Dampak Positif dan Negatif dari Hobi Mancing - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Positif dan Negatif dari Hobi Mancing

Navigasi Info - Hobi adalah sebuah kegiatan untuk menghabiskan waktu dengan cara yang menyenangkan menurut para pelakunya dimana kita dapat melupakan segala hal yang membuat kita stress dalam menjalani hidup untuk sesaat dengan cara melakukannya.

Mancing mania
Para pemancing madesu


Tak jarang juga menghabiskan biaya dan juga waktu tak sedikit untuk memenuhi hobi tersebut hal ini selalu dipandang negatif dari sisi orang lain yang tidak menyukai hobi itu tak terkecuali dengan hobi yang kita cintai yaitu hobi mancing.


Di lingkungan saya banyak yang tak menyukai hobi memancing tak jarang kegiatan tersebut menjadi bahan omongan tetangga yang terbilang menyayat jiwa untuk kita dengar hal tersebut ada benar nya juga sebab beberapa orang yang hobi memancing terlalu berlebihan dalam menjalani hobi nya tersebut bisa di bilang hanya segelintir oknum saja.

Hal negatif dari hobi memancing


Oleh sebab saya akan membuatkan artikel tentang Beberapa hal negatif yang di akibatkan hobi memancing menurut tetangga saya yang mana selaku narasumber kita kita akan uraikan alasan dan sebabnya sebagai berikut :

1. Menghabiskan banyak duit 


Tak bisa kita pungkiri bahwa Sanya hobi memancing memanglah cukup menghabiskan banyak uang dari membeli joran yang harganya dari ratusan ribu rupiah sampai dengan puluhan juta untuk satu joran pancing saja Belum buat senar , umpan dan kail pancingnya.

Ditambah lagi biaya memancing dalam sekali perjalanan cukup lumayan memakan biaya yang paling murah saja Rp 100.000 - Rp 15.000.000 bahkan bisa lebih lagi jika kita hitung dari sewa kapal dan perlengkapan pancing lainnya jika kita memancing di laut.

Tidak salah juga sih memang hobi memancing terbilang menguras banyak uang juga.

2. Lupa waktu dan lupa segalanya


Beberapa oknum memang memancing ikan terlalu berlebihan mereka mampu memancing sampai berhari-hari bahkan bulan tanpa pulang ke rumah cuma untuk memenuhi obsesinya dalam hal memancing itu sehingga melupakan tanggung jawab dan pekerjaan mereka itu sendiri.

Tapi orang seperti ini masih terbilang sedikit sih jangan sampai seperti mereka juga sih terlalu terobsesi hanya untuk hobi jatuhnya bukan hilangin stress tapi menabah stress kalau begini.

3. Membawa kemusyrikan


Tak jarang juga oknum yang memiliki hobi memancing menggunakan cara-cara yang sesat demi hobi memancingnya itu seperti salah seorang rekan saya sebut saja Udin ( nama yang disamarkan ).

Udin menghabiskan banyak uang untuk dukun memberi jampi-jampi pada gagang pancingnya agar selalu dapat ikan dalam hal memancing ( hoki ) dan biaya untuk hal itu tidak lah murah yaitu jampi-jampi tingkat rendah Rp 350.000 sampai Rp 1.500.000 gila bukan.

Bagi kita umat Islam hal tersebut tidak dapat dibenarkan sebab masuk katagori kemusyrikan yang akan di laknat Allah SWT di akhirat kelak semoga kita di jauhi dari hal tersebut.

4. Membawa penyakit


Jika hobi memancing di daerah berawah atau sungai yang mengharuskan kita masuk kehutan-hutan dan daerah yang masih ada hewan buas seperti ular , kalajengking dan lainnya.

Tentu sangat berbahaya untuk diri kita apa lagi kesehatan ditambah lagi hobi mancing yang lupa waktu dan makan membuat beberapa penghobi memancing banyak yang terkena penyakit lambung dan TBC.

5. Sebagai saranan untuk mencari selingkuhan


Waduh yang ini rada ngeri-ngeri sedap tapi memang beberapa oknum melakukan cara ini sehingga mencemari nama baik para pencinta mancing seperti kita.

Salah satu tetangga saya yang sebut saja joko yang mana menjadikan alasan pergi memancing untuk mencari selingkuhan di luar rumah.

Itulah beberapa hal negatif dari hobi memancing menurut tetangga saya sendiri dan juga saya membuat beberapa pembelaan juga mengenai dampak positif dari memancing yang mana sebagai berikut.

Manfaat memancing atau dampak positif hobi memancing ikan


Untuk manfaat atau dampak positif dari hobi memancing telah saya rangkum dari berbagai sumber yang dapat membela kita para mancing mania yang mana sebagai berikut :

1. Melatih kesabaran


Memancing ikan yang di perairan terkadang tak selalu mendapatkan ikan sesuai yang kita harapkan bahkan zonk .

Kita dilatih untuk sabar dan menunggu hingga umpan kita dimakan oleh ikan hal-hal tersebut benar-benar menempa psikologi kita untuk menjadi seseorang yang lebih sabar.

2. Melatih konsentrasi


Dengan cara memancing kita dapat menjadi lebih berkonsentrasi disebabkan kita harus melihat dan mengamati mata pancing kita dan sigap saat dimakan oleh ikan.

Dengan cara itu tingkat konsentrasi kita akan meningkat dengan sendirinya tanpa kita sadari .

3. Alternatif cara diet


Memancing dapat kita gunakan menjadi sarana untuk menurunkan berat badan yang mana hobi memancing mengharuskan kita menjelajah ke lokasi yang sulit ditempuh dan menunggu mata pancing kita pun terkadang melupakan waktu makan kita.

Dengan kata lain memancing dapat menjadi sarana diet dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Menambah teman


Memancing dapat menjadi sarana kita menambah pertemanan dari komunitas memancing yang besar dengan berbagai teknik mancing kita dapat saling diskusi tentang cara memancing dan lokasi spot yang mancing yang oke di sekitar tempat kita Dan juga dengan memancing kita dapat mempererat hubungan pertemanan kita.

5. Menghabiskan waktu dengan cara menyenangkan


Memancing sama hal dengan hobi lainnya dimana kita dapat menghilangkan stress dan menghabiskan waktu dengan cara lebih menyenangkan bagus untuk dilakukan setiap akhir pekan bersama teman dan keluarga.

6. Mendapatkan ikan yang segar


Hal yang membedakan dari hobi lain ialah kita dapat memperoleh hasil dari memancing ikan dengan kondisi ikan yang sangat fresh berbeda dengan kita jika membeli di pasar  terlebih lagi ikan hasil memancing biasanya dagingnya jauh lebih gurih.

Itulah sedikit informasi dari kita mengenai hobi memancing semoga dapat menghibur dan bermanfaat untuk kalian terima kasih telah berkunjung di blog kami.