8 Cara perawatan lemari yang terbuat dari kayu - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara perawatan lemari yang terbuat dari kayu

Navigasi Info - furniture yang terbuat dari kayu memang banyaklah keunggulan tak heran harga jual nya sangatlah tinggi dan juga di imbangi peminat dari produk yang terbuat dari kayu cukup banyak.

Cara perawatan lemari yang terbuat dari kayu
Cara perawatan lemari yang terbuat dari kayu


Salah satu keunggulan furniture yang terbuat dari kayu ialah tampilannya eksotik dan terkesan alami dan klasik sangat diminati oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu kayu yang lapuk termakan usia serta jamur membuat bahaya kita dan keluarga yang sewaktu-waktu dapat rubuh menimpah perabotan lain di rumah kita atau bahkan dapat menimpah kita dan keluarga kita.


Bukan hanya itu saja rayap dan serangga yang menepati furniture tersebut dapat memicu berbagai penyakit yang tidak kita inginkan oleh sebab itu kali ini kita akan mencoba membagi tips cara merawat furniture berbahan dasar kayu agar dapat menjadi awet dan tahan lama mendiami ruangan property bangunan rumah kalian.

Tips perawatan lemari dari bahan kayu


Akan tetapi banyak dari kita masih bingung dan tidak mengetahui cara perawatan yang baik dan benar untuk merawat lemari dari bahan kayu oleh sebab itu kita akan memberikan beberapa tips untuk perawatan lemari kayu akan awet dan tahan lama yang mana sebagai berikut :

1. Tata letak Lemari yang tepat


Beberapa orang masih menyepelekan tata letak yang tepat Hanya demi ruangan yang mereka tata terlihat baik sehingga meletakan lemari dari bahan kayu tanpa tahu sebab akibat nya.

Salah satu contohnya posisi peletakan lemari bahan kayu yang terlalu mepet ke dinding membuat lemari kayu tersebut tergores dan lecet dibuatnya. 

Selain itu tindakan tersebut membuat lemari kayu cepat membuat lembab dan hal itu membuat kayu cepat berjamur serta cepat membuat lapuk kayu oleh sebab itu tata letak furniture yang terbuat dari kayu harus lebih di perhatikan.

2. Melapisi lemari kayu 


Sebagai mana kita ketahui suhu sangat berpengaruh terhadap bahan-bahan yang terbuat dari bahan baku kayu tak kecuali lemari dari kayu yang mana akan mudah terkena jamur dan pelapukan seperti yang pernah kita singgung diatas.

Oleh sebab itu tak heran beberapa orang melapisi lemari kayu mereka dengan plastik maupun dengan cat kayu sebagai finishing lemari tersebut itu bertujuan untuk mengurangi pengaruh suhu yang membuat kayu menjadi lembab dan cepat lapuk.

3. Menggunakan hair dryer 


Beberapa orang sering memanfaatkan hair dryer untuk mengurangi kelembaban pada furniture yang terbuat dari kayu supaya lemari kayu selalu kering dan tidak lembab.

Cara menggunakan hair dryer tersebut tidak lah sulit bila di gunakan pada lemari kayu dimana kalian cukup memanfaatkan suhu yang di hasilkan hair dryer tersebut pada furniture agar suhu lembab pada lemari kayu itu cepat hilang.

4. Jangan alasi lemari kayu kalian dengan kertas


Kebanyakan dari kita menggunakan kertas seperti koran , buku tulis dan lain-lainnya yang man menjadi makanan bergizi untuk rayap , kecoa , dan serangga yang merusak furniture berbahan kayu lainnya.

Oleh sebab itu sebisa mungkin gunakanlah beberapa bahan yang tidak menggunakan kertas seperti plastik dan bahan lainnya yang tidak terbuat dari bahan kertas dan lain-lainnya.

5. Gunakan kamper


Untuk mengatasi serangga dan aroma tidak sedap yang di hasilkan oleh furniture yang terbuat dari kayu khususnya lemari akan lebih baik jikalau kalian menggunakan kamper atau kapur Barus.

Berikan kapur Barus kepada celah-celah lemari kalian dengan meletakan kapur Barus sehingga serangga yang merusak bahan kayu pada furniture kalian tidak terjadi.

6. Angkatlah lemari saat ingin dipindahkan


Saat memindahkan furnitur seperti kursi ataupun lemari Berbahan baku kayu lainnya kita sering kali memindahkan dengan cara menggeser atau mendorongnya sehingga sering kali menggores furniture yang terbuat dari kayu tersebut.

Oleh sebab itu akan lebih bijak jika kalian memindahkan furniture tersebut dengan cara diangkat walaupun hal tersebut cukup memakan banyak tenaga akan tetapi hal tersebut dapat menghindari kerusakan pada lemari kayu milik kita.

 7. Membersihkan menggunakan lab kering


Saat membersihkan lemari kayu kita sering kali menggunakan lab basah pada lemari kayu kita yang mana akan mengakibatkan lemari kayu tersebut menjadi lembab.

Selain itu kotoran pada kayu tersebut menjadi lengket dan susah di hilangkan akan jauh lebih baik jika menggunakan kemoceng dan lab kering untuk membersihkan lemari kayu milik kita itu jauh lebih baik.

8. Gunakan cairan khusus furniture kayu


Dari pada menggunakan air untuk membersihkan kotoran pada lemari kayu kalian akan jauh lebih baik jika kalian menggunakan cairan Polish furniture khusus buat bahan kayu.

Cairan Polish furniture sangat bagus untuk furniture berbahan kayu apa lagi furniture tersebut di cat finishing kayu dan juga akan membuat lemari kayu tersebut akan tampil menarik serta mengkilat.

Cairan Polish juga dapat mencegah kelembaban pada bahan furniture yang terbuat dari kayu dalam artian cairan Polish sangat bermanfaat sekali untuk furniture-furniture yang terbuat dari bahan baku kayu.

Itulah 8 cara untuk perawatan lemari yang berbahan dasar kayu semoga bermanfaat untuk kalian dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.