kayu yang melimpah dan eksotis dengan kualitas kekuatan kayunya sudah dikenal di seluruh dunia tak heran kayu-kayu tersebut memiliki harga yang fantastis melebihi ekspetasi kita.

Hal tersebut disebabkan kualitas kayu yang memang sulit kita temui di luar negara kita dan juga keunikannya dimana memiliki serat kayu yang alami indah dan kemampuan menghasilkan zat anti rayap yang alami berasal dari kayu tersebut tak heran harganya di patok puluhan juta bahkan menebus harga milyaran.

Kayu eksotis asli Indonesia dengan harga jual yang tinggi


Oleh sebab itu untuk menambah pengetahuan kita tentang jenis kayu yang paling banyak di cari dan harga jualnya sangat tinggi berserta keunikannya yang baik untuk di jadikan furniture maupun olahan kayu lainnya yang mana sebagai berikut :

1. Kayu trembesi


Kayu trembesi mungkin sudah tak asing lagi untuk kita warga Indonesia terutama pencinta furniture yang terbuat dari olahan kayu hal ini disebabkan serat dan corak kayu yang sangat menawan indah dari kayu trembesi sangatlah banyak yang menyukai tak heran pesanan furniture yang terbuat dari kayu trembesi baik dari dalam negeri maupun luar negeri sangatlah tinggi.

Tanaman trembesi merupakan salah satu tanaman yang dapat menyerap gas Co2 dengan baik sehingga sangat bagus untuk ekosistem lingkungan hidup pohon trembesi tumbuh subur dibeberapa pulau Indonesia seperti Sumatra ,Sulawesi , Jawa dan NTT.


Pohon trembesi dapat tumbuh sampai mencapai tinggi 50 meter dari tanah dengan diameter kayu mencapai 5 meter.

2. Kayu Sungkai


Kayu Sungkai merupakan salah satu kayu yang sangat familiar untuk masyarakat kita sejak dahulu kala dimana sering dijadikan bahan baku pembuatan kapal-kapal besar tak heran beberapa tempat menamakan lokasi , suku dan hal sakral lainnya dengan nama Sungkai.


Kayu Sungkai banyak tumbuh dipinggir perairan ( kali / sungai ) jika di pulau Jawa kayu ini disebut dengan nama jati sebrang.


Kayu Sungkai sangat mudah diolah menjadi beberapa kerajinan kayu seperti furniture , patung , bahkan menjadi bahan baku pembuatan plywood dan juga peminat kayu Sungkai terbilang cukup banyak hal ini dikarenakan corak kayu yang khas , serta kekuatan kayunya masuk dalam jajaran kayu berkualitas baik.

Ditambah lagi harga kayunya lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati corak warna kayu yang terbilang Indah yang mana berwarna kuning kecoklatan membuat olahan kayu dari kayu Sungkai sangat cocok di tempatkan di dalam ruangan.

3. Kayu mahoni


Kayu mahoni merupakan jenis kayu eksotis asli Indonesia kuat terhadap serangan hama seperti rayap dan sebagainya selain itu tekstur kayu mahoni yang mudah di olah dimana tak mudah rekat saat di paku membuat kayu ini cukup diminati oleh para pengrajin furniture ataupun para penikmat olahan kayu.

Kayu mahoni juga memiliki corak kayu yang unik yaitu berwarna kemerahan dengan pori-pori kayu yang kecil sehingga mudah saat dilakukan finishing.


Tanaman mahoni dapat mencapai tinggi maksimal 45 meter dengan diameter kayu 1 meteran dan tumbuh subur di dalam hutan tropis seperti negara kita Indonesia.

4. Kayu sonokeling


Kayu sonokeling masuk kedalam salah satu tanaman yang di lindungi sehingga untuk memanfaatkannya cukup ribet walau demikian serat kayu sonokeling sangatlah indah dengan corak warna kayu kehitaman gelap yang khas dari jenis kayu ini menambah kesan eksotis.

Pohon Sonokeling dapat tumbuh mencapai 40 meter dengan diameter selebar 2 meter tanaman ini dapat kita temui di pulau Sumatra dan Jawa dengan kondisi tanah berbatuan dan kering.


Kayu sonokeling mengandung minyak alami yang memperkuat kayu nya serta mengusir serangga dan jamur tak heran kayu Sono Keling sering dimanfaatkan untuk membuat furniture , alat musik , alat olahraga dan olahan kayu lainnya.

5. Kayu Ulin 

Sama seperti kayu sonokeling kayu Ulin juga masuk dalam daftar jenis kayu yang dilindungi oleh sebab itu pemanfaatannya diperlukan perijinan yang cukup membuat kita kesulitan kayu Ulin sendiri untuk saat ini hanya tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan saja dengan tinggi maksimal mencapai 50 meter dengan diameter hampir 1 meter.


Kayu Ulin memiliki kekuatan yang tak usah di ragukan lagi sebab kayu ini sangat kuat serta jika berumur tua kayu ini akan menjadi sangat kuat seperti besi atau batu.

Kayu Ulin mempunyai corak kayu yang indah dan eksotis dengan kekuatan kayu nomor Wahid tak heran harganya pun selangit mahalnya .

6. Kayu Merbau 


Kayu Merbau salah satu kayu berkualitas yang tumbuh subur dikawasan indonesia timur seperti Papua dan Maluku dengan tinggi mencapai 50 meter disertai luas diameter mencapai 2 meteran.


Kayu Merbau salah satu kayu yang menjadi primadona bagi masyarakat kita maupun luar negeri tak heran pemesan furniture dari kayu Merbau sangatlah banyak .

Kayu Merbau sangat cocok dijadikan bermacam-macam olahan kayu dari lantai , perabotan rumah tangga dan hal lain yang terbuat dari bahan kayu.

7. Kayu Eboni 


Kayu Eboni salah satu kayu langka juga sehingga kalian harus memiliki izin untuk menggunakannya kayu Eboni juga dikenal dengan nama kayu hitam hal tesebut disebabkan tekstur serat dan corak kayunya yang memang berwarna hitam legam.


Untuk kekuatan kayu Eboni sudah pasti berkualitas maka dari itu kayu Eboni paling banyak yang mencari nya dan harganya tak usah di tanya sudah pasti sangat mahal.

Pohon Eboni mampu tumbuh hingga 40 meter dengan diameter kurang lebih 1 meteran yang mana tanaman Eboni tumbuh subur di kawasan pedalaman hutan Sulawesi.

Itulah jenis kayu yang banyak di cari dikawasan Indonesia dengan harga jual yang tinggi semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.