Tips Mengatasi Trading Saham Nyangkut - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Trading Saham Nyangkut

Navigasi Info - hal yang banyak di pertanyakan oleh para pelaku trading saham maupun bitcoin bagaimana cara untuk mengatasi atau mencegah agar saham kita tidak nyangkut pada saat trading dan selalu profit setiap transaksi jual maupun beli saham.

Saham nyangkut bikin stress
Saham nyangkut bikin stress


Nyangkut sendiri dalam istilah trading adalah dimana situasi disaat instrumen investasi disini dalam arti saham tak dapat melakukan penjualan dan jika kita lakukan akan mengalami loss ( rugi )  hal ini juga di sebut floating loss Sebab nilai harga nya selalu turun terus menerus kondisi tersebut membuat kalian menahan untuk menjual saham tersebut serta berharap menjualnya saat harga naik sehingga mendapatkan profit.

Sudah pasti hal seperti diatas atau nyangkut pernah dialami oleh para trader oleh sebab itu kita akan mencoba membahas dan memberikan tips dan cara agar saham yang kita beli tidak nyangkut ataupun rugi saat transaksi.

Level nyangkut Investasi berdasarkan waktu


Berdasarkan waktu proses nyangkut investasi di marketplace trading dapat kita bagi dua level nyangkut yaitu sebagai berikut :

Nyangkut Investasi Level ringan

Level ringan nyangkut investasi trading adalah dimana kondisi saham kita yang telah dibeli mengalami nyangkut atau harga saham tersebut terus turun saat kita ingin menjual saham tersebut akan tetapi dalam waktu yang singkat beberapa hari saja dan kita tahu harga saham tersebut akan meningkat lebih tinggi dalam waktu cepat.

Nyangkut investasi level akut

Level akut dalam nyangkut investasi adalah dimana kondisi saham yang kita beli terus menerus turun dan jika kita jual saham tersebut akan membuat kita rugi ( loss ) dalam waktu yang panjang dan kita tidak tahu kapan saham tersebut akan meningkat lagi harganya.

Cara Mencegah saham nyangkut

Dari hal tersebut akan jauh lebih baik jika kita mengurangi resiko kerugian yang besar saat melakukan trading di marketplace oleh sebab itu kita telah merangkum dari  beberapa sumber mengenai trik dan tips dalam mengurangi atau mencegah nyangkut investasi yang mana sebagai berikut :

Gunakan teknik investasi untuk memilih saham yang tepat


Untuk menghindari kerugian waktu atau pun uang saat mengalami nyangkut investasi akan lebih baik jika kalian menggunakan beberapa teknik analisa saham yang tepat.

Jadi kalau anda tahu analisa apa yang anda gunakan untuk trading, anda mengetahui alasan kenapa anda beli saham tersebut, anda paham momentum. Lalu, saham yang anda beli turun, anda tidak butuh waktu lama agar saham anda bisa naik lagi, dan anda mendapatkan profit yang maksimal. Hal ini sudah saya buktikan sendiri berkali-kali. 

Dan sebenarnya kalau saham anda hanya turun satu-dua hari, lalu saham anda bisa naik dan profit, maka agak kurang tepat juga kalau kita mengatakan 'nyangkut', karena nyangkut umumnya terjadi karena trader tidak memiliki pengetahuan yang benar tentang cara trading. 

Nah karena trader tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam trading, maka berujung pada saham nyangkut. Tapi kalau saham anda hanya turun sehari-dua hari dan anda beli saham yang benar, well seharusnya itu bukan nyangkut, tapi anda hanya perlu menunggu sedikit waktu untuk naik. Karena trading saham itu juga termasuk seni anda untuk menunggu.

Karena pasar saham itu tidak pasti, jadi sangat wajar apabila saham yang anda beli turun. Tapi jangan sampai saham anda turun karena anda salah membeli saham. Kalau hal ini yang terjadi, maka portofolio saham anda akan acak kadut, dan hal ini yang menyebabkan banyak trader akhirnya bubar total dari trading. 

Hindari saham-saham yang membuat anda rugi 


Kalau anda sudah pernah nyangkut di saham tertentu, anda harus pelajari dan analisa kenapa anda nyangkut. Saham apa yang membuat anda nyangkut? Dengan demikian, pada trading-trading selanjutnya, anda tidak mengulangi membeli saham dengan pola yang sama (yang membuat anda nyangkut). 

Hindari membeli saham karena: Saham tersebut ramai dibicarakan (tapi anda tidak tahu kenapa saham tersebut naik), saham tersebut naik turunnya tidak jelas atau terlalu ekstrem, anda tidak mengerti dengan analisis teknikal saham tersebut, anda membeli suatu saham hanya karena mau untung cepat (rasionalitas anda untuk analisa menjadi hilang). 

kalau anda tidak ingin nyangkut, paling tidak anda harus menghindari membeli saham karena alasan-alasan yang saya sebutkan tadi.

Pada prinsipnya kalian harus menggunakan analisa saham yang tepat saat membelinya, maka risiko nyangkut itu akan sangat kecil.

Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para trader tentang strategi trading anti nyangkut. Anda perlu menerapkan dua poin yang saya tuliskan ini, agar profit yang anda dapatkan bisa lebih maksimal, dan konsisten.

Tentunya, tujuan lainnya supaya anda bisa menciptakan komposisi portofolio saham yang sehat. Jangan sampai porto anda diisi oleh saham-saham nyangkut yang tidak berkualitas. 

Itulah mengenai beberapa hal dalam mengatasi dan mencegah saham nyangkut semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.