Aturan COD untuk layanan e-commerce di indonesia - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aturan COD untuk layanan e-commerce di indonesia

Navigasi Info - layanan jual beli online ( marketplace ) kian menjamur dan di Sertai berbagai fitur yang mempermudah para konsumennya salah satunya layan Cash on Delivery ( COD ) hampir semua layanan marketplace seperti : shopee , Bukalapak ,  Blibli , lazada , Tokopedia dan Zalora menyediakan jasa layanan COD.

Aturan COD untuk layanan e-commerce di indonesia
Aturan COD untuk layanan e-commerce di indonesia


Sebagai mana kita ketahui e-commerce kian populer saat ini di saat wabah korona ( Covid 19 ) membuat semua orang menggunakan jasa pembelian online dikarenakan ada larangan untuk berkunjung maupun menciptakan keramaian.

Semakin banyak yang melakukan pembelian item atau produk secara online ini banyak dari kita lebih suka dengan sistem pembelian barang secara COD yang mana akhir-akhir ini sering kejadian permasalahan di lapangan terutama antara pembeli dan kurir pengirim barang yang sempat viral dan heboh di jaringan video online di sebabkan banyak dari pembeli tidak memahami aturan-aturan yang berlaku tentang jasa cod dari pihak marketplace.

Prosedur COD yang berlaku di beberapa E-commere


Oleh sebab itu sebelum kejadian permasalahan mengenai COD pada kalian sebaiknya kalian harus mengetahui terlebih dahulu mengenai aturan atau prosedur yang berlaku di setiap E-commere ataupun marketplace yang menyediakan jasa COD dimana akan kita jabarkan dibawah ini :

Peraturan COD di Shopee


Sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya e-commere shopee juga menyediakan jasa COD pada fitur layanan mereka yang mana mempunyai beberapa prosedur sebagai berikut :

  • Maksimum pembelian melalui fitur COD adalah seharga Rp 3 juta tanpa minimal pembelian.
  • Pembeli harus melakukan pembayaran ke kurir sebelum menerima/membuka paket.
  • Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket dua kali dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD.

Untuk pengembalian barang COD sendiri mengikuti prosedur yang berlaku ketika melakukan pembelian menggunakan metode pembayaran lain di marketplace Shopee Adapun pengajuan pengembalian barang bisa dilakukan apabila:

  • Produk yang Anda terima rusak, cacat, atau tidak berfungsi dengan baik
  • Produk tidak sesuai pesanan/berbeda dengan deskripsi atau foto di etalase toko
  • Kesepakatan bersama dengan Penjual

Itulah prosedur resmi untuk layanan cod pada Shopee sehingga sebelum membeli produk dengan layanan COD sebaiknya pahami terlebih dahulu.

Peraturan COD di Tokopedia


Tokopedia selaku E-commere asal Indonesia dan termasuk salah satu unicorn Tokopedia juga tidak mau kalah dengan menambahkan fitur COD pada layanan jasa mereka yang mana aturannya sebagai berikut :

  • Maksimum pembelian melalui fitur COD adalah Rp 2,5 juta dengan pembelian minimal Rp 50.000.
  • Pembeli bertanggung jawab melakukan pengecekan barang bersama kurir ketika barang diterima
  • Pembeli berhak untuk melakukan penolakan penerimaan barang apabila, setelah dicek, ternyata dalam keadaan rusak karena kesalahan kurir
  • Pembeli wajib melakukan pembayaran sesuai dengan nilai transaksi pembelian
  • Pembeli tidak dapat melakukan komplain apabila sudah melakukan pembayaran dan menandatangani nota yang dibawa oleh kurir.

Sedangkan untuk aturan mengembalikan produk atau barang ialah sebagai berikut.

  1. Barang dapat dikembalikan kembali selama produk atau barang tersebut belum di buka oleh konsumen.
  2. Pengembalian barang dapat dilakukan langsung kepada kurir pengantar barang tersebut.
  3. Pengembalian barang dapat dilakukan sebanyak 2 kali dan jika melebihi pembeli dapat terkena blacklist oleh pihak Tokopedia.
  4. Jika melanggar peraturan dan kurir sudah sampai tetapi tidak dapat menemukan pembeli pihak Tokopedia dapat memblokir akun pembeli.

