Pelaku Bisnis online harus hindari beberapa hal berikut ini - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelaku Bisnis online harus hindari beberapa hal berikut ini

Navigasi Info - berbisnis online saat ini kian populer dimasyarakat kita terutama saat wabah Corona seperti sekarang dimana banyak orang yang memulai memasarkan produk mereka secara online melalui jejaring internet dan hasilnya sangat memuaskan bahkan melebihi ekspektasi mereka.

Bangkrut
Gambar orang bangkrut bisnis online


Walaupun banyak juga yang malah tenggelam olehnya di sebabkan yang masih bingung ataupun gaptek Dengan perkembangan teknologi saat ini yang terbilang sangat cepat berkembang.

Pada hal Faktanya berjualan secara online kurang lebih sama dengan kita melakukan berjualan atau berbisnis secara konvensional pelayanan , kualitas barang/jasa yang baik dan nilai harga produk dan jasa kalian yang mampu bersaing.

Dari semua itu yang terpenting ialah pelayanan kalian kepada konsumen atau pembeli barang / jasa yang kalian tawarkan walaupun beberapa orang masih menyepelekannya sehingga mengalami kerugian bahkan kebangkrutan.

Beberapa hal yang harus dihindari saat menjalankan bisnis online


Oleh sebab itu kita akan membagikan tips atau beberapa hal yang harus kalian hindari dan jangan pernah kalian lakukan saat menjalankan bisnis secara online yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber serta pengalaman pribadi yang mana sebagai berikut :

Respon yang lambat


Sama hal dengan berdagang ataupun berbisnis secara konvensional komunikasi yang kita utamakan untuk kita dapat menarik pelanggan agar mau dan tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan secara online.

Respon yang cepat untuk menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan konsumen kita sudah pasti wajib dilakukan akan tetapi beberapa pelaku bisnis online mengabaikan hal ini sehingga yang awalnya konsumen ingin membeli produk yang kita tawarkan berpindah ke pedagang lainnya yang mempunyai respon yang cepat dalam melayani konsumen.

Dalam arti lain tindakan kurang respon untuk menjawab pesan yang masuk secara online dari konsumen kalian adalah suatu tindakan yang sangat fatal sebagai mana kita ketahui persaingan bisnis online terbilang sangat ketat sehingga konsumen dapat memilih marketplace dan produk lainnya dengan sangat mudah cukup menggunakan smartphone saja.

Bingung dan ragu dalam menjual produk


Hal selanjutnya yang mungkin kebanyakan orang alami ialah ragu atau masih bingung apakah produk mereka dapat laku di jual dipasaran dengan cara online sehingga membuat mereka batal dan tidak mau memulai berbisnis online.

Pada hal hampir semua produk yang terbilang aneh atau unik laku keras dipasaran yang mana berbisnis online pangsa pasarnya sangat yang terkadang barang atau jasa yang sepele bagi kita ternyata di luar negeri atau kota lain produk tersebut sangat di cari di daerah mereka sebagai contoh Porang , alang-alang  , Klemba / Pisei , cepluk , blimbing-blimbingan dan lainnya yang di tempat kita hanya di anggap rumput bahkan hama di pertanian ternyata banyak yang mencarinya bahkan berani membelinya dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk memulainya carilah sesuatu yang unik dan jarang di temukan di tempat lain hal tersebut dapat memperkenalkan daerah kalian dan menjadi pemasukan kalian.

Menyepelekan keluhan konsumen


Hal lain yang sangat fatal bila dilakukan oleh seorang penggiat bisnis online ialah menyepelekan keluhan pelanggan mereka selain merespon pertanyaan kita juga wajib memberikan solusi dari keluhan konsumen kita.

Sebab jika kita menyepelekan hal tersebut dapat menurunkan reputasi kalian dalam berbisnis online sebab konsumen yang biasa membeli barang atau jasa secara online biasanya mereka juga aktif dalam kegiatan komunitas yang menyukai produk dan layanan tertentu.

Sehingga jika mereka kecewa mereka biasanya akan saling berbagi pengalaman mereka di dalam komunitas tersebut hal itu dapat membuat kalian akan sepi konsumen atau bahkan gulung tikar olehnya jadi simpelnya jangan kecewakan konsumen atau setidaknya memberikan alasan yang masuk akal kepada mereka.

Kurang inovasi dan promosi


Kesalahan selanjutnya ialah terkadang disaat kita sudah memulai berbisnis online di marketplace atau membuat situs jual beli kita melupakan inovasi dan juga promosi sehingga kita tidak di kenal orang yang mana membuat hal tersebut sangat fatal dalam usaha yang kita bangun.

Di jaman digital seperti sekarang kita juga diharuskan untuk berinovasi dari segi pelayanan , produksi dan juga promosi agar dapat bersaing dengan pebisnis lain yang serupa.

Inovasi disini bisa berbentuk produk yang unik tidak di temukan di tempat lain atau juga kalian dapat membuat suatu promosi diskon harga ataupun membuat iklan yang unik dan mudah dikenal dan diingat orang.

Hal tersebut berguna untuk memancing konsumen untuk mau membeli di tempat kalian maka tak heran marketplace raksasa seperti Alibaba , Tokopedia , shopee ,Bukalapak , lazada dan lainnya selalu muncul pada iklan google baik di YouTube atau bahkan website.

Itulah hal-hal yang fatal kita lakukan saat memulai bisnis online akan tetapi pada intinya kalian jangan ragu untuk berusaha dan berdo'a sebab rezeki sudah ada yang mengatur mungkin itu saja dari kita dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.