Itulah beberapa peraturan untuk jasa cod yang di terapkan pihak tokopedia untuk lebih jelasnya kunjungi langsung situs Tokopedia.

Prosedur COD di Bukalapak


Bukalapak sama hal dengan Tokopedia yang merupakan e-commere lokal yang menyediakan fasilitas layanan cod yang juga memiliki beberapa aturannya yang mana sebagai berikut :

  • Maksimum pembelian adalah seharga Rp 2 juta dengan minimal transaksi Rp 30.000
  • Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir melakukan percobaan pengiriman paket tiga kali dalam 7 hari akan diblokir dari sistem metode pembayaran COD
  • Metode pembayaran COD juga akan dinonaktifkan sementara apabila pembeli melakukan pembatalan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari
  • Pembeli harus melakukan pembayaran secara tunai dan penuh sesuai yang ada pada detail tagihan atau label pengiriman ke kurir sebelum menerima/ membuka paket.
  • Pembeli tidak boleh merusak bungkus atau paket sebelum melakukan pembayaran

Sedangkan untuk pengembalian paket oleh pembeli kepada pedagang di Bukalapak  mempunyai aturan sebagai berikut :

Jika pembeli tidak menerima produk pesan sesuai yang pembeli harapkan dengan kata lain ingin mengembalikannya pembeli harus mengunjungi https://bukabantuan.bukalapak.com terlebih dahulu

Itulah beberapa syarat dan aturan pembelian Bukalapak dengan layanan cod nya .

Peraturan COD di Blibli 


Blibli juga memberi layanan jasa cod seperti e-commere lainnya yang mana fitur COD sudah menjadi layanan terbilang wajib dimiliki e-commere saat ini yang mana aturan dan prosedurnya sebagai berikut :

  • Maksimal pembelian Rp 3 juta dengan minimal transaksi Rp 10.000
  • Pembeli bisa mengajukan ganti hari pengiriman apabila di hari pengiriman paket ternyata mereka tidak ada di tempat
  • Pesanan hanya akan diserahkan apabila pembeli telah menyelesaikan pembayaran ke kurir

Perlu dicatat, untuk fitur COD di Blibli pembeli tidak dapat menitipkan produk yang ingin dikembalikan (retur) kepada kurir.

  • Jika sudah dibayar dan produk ternyata tidak sesuai, maka pembeli bisa mengajukan pengembalian barang dan dana melalui Blibli.

Itulah mengenai prosedur dan aturan layanan jasa cod di blibli.com 

Peraturan COD di Zalora


Zalora merupakan marketplace yang banyak menyediakan pakaian-pakaian model terkini dengan kualitas unggulan e-commere Zalora juga tidak mau kalah dengan para pesaingnya yang mana Zalora juga menyediakan fitur COD pada layanan mereka untuk aturannya sebagai berikut :

  • Maksimal total order menggunakan pembayaran COD adalah Rp 2 juta
  • Berlaku untuk pemesanan melalui aplikasi, website, dan mobile web
  • Pembayaran diberikan kepada kurir saat menerima barang
  • Tidak diperkenankan untuk mencoba produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran

Jika sudah membayar dan produk yang didapat tidak sesuai, maka pengguna bisa melakukan pengajuan pengembalian barang dan dana yang mekanisme kunjungi link berikut https://iddesk.freshdesk.com/support/solutions/articles/77000343542-cara-menggunakan-fitur-penukaran-dan-pengembalian

Peraturan COD di Lazada


Lazada merupakan e-commere dengan invasi iklan yang sangat besar sampai-sampai kita selalu melihat iklannya baik offline maupun online di berbagai jejaring internet dengan semangat dan iklan yang besar-besaran seperti itu sudah pasti lazada tidak mau kalah bersaing dengan marketplace yang lain dapat dipastikan lazada juga memiliki layanan jasa cod yang mana peraturannya sebagai berikut.

  • Nilai pesanan tidak lebih dari Rp 5 juta
  • Paket pesanan dapat dibuka apabila pembayaran sudah diserahkan kepada kurir

Jika sudah melakukan pembayaran dan ketika paket dibuka ternyata barang tidak sesuai, maka pembeli bisa mengajukan retur ke penjual untuk mendapatkan dana yang telah diberikan ke kurir.

Itulah beberapa hal mengenai fitur layanan jasa COD di setiap E-commere semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.